User Interface Design Adalah: 9 Poin Yang Penting Diketahui

user interface design adalah

Desain antarmuka pengguna/User Interface Design adalah proses merancang antarmuka grafis suatu produk. Tujuan dari desain UI adalah untuk membantu meningkatkan kegunaan dan aksesibilitas dengan membuat antarmuka yang efisien, mudah digunakan, dan menyenangkan untuk dilihat.

Desain UI sama seperti tugas kreatif lainnya. Dibutuhkan banyak waktu untuk diselesaikan dan yang terbaik adalah memiliki rencana sebelum Anda mulai. Penting juga untuk diingat bahwa bukan tujuan akhir yang penting, melainkan prosesnya.

User interface yang baik adalah bukan tentang apa yang Anda buat, tetapi bagaimana Anda membuatnya.

Apa Itu Antarmuka Pengguna/User Interface/UI?

Antarmuka pengguna (UI) adalah sistem untuk berinteraksi dengan program komputer atau sistem lain. Ini dapat dirancang oleh pemrogram komputer atau desainer grafis. Antarmuka pengguna dapat mencakup komponen perangkat keras seperti layar sentuh, mouse, keyboard, dll., serta komponen perangkat lunak seperti sistem operasi dan perangkat lunak aplikasi.

Antarmuka pengguna adalah istilah yang telah digunakan dengan cara yang berbeda. Beberapa orang menggunakannya untuk merujuk ke antarmuka pengguna grafis, sementara yang lain menggunakannya untuk merujuk ke desain interaktif apa pun.

Baca juga: 7 Peluang Kerja Teknik Elektronika Di Berbagai Sektor

User Interface Design Adalah?

Desain antarmuka pengguna adalah proses merancang dan membuat antarmuka untuk digunakan orang. Ini termasuk website atau aplikasi, perangkat lunak, aplikasi seluler, dan produk digital lainnya.

User interface design adalah bukan hanya tentang mendesain tampilan ui produk atau layanan. Ini juga termasuk memudahkan pengguna memahami cara menggunakannya.

Apa Itu Perancang Antarmuka Pengguna?

Definisi Perancang Antarmuka Pengguna (UID): Seseorang yang merancang dan membuat antarmuka pengguna perangkat lunak untuk perangkat genggam, komputer, dan produk elektronik lainnya.

Perancang antarmuka pengguna adalah seseorang yang menciptakan pengalaman bagi pengguna dengan merancang atau mengembangkan antarmuka pengguna perangkat lunak untuk perangkat genggam, komputer, dan produk elektronik lainnya termasuk situs web.

Apa Itu Desain Pengalaman Pengguna/User Experience Design/UX Design?

Desain pengalaman pengguna adalah bagian penting dari desain antarmuka pengguna. Ini melibatkan pemikiran tentang bagaimana pengguna akan berinteraksi dengan produk atau layanan dan bagaimana perasaan mereka saat menggunakannya.

Mengapa Desain Antarmuka Pengguna Penting?

User interface design adalah aspek penting dalam mendesain situs web, aplikasi, atau produk. Ini adalah proses menciptakan antarmuka grafis untuk pengguna sehingga memenuhi kebutuhan dan harapan mereka. Ini juga merupakan proses menciptakan dan mendefinisikan arsitektur informasi, desain interaksi, desain visual, dan desain suara.

Antarmuka pengguna dirancang dengan mempertimbangkan pengguna akhir. Ini berarti bahwa mereka intuitif dan mudah digunakan bagi pengguna, yang mengarah ke tingkat konversi yang lebih tinggi dan kepuasan pengguna yang lebih baik.

Perancang UI tak hanya membuat desain ui yang baik, tapi juga intuitif dan mudah digunakan bagi pengguna. Mereka bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua aspek produk dipikirkan dengan matang.

Baca juga: 7 Peluang Kerja Teknik Elektro Di Berbagai Macam Bidang

Proses Pengembangan/Timeline Antarmuka Pengguna

Proses pengembangan ini kadang disebut juga sebagai timeline pengembangan antarmuka pengguna.

Garis waktu proses desain pengalaman pengguna adalah panduan komprehensif untuk berbagai tahap perancangan produk atau layanan.

Timeline Proses Desain UI & UX adalah infografis yang memberikan representasi visual dari berbagai tahap perancangan produk atau layanan. Timeline ini juga akan memberikan rancangan tentang bagaimana membuat proyek Anda sukses.

Proses desain antarmuka pengguna dibagi menjadi lima langkah: penelitian, ide, wireframing, prototyping dan pengujian. Lima langkah ini penting untuk setiap perancang antarmuka pengguna karena memungkinkan analisis yang lebih menyeluruh dari keseluruhan proyek.

1. Penelitian

Penelitian adalah proses sistematis yang melibatkan pengumpulan, analisis, dan interpretasi data yang mampu menghasilkan teori atau model baru. Ini adalah bagian penting dari proses desain antarmuka pengguna dan pentingnya tidak dapat diabaikan.

2. Ide

Saat desainer memasuki proses, mereka harus mendefinisikan ide di balik produk mereka sebelum mereka dapat membuat apa pun. Desain antarmuka pengguna lebih dari sekadar cara mewah untuk mengeja tombol dan klik. Ini adalah proses penting yang membentuk cara kerja perangkat lunak, aplikasi desktop, dan aplikasi seluler.

3. Wireframing

Dalam proses desain antarmuka pengguna, “wireframing” adalah langkah pertama dalam membuat tata letak konseptual situs web atau aplikasi. Pada langkah ini, ide tentang apa yang perlu dilakukan digambar di atas kertas atau melalui perangkat lunak dan setiap elemen dasar seperti navigasi dan konten dibuat sketsanya. Gambar rangka kemudian akan disajikan kepada klien untuk umpan balik sebelum melanjutkan dengan desain yang lebih rinci.

4. Prototyping

Prototyping adalah proses desain yang membantu desainer dan pengembang untuk menciptakan interaksi dan desain visual. Ini sering digunakan oleh agensi digital pada tahap awal proses desain mereka untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang seperti apa produk mereka nantinya.

Prototyping adalah proses desain berulang yang terdiri dari tiga fase:

  • Fase Eksplorasi, dimana desainer antarmuka pengguna menciptakan ide untuk produk dengan menggunakan berbagai alat desain visual seperti gambar rangka, sketsa, dan prototipe.
  • Tahap evaluasi, dimana desainer mengevaluasi ide-ide tersebut dengan pengguna untuk melihat mana yang lebih efektif.
  • Fase penyempurnaan, di mana perancang antarmuka pengguna terus menyempurnakan ide-ide ini sampai mereka puas dengannya.

5. Pengujian

Pengujian memungkinkan pengembang menemukan bug dan masalah lain dengan kode mereka sebelum diluncurkan. Untuk menguji aplikasi, perlu ada pengaturan untuk itu. Ini termasuk menyiapkan berbagai pengguna pengujian, menyiapkan lingkungan untuk mereka, dan menentukan apa yang perlu mereka lakukan selama pengujian.

Apa Antarmuka Pengguna Terbaik di Pasar?

Jawaban atas pertanyaan ini tergantung pada apa yang Anda butuhkan untuk situs web Anda.

Jika Anda memerlukan situs web untuk bisnis Anda, maka sebaiknya Anda menyewa perusahaan pengembangan web profesional yang berspesialisasi dalam pembuatan situs web untuk bisnis.

Jika Anda ingin membuat situs web sendiri, maka opsi terbaik adalah menggunakan perangkat lunak seperti WordPress atau platform sumber terbuka lainnya.

Baca juga: 7 Jobdesk Design Grafis Dalam Melaksanakan Pekerjaan Sehari-Hari

Apa Tantangan Utama Pengembangan UI dan UX di Perangkat Seluler?

Tantangan utama pengembangan UI dan UX pada perangkat seluler adalah ukuran layar yang terbatas dan metode input yang terbatas.

Desain UI adalah bagian terpenting dari aplikasi seluler. Itulah yang membuat aplikasi terlihat bagus, mudah digunakan, dan menarik bagi pengguna. Desain UX adalah tentang memastikan bahwa aplikasi terasa intuitif untuk digunakan dan memiliki aliran informasi yang efisien.

Masalah utama dengan mendesain untuk perangkat seluler adalah mereka memiliki ukuran layar terbatas yang mempersulit pembuatan antarmuka dengan banyak konten untuk berinteraksi dengan pengguna.

Tips untuk Membuat Proyek UX/UI Pertama Anda Hari Ini

Desain UX adalah proses yang melibatkan pemahaman tujuan proyek, mendefinisikan persona pengguna, dan membuat gambar rangka untuk memvisualisasikan bagaimana produk akhir akan terlihat.

Tiga tips untuk membuat proyek ux/ui pertama Anda hari ini sehingga Anda dapat segera memulai.

1) Jangan mulai dengan gambar rangka – mulailah dengan persona pengguna

2) Lakukan riset Anda – pahami apa yang membuat pengalaman dan untuk meningkatkan pengguna yang baik

3) Buatlah mudah digunakan dan intuitif

Aspek terpenting dari desain UX/UI adalah memastikan bahwa aplikasi Anda mudah dinavigasi dan dipahami. Kedua aspek ini mungkin sulit dicapai, tetapi keduanya perlu dipertimbangkan agar aplikasi Anda berhasil.

Ini bukan hanya tentang apa yang Anda lakukan, tetapi juga bagaimana Anda melakukannya. Jaminan kualitas aplikasi adalah bagian penting dari proses dan tidak boleh diabaikan dengan cara apa pun.

Praktik terbaik yang harus diikuti saat mendesain antarmuka pengguna aplikasi adalah membuatnya tetap konsisten, menggunakan skema warna yang sama, dan memastikan kontennya mudah dibaca.

Hal terpenting untuk diingat saat mendesain antarmuka pengguna aplikasi adalah konsistensi. Warnanya harus sama di seluruh pengalaman dan Anda harus memiliki kontras yang baik antara teks dan gambar.

Kesimpulannya adalah bahwa konsistensi adalah kunci dalam menciptakan pengalaman pengguna aplikasi yang baik.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.