8 Alasan Mengapa Sebagian Orang Umur 40 Tahun Belum Sukses

8 Alasan Mengapa Sebagian Orang Umur 40 Tahun Belum Sukses

Belum punya rumah bisa jadi alasan mengapa orang lain menyebut Anda yang sudah punya umur 40 tahun belum sukses. Wajar saja, karena punya tidaknya properti di usia ini bisa dijadikan tolak ukur sukses seseorang. Bukan hanya itu saja, tidak ada keinginan untuk memulai bisnis juga bisa jadi indikasi seseorang gagal dalam hidupnya karena pekerjaan yang dimiliki tidak cukup bisa menjadikan lebih sejahtera.

Penilaian-penilaian oleh seseorang tak bisa dipungkiri untuk tetap ada dan melekat pada diri kita. Apa yang harus Anda lakukan adalah fokus dengan apa yang harus dilakukan memasuki umur 40 tahun. Pasti ada peluang usaha jika Anda mau mengamati pasar, dan pasti ada rezeki untuk setiap insan yang telah diatur dalam Islam.

Alasan Mengapa Umur 40 Tahun Belum Sukses

Berikut ini akan dipaparkan beberapa penyebab yang menjadikan seseorang belum juga sukses di usia 40 tahun. Temukan mana yang paling related dengan kondisi Anda saat ini dan temukan juga resolusinya.

1. Tidak Percaya Diri Dalam Mencoba Hal Baru

Alasan pertama umur 40 tahun belum sukses adalah ketidakmauan Anda dalam mencoba hal yang baru. Mencoba hal baru boleh jadi ambisi seseorang di usia 20 sampai 30 tahun saja, namun bisa jadi penyebab utama Anda mengapa tak kunjung mapan. Jika benar saat ini Anda cukup pasif dan suka ragu dengan hal-hal yang baru, lakukan resolusinya.

Berusahalah untuk memiliki rasa ingin tahu bagaimana saat Anda masih muda dulu. Tidak ada salahnya, dan mungkin akan berat dilakukan di awal. Dengan rasa ingin tahu ini, Anda akan mendapatkan lebih banyak wawasan dan kisah pengalaman orang lain yang bisa dijadikan inspirasi. Alhasil, apa yang tidak bisa Anda lakukan sebelumnya menjadi bisa. Menarik dan menjadi salah satu usaha sederhana bukan?

2. Tidak Berinvestasi

ilustrasi investasi yang tidakl dilakukan orang umur 40 tahun belum sukses

Tidak berinvestasi sangat berpotensi mengantarkan Anda pada ketidakmapanan. Setiap orang yang sudah berpenghasilan harusnya sadar betul bahwa investasi adalah hal yang sangat penting. Dimulai dari menabung, jika sudah terkumpul bisa diinvestasikan dalam wujud apa saja.

Apa yang membuat investasi penting ada banyak hal. Keuntungan dari investasi bisa mensejahterakan, keuntungan dari investasi bisa menambah penghasilan, bisa dijadikan dana darurat, dan apa yang Anda investasikan ini bisa dijadikan untuk masa tua. Sebuah masa di mana kondisi fisik Anda sudha tak sebagus saat muda atau saat usia 40 tahun sekarang ini.

Baca juga: 9 Investasi Terbaik untuk PNS Minim Risiko, Mau Coba?

3. Banyak Khawatir Dalam Melangkah

40 tahun benar-benar menjadi umur penentu seseorang mapan atau tidak. Mungkin Anda sekarang ini tidak mapan karena selalu saja merasa khawatir dalam melangkah. Merasa skeptis akan hal-hal yang tidak pernah dilakukan sebelumnya atau hal-hal yang kelihatannya tidak relate dalam hidup Anda. padahal, salah satu kunci kesuksesan adalah bersikap open-minded.

Cobalah terbuka sehingga Anda tidak lagi sering khawatir ketika melangkah. Tak perlu mengkhawatirkan perginya uang Anda jika Anda memilih pihak investasi yang terpercaya. Tak perlu lagi skeptis dengan skill yang tidak Anda miliki namun bisa menjadikan Anda sosok yang sukses.

4. Masih Suka Boros

Atau mungkin saja, apa yang membuat Anda sejauh ini tak kunjung mapan adalah adanya sifat boros. Boleh jadi Anda langsung menghabiskan uang setelah gajian, apakah Anda merasa puas dengan hal ini? Hal ini sebenarnya bisa dimaklumi, hanya jika Anda adalah seseorang yang baru saja turun ke dunia kerja dan merasa sangat bahagia akhirnya mendapatkan penghasilan.

Tidak bisa dimaklumi lagi jika ini terjadi pada Anda yang sudah menginjak umur 40 tahun. Akan berat untuk memulainya, namun terus ingat bahwa sikap inilah yang menghambat Anda menuju kesuksesan.

Daripada menghamburkannya, apalagi untuk benda-benda tidak penting, sebaiknya ditabung dan diinvestasikan saja. sekali atau dua kali Anda mendapatkan keuntungan dari investasi, pasti kedepannya akan semakin ingin terus berinvestasi.

5. Tidak Ada Persiapan Pensiun

tidak ada persiapan pensiun menjadi alasan mengapa umur 40 tahun belum sukses

Tidak adanya persiapan untuk pensiun juga akan memberatkan Anda di masa yang akan datang. Jika benar saat ini Anda berusia lebih dari 40 tahun, maka pensiun adalah hal yang sebentar lagi datang. Harus ada persiapan akan hal ini, sebab penghasilan Anda tak lagi sama dan kondisi fisik akan semakin menurun saja nantinya.

Segera setelah Anda menyadari bahwa persiapan pensiun adalah hal yang penting, Anda akan menyiapkannya. Bisa dimulai dengan menabung, kemudian berinvestasi, dan hal lain yang akan disebutkan di poin selanjutnya.

Baca juga: Buka Usaha Setelah Pensiun dari PNS: 13 Usaha yang Prospektif

6. Tidak Punya Asuransi

Boleh jadi selama ini Anda terus sehat sehingga bersikap skeptis pada penyakit. Padahal, semua makhluk hidup bisa saja sakit dengan penyakit dan sebab apapun. Sangat penting untuk punya asuransi kesehatan, baik yang bisa digunakan untuk sekarang ini maupun untuk masa pensiun nanti.

Coba bayangkan, bagaimana jika beberapa hari anni Anda jatuh sakit dan tak punya asuransi kesehatan? Akan ada banyak sekali uang yang harus dikeluarkan. Jumlahnya akan lebih banyak daripada jika Anda punya asuransi. Uang yang seharusnya bisa digunakan untuk cukupi kebutuhan, justru harus masuk rumah sakit karena tidak ada asuransi.

7. Tidak Ada Kesadaran Punya Properti Sendiri

Sebaiknya Anda segera sadar bahwa penting untuk memiliki rumah sendiri saat memasuki usia 40 tahun. Di luar sana saja, sudah banyak milenial yang menyadari bahwa punya rumah sendiri adalah hal yang penting, apalagi untuk skala seseorang yang telah berusia 40 tahun?

Lalu bagaimana jika tidak ada uang cash untuk membelinya? Banyak cara bisa jadi pilihannya, seperti misalnya kredit bank, ambil KPR, atau menggunakan hasil dari berinvestasi.

8. Tidak Berambisi Dalam Berkarir

ilustrasi tidak berambisi sebagai jawaban umur 40 tahun belum sukses

Mungkin yang jadi penghambat kesuksesan Anda adalah tidak adanya ambisi dalam berkarir. Bersikap tidak mau tahu, tidak ada rasa penasaran, dan malas melakukan hal baru sangat menghambat suksesnya Anda.

Karenanya, resolusinya adalah untuk mencoba berambisi dalam karir Anda. Apakah Anda tidak mau mendapatkan promosi sehingga penghasilan bisa bertambah? Apakah Anda tidak mau memberi kabar pada pasangan dan keluarga bahwa posisi Anda telah baik dari sebelumnya?

Mengapa usia 40 tahun lah yang dijadikan tolak ukur adalah karena dinilai sebagai usia yang sudah tidak lag remaja, tidak lagi membutuhkan pencarian jati diri, dan tidak lagi trial and error dalam berkarir. Ciri-ciri umur 40 tahun belum sukses adalah karena beberapa alasan yang telah disebutkan di atas. Menyimaknya satu per satu bisa membuat Anda paham apa alasan umur 40 tahun belum sukses yang dirasakan Anda sendiri.

Kini Anda sudah punya resolusinya, dan apa yang harus Anda lakukan bisa sesuai dengan tips di atas. Kedepannya Anda bisa mengurangi sifat boros, mulai menabung, berinvestasi, mendaftarkan diri untuk asuransi kesehatan, mulai berambisi dalam berkarir, dan hal-hal lainnya yang sudah disebutkan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.