11 Tips Bekerja Dengan Ikhlas dan Penuh Loyalitas

tips bekerja dengan ikhlas

Ada tips bekerja dengan ikhlas yang bisa membantu Anda lebih nyaman kedepannya. Bekerja tanpa rasa ikhlas tentu saja membuat Anda kurang nyaman saat bekerja, malahan bukan kurang nyaman saja. Anda bisa saja merasa tersiksa sendiri karena rasa ikhlas ini tidak ada dalam segala hal yang dilakukan.

Performa sebagai karyawan bisa saja menurun karena ada suatu ketergesa-gesaan saat melakukan pekerjaan. Hari-hari yang seharusnya dijalani dengan rasa bahagia, malah menjadi waktu yang sia-sia untuk dijalani menurut Anda karena rasa tidak ikhlas ini. Padahal, jika sudah ada rasa ikhlas maka semua yang akan Anda lakukan menjadi hal yang menyenangkan dan tidak akan ada lagi pemikiran melakukannya hanya sia-sia saja.

Tips Bekerja Dengan Ikhlas

Berikut ini ada beberapa tips bekerja dengan ikhlas yang bisa Anda lakukan. Telah disuguhkan sebelas cara demi didapatkannya rasa ikhlas dalam bekerja. Karenanya, Anda bisa melakukannya secara perlahan sampai Anda bisa benar-benar ikhlas.

1. Mengawali Dengan Berdoa

Tips yang pertama adalah untuk mencoba mengawali pekerjaan dengan berdoa terlebih dahulu. Lebih tepatnya memang bukan untuk ‘coba-coba’, namun setelah mencobanya langsung, apalagi dengan rasa ikhlas ketika melakukannya, Anda bisa menjalankan apapun setelahnya dengan lebih ikhlas.

Percaya kan semuanya ke Tuhan Yang Maha Esa, dan yakinilah bahwa apa yang Anda lakukan bukanlah kesia-siaan. Sebagai seseorang dengan keyakinan, tentunya Anda disarankan untuk memulai semua hal dengan berdoa bukan?

2. Mensyukuri Pekerjaan

Setelah berdoa sebagai pengawal melakukan pekerjaan, coba tanamkan rasa syukur di benak anda terhadap pekerjaan Anda saat ini. bersyukur tak melulu harus dengan mengerti beban kerja orang lain. Rasa syukur akan lebih baik ditanamkan pada diri sendiri bukan karena tahu beban orang lain.

Coba lah untuk bersyukur bahwa dengan pekerjaan Anda saat ini, Anda mungkin bisa hidup tanpa membebani orang lain. Karena pekerjaan ini, ada seseorang yang bisa Anda bahagiakan. Serta hal-hal lain yang membuat Anda lebih bersyukur.

3. Memiliki Upaya Untuk Lakukan Hal Terbaik

Berusaha melakukan hal-hal yang terbaik akan membantu Anda lebih ikhlas dalam melakukannya. Anda akan senantiasa fokus untuk memberikan hanya yang terbaik, sehingga tak terpikirkan rasa ikhlas yang tadinya ada di benak Anda. Cukup mudah untuk diaplikasikan bukan?

4. Memperbaiki Paradigma

Mungkin saja paradigma yang Anda miliki salah sehingga membuat Anda tidak memiliki rasa syukur. Jangan berpikir bahwa Anda adalah seorang buruh atau seseorang yang disuruh-suruh dalam melakukan pekerjaan Anda. Coba tanamkan pada pikiran Anda bahwa Anda adalah seseorang yang dibutuhkan, apa yang Anda kerjakan bisa membantu orang lain.

Berfokuslah pada pendapat bahwa apa yang Anda lakukan adalah karya. Karya yang belum tentu bisa dilakukan orang lain dan karya ini memiliki sebuah harga. Pemikiran ini akan membantu Anda menjadi pribadi lebih ikhlas.

5. Mengingat Target Karir

Rasa tidak ikhlas dalam bekerja biasa datang ketika mulai jenuh atau mulai ada masalah dalam pekerjaan. Ada sesuatu yang tidak seirama dengan apa yang Anda inginkan sangat wajar terjadi dalam pekerjaan. Apa solusinya adalah untuk mengingat bagaimana target Anda di awal bekerja.

6. Menyelesaikan Pekerjaan Dengan Segera

Rasa tidak ikhlas bisa membuat Anda menunda-nunda, coba upayakan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan gesit. Cara ini akan efektif jika lima cara di atas kurang mempan atau kurang memberikan Anda makna.

ilustrasi mengingat keluarga sebagai tips bekerja dengan ikhlas

7. Mengingat Keluarga

Jika mengingat keluarga, mungkin rasa sabar akan tertanam dalam apa saja yang Anda lakukan. Jika benar Anda sudah berkeluarga, maka Anda pasti paham betul bahwa Anda harus bekerja untuk menghidupi mereka. Namun jika belum, seseorang seperti calon pasangan atau orang tua Anda pasti merasa senang dan tenang Anda telah bekerja.

8. Mengawali Dengan Pekerjaan Sulit

Tujuh cara di atas masih belum bisa membuat Anda lebih ikhlas? Ada pekerjaan sulit yang harus Anda lakukan? Kali ini, tipsnya adalah untuk mengerjakan yang sulit dulu.

9. Mencicil Pekerjaan

Pekerjaan yang terus banyak dan menumpuk mungkin jadi penyebab Anda tidak ikhlas. Coba lah untuk mencicil pekerjaan-pekerjaan ini, pasti lah akan ada kepuasan sendiri jika pekerjaan yang tadinya banyak berangsur-angsur menjadi sedikit.

10. Memposisikan Diri Sebagai Pengangguran

Bagaimana kalau saat ini Anda adalah seorang pengangguran? Cicilan yang ada tak bisa dibayarkan, seseorang menjadi tidak bisa dibahagiakan, biaya hidup menjadi tak bisa dipenuhi, itulah apa yang akan Anda hadapi selanjutnya.

11. Mulai Menanamkan Rasa Ikhlas

Pengertian bekerja ikhlas adalah melakukan segala pekerjaan dengan lapang dada. Karena Anda sudah mencoba sepuluh di atas, Anda mulai paham bagaimana caranya ikhlas dan bagaimana mengaplikasikannya. Ternyata bekerja dengan ikhlas bisa berikan manfaat.

Setelah Anda bisa bekerja dengan ikhlas, pastilah ada banyak keuntungan yang bisa didapat. Energi positif di waktu yang Anda investasikan untuk bekerja akan memberikan profit yang besar. Gunakan sebelas tips bekerja dengan ikhlas di atas untuk mendapatkannya. Bekerja dengan ikhklas akan berikan keuntungan, sebentar lagi apa keuntungannya akan Anda rasakan sendiri.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.