Trik Lulus CPNS Sistem CAT: 13 Strategi yang Harus Dilakukan

trik lulus cpns sistem cat

Untuk menjadi ASN, tidak mudah. Anda harus memenuhi sederet tes masuk. Salah satunya adalah tes dengan sistem CAT. Tidak sedikit yang gagal di tes ini. karena hal tersebut, Banyak yang akhirnya mencari trik lulus CPNS sistem CAT.

Computer assisted test atau CAT merupakan sistem dari BKN. Sistem ini mempergunakan alat bantu yang berupa komputer sehingga setiap pelamar CPNS harus memenuhi standar nilai minimal.

Baca juga: Pengertian Moratorium PNS: 8 Fakta yang Sebaiknya Anda Ketahui

Karena hal tersebut, jika tidak memenuhi syarat yang sudah ditentukan, maka akan dianggap gagal atau tidak lolos ke tahapan selanjutnya.

13 Trik Lulus CPNS Sistem CAT yang Wajib DIkuasai

Bukan hal yang mudah untuk lulus tes CPNS. Apalagi untuk Anda yang kurang tahu mengenai penggunaan teknologi seperti komputer. Untuk menjawab dan lulus tes CPNS, maka Anda harus menguasai trik rahasia berikut ini.

1. Belajar Komputer

ilustrasi belajar komputer

Untuk Anda yang setiap harinya menggunakan komputer atau laptop, tes dengan sistem CAT bukan hal yang susah. Namun, untuk orang yang jarang menggunakan komputer, sistem ini akan menjadi tantangan tersendiri.

Bisa saja tidak bisa menghidupkan komputer, cara menuliskan nama ataupun yang lainnya. Karena hal tersebut, hal yang paling mendasar selain harus belajar materi adalah belajar komputer.

2. Ketahui Materinya

Ada 3 seleksi kompetensi dasar CPNS yang harus Anda lalui. Seleksi tersebut adalah Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes intelegensia umum (TIU) dan tes karakteristik pribadi (TKP).

Setelah itu, cari bagian mana yang menurut Anda, Anda kurang mengerti atau kurang kemampuan.

3. Gunakan Metode Terefektif Anda

metode belajar efektif

Masing-masing orang memiliki cara yang berbeda dalam belajar. Ada yang memiliki cara belajar efektif dengan mendengarkan musik, ada pula yang belajar di ketenangan. Misalnya saat malam hari.

Karena hal tersebut, ketahui dahulu cara belajar yang tepat untuk anda. Buat lingkungan Anda nyaman agar proses belajar lebih cepat dan efisien. Jangan lupa, untuk tidak terlalu membebani diri sendiri.

4. Latihan Mengerjakan Soal

Ada banyak soal ujian CPNS dari tahun-tahun sebelumnya. Baik yang belum menggunakan sistem Cat ataupun yang sudah. Apalagi saat ini untuk mencari soal sebagai media belajar Anda menjadi lebih mudah.

Anda bisa mencari di toko buku ataupun di internet. Dengan latihan soal tersebut, akan melatih Anda untuk mengerjakan soal dengan lebih mudah dan cepat.

5. Motivasi Diri

Akan percuma rasanya ketika Anda belajar dengan giat namun tidak memiliki motivasi yang tinggi. Karena hal tersebut, yakinkan diri Anda terlebih dahulu sebelum belajar dan Anda pasti bisa. Sehingga nantinya yang Anda pelajari dapat terserap dengan baik.

6. Persiapkan Dokumen dan Soft Copy yang Dibutuhkan

Agar lolos tes, maka Anda harus melengkapi apa yang diperlukan. Misalnya ada dokumen tambahan yang harus dilampirkan. Dengan lengkapnya dokumen ini, setidaknya akan menambah 1 nilai plus untuk Anda.

7. Yakin dan Tidak Gaptek

Untuk menjadi ASN maka Anda harus berhadapan dengan berjuta orang yang memiliki niat yang sama, yaitu menjadi PNS. Pengalaman akan sangat berpengaruh. Tidak hanya pengalaman mengambil tes namun, juga menjawab berbagai macam soal.

Anda harus yakin dengan kemampuan Anda. jangan terlalu memperhatikan orang lain karena hal tersebut justru akan membuat Anda menjadi down. Pastikan juga untuk tidak gaptek karena CAT ini memang berbasis teknologi.

8. Meminta Restu Orang Tua

minta restu

Untuk lolos ujian CPNS, tidak bisa hanya mengandalkan kemampuan belajar, namun juga kemampuan ‘yang tak terlihat’ seperti doa dari orang tua. Terlihat sepele, namun cara jitu ini ampuh untuk meloloskan Anda ke tahapan selanjutnya.

Imbangilah antara berdoa dengan belajar. Dengan begitu, Anda akan lebih yakin untuk menghadapi tes ujian CPNS dengan sistem CAT.

9. Perhatikan Baju dan Kartu Peserta

Sebelum Anda berangkat tes, Anda harus menyiapkan baju dan juga kartu peserta. baju yang harus dipergunakan harus kemeja putih dengan bawahan hitam. Sepatu pantofel dan kerudung (jika mengenakan) juga harus disiapkan.

Jangan lupa untuk membawa KTP ataupun dokumen lain seperti kartu peserta. karena jika tidak, jangankan lolos, mengikuti tes saja bisa tidak diperbolehkan.

10. Persiapan yang Mumpuni

Saat mengerjakan soal ujian CPNS, Anda butuh konsentrasi yang tinggi. Selain harus cukup istirahat agar tubuh sehat, Anda juga harus sarapan. Selain bisa menjaga konsentrasi, Anda juga akan bisa memiliki banyak energy sehingga tidak mudah pusing.

11. Mulai dari yang Mudah

Ada berbagai jenis soal. Mulai dari yang mudah hingga susah. Agar waktu tidak terbuang percuma, Anda bisa memulai dari yang mudah lebih dahulu kemudian ke yang susah.

12. Jaga Kesehatan Mata

Anda harus tetap menjaga kesehatan agar tetap sehat hingga ujian berakhir. Anda bisa mulai dari tidur cukup, mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi dan olahraga. Terutama, jaga kesehatan mata dan pikiran karena Anda akan lama melihat layar komputer.

13. Berdoa

Setelah selesai ujian, sebaiknya berdoa agar lolos ke tahapan yang selanjutnya. Selain itu, anda juga harus ikhlas. Misalnya ada salah, jangan terlalu dipikirkan karena jika Anda lolos ke tahapan selanjutnya, hal tersebut justru akan mengganggu.

berdoa

Itulah 13 cara atau trik lulus CPNS sistem CAT yang dapat coba dari sekarang. Jika Anda lolos ke tahapan wawancara, Anda harus menjawab dengan jujur dan sebaik-baiknya dan tidak terlihat sombong. Selamat mencoba dan semoga Anda beruntung!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.