10 Usaha Sampingan Tanpa Modal untuk PNS yang Tidak Makan Waktu

foto usaha sampingan tanpa modal untuk PNS

Siapa bilang PNS tak bisa mencari penghasilan tambahan? Sebagai abdi negara, Anda tentu pernah mendengar larangan untuk memiliki usaha.

Hal ini ternyata tak sepenuhnya benar, sebab seorang PNS diperbolehkan membuka usaha sampingan. Bahkan jenis usaha sampingan tanpa modal untuk PNS pun terbilang beragam.

Larangan memiliki usaha diluar karir PNS memang tertuang dalam peraturan, namun aturannya sendiri telah diperbaharui.

Kini, seorang PNS boleh membuka usaha atau bisnis selama tak mengganggu pekerjaan. Di samping itu, PNS juga dianjurkan untuk meminta izin terlebih dahulu dengan atasan.

Ini untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan di kemudian hari yang menyangkut pengabdian kepada negara.

10 Usaha Sampingan Tanpa Modal Untuk PNS

Buat Anda yang mungkin tengah berkarir sebagai ASN, berikut 10 usaha yang bisa ditekuni diluar kantor:

1. Reseller Online Shop

ilustrasi reseller online shop

Tak ingin mengeluarkan modal sama sekali? Tenang, Anda tetap bisa menjalankan usaha sendiri tanpa butuh modal sedikitpun.

Caranya dengan membuka bisnis online shop dan bertindak sebagai reseller. Anda hanya perlu mencari supplier yang menerapkan sistem pengiriman dropship.

Sehingga pesanan pelanggan akan dikirim atas nama toko Anda, bukan supplier.

2. Blogger

Usaha berikutnya yang patut dicoba adalah konten blogger. Profesi ini cocok untuk anak rantau maupun PNS yang punya kemampuan menulis.

Konten yang disajikan pun bisa Anda sesuaikan dengan bidang atau keinginan diri sendiri. Tapi pastikan konten yang Anda tulis sudah benar-benar terbukti kebenarannya.

Misalnya saja, konten kecantikan yang butuh observasi luas terkait bahan dan penggunaannya.

3. Agen Tiket

ilustrasi agen tiket

Meskipun sudah banyak aplikasi atau situs pemesanan tiket online, beberapa orang ternyata memilih pemesanan secara offline. Nah, pegawai kantor seperti Anda tentu sering keluar kota pula bukan?

Anda tentu paham betapa ribetnya mengurus pemesanan tiket dadakan. Kondisi tersebut bisa Anda manfaatkan untuk menjajakan jasa pemesanan tiket.

Komisi yang didapat sangat menggiurkan, bahkan bisa menambah pundi-pundi tabungan Anda.

4. Kemitraan

Ada begitu banyak usaha yang menggunakan sistem kemitraan. Salah satunya adalah mitra Bukalapak yang menawarkan berbagai macam jasa, seperti pengisian pulsa serta pembayaran tagihan air dan listrik.

Usaha ini sangat cocok untuk PNS yang tinggal di daerah desa, mengingat keterbatasan akses yang dimiliki. Sehingga masyarakat sekitar tak perlu lagi pergi terlalu jauh untuk membayar tagihan maupun membeli paket data dan pulsa.

5. Multi Level Marketing (MLM)

foto MLM

Sudah tak asing bukan dengan istilah MLM?

Tak sulit menemukan perusahaan berbasis MLM di Indonesia, seperti Sophie Martin, Tupperware, hingga NuSkin.

Pada dasarnya, perusahaan MLM menawarkan barang dan jasa kepada konsumen. Anda akan mendapatkan komisi dari setiap penjualan.

Bagaimana caranya mendapat bonus serta pendapatan besar dari MLM? Cukup ajak orang lain untuk bergabung, Anda bakal dibayar oleh perusahaan.

6. Bimbel

Punya latar belakang sebagai pengajar? Berminat menjadi tenaga pengajar? Manfaatkan saja ilmu yang Anda dapat dari bangku kuliah untuk membuka bimbel.

Jika tak memungkinkan, Anda bisa menawarkan jasa mengajar secara online maupun offline. Waktu mengajarnya tentu disesuaikan dengan jam pulang kantor, supaya tak mengganggu karir PNS.

7. Makelar

ilustrasi makelar

Merasa jago berkomunikasi atau menawarkan barang pada orang lain? Coba saja peruntungan Anda sebagai seorang makelar.

Anda bisa melakukan jual-beli mobil bekas atau rumah maupun tanah. Selain bisa dilakukan kapan saja, bisnis makelar juga sangat menjanjikan.

Hasil yang didapat dapat mencapai 5 kali lipat dari gaji PNS. Tertarik untuk mencoba usaha sampingan satu ini?

8. Agen Pengiriman Barang

Selain tiket, jasa ekspedisi juga membuka layanan agen untuk beberapa titik.

Wilayah tempat tinggal Anda mungkin jadi salah satu kawasan strategis yang belum tersentuh agen ekspedisi. Oleh sebab itu, tawarkan diri sebagai agen pengiriman barang untuk ekspedisi tertentu.

Usaha sampingan tanpa modal untuk PNS ini masih dibutuhkan dalam jangka panjang. Ini disebabkan oleh tingginya minat masyarakat dalam berbelanja online.

9. Makanan dan Minuman

foto makanan dan minuman

Tugas sebagai abdi negara bukan berarti mematahkan bakat dan mimpi Anda. Sebagian orang mungkin kerap bingung menyalurkan hobi memasak mereka.

Ternyata, hobi ini bisa Anda kembangkan jadi bisnis sampingan diluar tugas PNS. Terlebih makanan dan minuman ringan yang bisa dikerjakan sepulang jam kerja.

10. Desain Grafis

Keahlian satu ini masih diburu oleh banyak perusahaan maupun perseorangan.

Meskipun terlihat biasa saja, desain grafis tak bisa dipandang sebelah mata. Kemampuan membuat desain surat, kop, maupun undangan bisa dibayar tinggi.

Jadi, tertarik mengembangkan usaha sampingan tanpa modal untuk PNS?

Bila Anda ingin berkreasi diluar pekerjaan utama, pastikan pembagian waktunya jelas. Sehingga Anda tak merasa terlalu repot dan dikejar-kejar oleh pekerjaan.

ilustrasi keberhasilan usaha sampingan tanpa modal untuk PNS

Seimbangkan pula waktu bekerja dengan beristirahat, agar tak merasa terlalu stres. Dengan begini, pikiran tenang tapi penghasilan tetap bertambah setiap bulannya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.