12 Pilihan Usaha yang Cocok Untuk Bapak-Bapak

usaha yang cocok untuk bapak-bapak

Informasi opsi usaha yang cocok untuk bapak-bapak mungkin sedang Anda butuhkan untuk mendapatkan penghasilan ekstra. Terkadang memang gaji di pekerjaan utama dinilai kurang, entah kurang untuk mencukupi kebutuhan pokok atau untuk menuruti hobi. Atau mungkin Anda akan menjadi seorang pensiunan? Juga sebaiknya harus tahu apa saja pilihan bisnis rumahan atau bisnis online.

Menjadi orang tua membuat Anda harus mau tidak mau memenuhi semua kebutuhan anak. Jika benar penghasilan saat ini dirasa kurang, sudah tepat jika Anda mulai berinisiatif untuk berbisnis. Entah itu bisnis yang akan difokuskan di kampung atau di kalangan kantor.

Usaha yang Cocok Untuk Bapak-Bapak

Ada bisnis yang membutuhkan modal kecil dan juga ada yang besar. Ada bisnis yang membutuhkan skill juga ada yang tidak. Berikut dua belas pilihan usaha yang cocok untuk bapak-bapak.

1. Produksi Snack Unik

Pilihan usaha yang benar cocok untuk bapak-bapak adalah memproduksi snack unik. Bisa berwujud snack dengan masa konsumsi yang lebih lama, juga bisa jajanan yang sifatnya harus fresh untuk disajikan. Apapun bisa dipilih, dan usaha ini sangat membutuhkan kreativitas Anda.

Anda bisa menciptakan jajanan mie yang warnanya tidak biasa, tentunya menggunakan zat warna yang aman. Juga bisa diciptakan cheese tea dengan topping yang berbeda dari biasanya sebagai daya tarik. Ide apapun bisa diaplikasikan pada usaha ini. Jika apa yang Anda rintis ini bisa sukses, maka ada kesempatan untuk menjual waralaba atau franchise.

2. Tanaman

bertanam sebagai usaha yang cocok untuk bapak-bapak

Bisnis tanaman sudah tidak perlu diragukan lagi menjadi bisnis yang sangat pas untuk bapak-bapak. Meskipun juga ada ibu-ibu yang suka berkebun, bapak-bapak dinilai lebih totalitas dalam berkebun sehingga bisa benar-benar merawat tanaman yang ada.

Berbekal informasi dari internet tentang cara berkebun yang benar dan tanaman apa yang sedang ngetren, ada sumber uang yang bersa di usaha ini. Ditambah lagi, modal yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Pastikan Anda punya lahan yang cukup untuk menjalankan usaha ini.

Baca juga: Buka Usaha Setelah Pensiun dari PNS: 13 Usaha yang Prospektif

3. Pulsa dan Token

Pilihan usaha yang selanjutnya adalah pulsa dan token. Justru bisnis ini sifatnya fleksibel dan tak membutuhkan ruang usaha. Ditambah lagi, rasanya tidak ada yang tidak butuh pulsa di zaman sekarang ini. Memang sudah ada kuota internet, namun sumbernya juga berasal dari pulsa. Bahkan Anda pun juga bisa menjual ketiganya, yaitu pulsa, token, dan paket data internet.

Fleksibelnya bisnis ini adalah kapan saja Anda butuh pulsa atau kuota internet, Anda bisa mendapatkannya dengan harga lebih murah, bisa dipesan tetangga, juga bisa membuka lapak diantara teman kantor. Modalnya juga tidak banyak, tidak dibutuhkan skill untuk menjalankan bisnis ini.

4. ATK dan Fotocopy

Setelah pulsa dan token, Anda juga bisa memilih bisnis ATK dan fotokopi yang akan membutuhkan modal besar dan ruang usaha. Sebab nantinya Anda harus belanja alat tulis kantor grosiran dan membeli peralatan untuk fotokopi.

Bisnis ini bisa dijanjikan jika di sekitar ruang usaha Anda belum ada bisnis ini. tidak dibutuhkan kreativitas dalam bisnis ini, dan untuk melakukan pekerjaannya tak melulu harus Anda. Anda bisa mempekerjakan seseorang untuk bekerja di sana.

5. Toko Kelontong

ilustrasi toko kelontong sebagai usaha yang cocok untuk bapak-bapak

Apakah membuka toko kelontong adalah apa yang sempat Anda inginkan? kalau begitu bukan saja selagi saat ini Anda sedang membutuhkan inspirasi berbisnis. Tak sulit, tak membutuhkan kreativitas, namun membutuhkan modal yang besar.

Baca juga: 10 Usaha Sampingan Tanpa Modal untuk PNS yang Tidak Makan Waktu

6. Laundry

Ada juga bisnis laundry sebagai salah satu bisnis yang cocok untuk bapak-bapak. Mempekerjakan satu orang saja untuk bisnis laundry dinilai sudah cukup. Namun jika nanti akhirnya bisnis laundry Anda ini berkembang, maka jangan sungkan untuk menambah pegawai di sana supaya semakin bagus saja performa bisnis Anda.

Membuka bisnis laundry di sekitar rumah susun, sekitar universitas atau perguruan tinggi, dan di perumahan yang belum ada jasa laundry di sana adalah ide yang bagus.

7. Dropshipper

Tidak dibutuhkan modal uang dan kreativitas untuk bisnis ini. Menjadi dropshipper akan membuat Anda menjualkan produk orang lain, namun Anda tidak perlu membelinya terlebih dahulu atau melakukan pengadaan barang. Anda hanya perlu berpromosi, dan ketika ada yang tertarik, Anda hanya perlu hubungi supplier dan supplier lah yang akan mengirim produknya.

8. Rumah Kost

Tertarik untuk menjadi bapak kost? Bisnis rumah kost mungkin akan membuat Anda tertarik. Memang dibutuhkan modal yang besar, namun omzetnya pun juga besar. Keuntungan bisa sangat besar jika terus ramai pengisinya.

9. Ternak

ilustrasi beternak ayam sebagai usaha yang cocok untuk bapak-bapak

Banyak bapak-bapak yang suka beternak, etah itu beternak burung lovebird, ternak ikan nila, ternak ayam, bebek, atau ternak lainnya. Ini bisa jadi sumber penghasilan tambahan jika benar Anda lakukan. Pastikan Anda benar-benar paham bagaimana cara beternak, kenal dengan pengepul, atau tahu kemana harus menjual hasil ternak.

Baca juga: 11 Cara Terbaik Mengatur Gaji Bulanan untuk PNS

10. Barang Bekas

Barang bekas yang terkumpul dari orang-orang bisa diolah kembali sehingga memiliki nilai jual yang tinggi. Tak menutup kemungkinan pula ada barang bekas yang dicari perusahaan untuk diolah kembali. Jika Anda mau dan berhasil menjalankan bisnis ini, maka kesuksesan akan menuju Anda.

11. Arena Olahraga

Usaha arena olahraga seperti gym juga terkesan menarik dan pas untuk bapak-bapak. Akan lebih pas juga untuk Anda yang punya latar belakang di dunia olahraga, sebab dengan demikian Anda juga bisa menjadi trainer di sana. Tanpa perlu meninggalkan pekerjaan utama, Anda bisa menjadi trainer kapan saja saat luang.

12. Studio Musik dan Rekaman

Bisnis studio musik dan rekaman juga kedengarannya menarik. Menjadi usaha yang bisa dijanjikan sukses di masa depan jika digeluti. Sebab kedepannya akan semakin banyak orang bertalenta yang memutuskan untuk berkarya. Tak sedikit pula orang yang memiliki hobi di dunia musik sehingga membutuhkan sebuah studio musik.

Studio musik yang dibuka ini akan lebih baik jika disertai usaha rekaman. Dengan usaha ini, Anda bisa membantu siapa saja yang ingin memproduksi lagu. Bahkan tak menutup kemungkinan bagi Anda untuk menjadi manajer band atau penyanyi yang membuat rekaman di studi Anda. Terus cari peluang dan terus update kabar musik terbaru supaya Anda bisa sukses dengan bisnis ini.

Dari dua belas inspirasi usaha yang cocok untuk bapak-bapak di atas, pasti ada yang membuat Anda tertarik. Pasti ada satu diantaranya yang dinilai paling mudah dilakukan atau sesuai dengan passion. Apapun bisnis yang Anda pilih nanti, pastikan untuk berfokus padanya supaya menjadi bisnis yang terus berkembang.

Kuncinya adalah kekonsistenan dan berprinsip. Jika Anda bisa berbisnis dengan prinsip, maka bisnis Anda bisa lebih dikenal masyarakat, mengundang perhatian calon pelanggan, dan menjadikan pelanggan sebagai pelanggan tetap. Tambahkan juga bumbu-bumbu kreativitas untuk membuat bisnis Anda atau produk yang ditawarkan lain dari yang lain.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.