THR PNS 2021 Kapan Cair? Ini 8 Fakta Pentingnya

thr pns 2021 kapan cair

THR PNS 2021 kapan cair? Boleh jadi, hal tersebut menjadi pertanyaan yang saat ini banyak terkemuka, mengingat lebaran akan berlangsung sebentar lagi. Bertajuk sebagai THR PNS, bukan tidak mungkin menjadi hal yang ditunggu oleh para PNS. Lalu, sebetulnya kapan THR PNS 2021 akan cair?

Menyambut hari raya, rasanya kurang lengkap apabila tidak disertai dengan cairnya Tunjangan Hari Raya. Menanggapi hal tersebut, terdapat sederet fakta penting yang berkaitan dengan kapan cairnya THR PNS 2021.

Untuk mengulas mengenai hal tersebut, akan diuraikan dalam paparan bagian selanjutnya. Fakta-fakta yang dimaksudkan ini sekaligus menjadi jawaban atas pertanyaan sebetulnya kapan THR PNS tahun ini akan cair.

8 Fakta Mengenai THR PNS 2021 Kapan Cair

Tunjangan Hari Raya, menjadi aspek penting yang ditunggu cairnya. Tidak terkecuali untuk THR PNS tahun 2021. Lebaran sebentar lagi, tetapi THR belum juga turun. Hal tersebut boleh jadi membuat hati gundah, khususnya bagi para PNS.

Sebagai jawaban atas pertanyaan THR PNS 2021 kapan cair, yuk simak mengenai fakta-fakta menarik yang melingkupi persoalan tersebut berikut ini.

1. Akan Diberikan Penuh

thr pns 2021 akan diberikan penuh

Pada tahun 2021 ini, dikabarkan jumlah THR PNS akan diberikan secara penuh. Yang aman pada tahun lalu, besarnya THR PNS mengalami pemangkasan karena pandemi Covid-19.

Hal ini menjadi kabar yang gembira bagi Anda yang berprofesi sebagai PNS. Sebab, tidak ada pemangkasan Tunjangan Hari Raya sebagaimana yang terjadi pada tahun kemarin.

Baca juga: 7 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Untuk PNS

2. Jumlahnya Lebih Besar Daripada Tahun Sebelumnya

Mengingat tidak adanya pemangkasan pada THR PNS tahun 2021, maka jumlahnya akan lebih besar manakala dikomparasikan dengan tahun lalu. Maka dari itu, Anda yang berprofesi sebagai PNS patut untuk berbahagia dengan kabar sedemikian rupa.

Yang menjadi permasalahan selanjutnya, sebetulnya kapan THR PNS sebagaimana yang telah disebutkan itu akan cari. Jawaban atas pertanyaan tersebut terdapat pada uraian selanjutnya.

3. Pencairan Paling Lambat 10 Hari Kerja Sebelum Hari Raya Idul Fitri

Biasanya, seperti yang terjadi dalam tahun-tahun sebelumnya, Tunjangan Hari Raya untuk PNS akan dicairkan 10 hari kerja sebelum perayaan hari raya Idul Fitri. Karenanya, Anda harus bersabar menantikan cairnya THR ini. Namun, tidak perlu risau, sebab pasti akan cair.

Jumlahnya pun lebih besar dibandingkan tahun kemarin. Pasalnya, tidak ada pemangkasan anggaran. Jadi, Anda tidak perlu khawatir. Tunggu saja, nanti tanpa disadari sudah cair.

4. Akan Cair Akhir April Hingga Awal Mei

thr pns akan diberikan akhir april

Selanjutnya, dikabarkan pula manakala THR PNS tahun ini akan cair pada bulan akhir bulan April sampai Awal Mei. Ya, senada dengan yang telah disebutkan sebelumnya, THR biasanya akan cair 10 hari kerja sebelum hari raya. Apabila dihitung, maka akan jatuh kira-kira bulan April akhir hingga awal Mei. Jadi, sebentar lagi Tunjangan Hari Raya akan cair.

Baca juga: Pengertian Disiplin PNS: 13 Poin Penting Tentang Aturannya

5. Diatur dalam Bentuk Peraturan Pemerintah

Terkait proses pencairan Tunjangan Hari Raya ini, juga diatur dalam bentuk peraturan pemerintah. Akan tetapi, sampai saat ini belum terdapat aturan yang dimaksudkan. Yang biasanya terjadi, aturan tentang pencairan THR akan diterbitkan menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Merujuk pada fakta tersebut, besar kemungkinannya THR untuk PNS akan cair akhir April sampai awal Mei mendatang.

6. Sudah Dimasukkan Dalam APBN 2021

ilustrasi anggaran keuangan

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, menuturkan apabila anggaran untuk THR PNS tahun 2021 telah dimasukkan dalam APBN 2021. Maka dari itu, diharapkan dapat membantu para PNS agar tetap bisa melakukan belanja. Pemberian THR tahun ini pun akan dilakukan secara penuh, tanpa adanya pemangkasan.

Namun, perlu diperhatikan pula bahwa sebelum penerapan THR PNS nantinya, pemerintah akan mempertimbangkan bagaimana kondisi APBD dalam menangani pandemi Covid-19. Pertimbangan tersebut akan memengaruhi keputusan final apakah Tunjangan Hari Raya mengalami pemangkasan seperti yang terjadi tahun sebelumnya atau tidak.

Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan pun menjelaskan jika akan dilaksanakan monitoring terkait implementasi THR 2021. Yang mana THR ini akan diterima oleh PNS aktif sampai para pensiunan. Anggaran setiap tahunnya selalu disiapkan, sehingga pencairannya merupakan hal yang pasti akan terjadi.

Baca juga: 5 Perbedaan PNS Pusat dan PNS Daerah yang Wajib Anda Tahu

7. Daftar Penerima THR dari Pemerintah

Selain PNS, terdapat 12 komponen yang juga menerima THR dari pemerintah. Apa saja itu? Antara lain, prajurit TNI, Anggota Polri. Kemudian, termasuk juga PNS, Prajurit TNI, dan Anggota Polri yang ditugaskan atau ditempatkan di perwakilan RI luar negeri.

Juga yang ditugaskan diluar instansi pemerintah, baik di dalam maupun luar negeri yang gajinya dibayar oleh instansi induk. Termasuk di dalamnya PNS, prajurit TNI, anggota Polri yang menerima uang tunggu. Serta komponen-komponen lainnya terkait sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

8. Aspek-Aspek Dalam THR PNS yang Akan Diterima

Untuk aspek apa saja yang melingkupi THR PNS, terdiri dari gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, atau tunjangan umum, dan tunjangan kinerja. Merujuk pada PP Nomor 15 Tahun 2019, gaji yang diterima PNS dikategorikan menjadi beberapa golongan.

Itulah sederet fakta penting mengenai persoalan THR PNS 2021 kapan cair. Jadi, berdasarkan paparan yang telah diuraikan sebelumnya, dapat disimpulkan manakala cairnya THR PNS 2021 merupakan hal yang pasti. Dalam artian, pasti terjadi. Namun, untuk kapan tepatnya akan cair, belum terdapat peraturan pemerintah yang mengatur pencairan THR PNS 2021.

Kendati demikian, Tunjangan Hari Raya PNS telah masuk dalam APBN 2021. Biasanya, pencairan akan dilaksanakan 10 hari kerja sebelum perayaan Hari Raya Idul Fitri berlangsung. Kabar gembira berikutnya, yakni THR tahun ini dikabarkan tidak akan mengalami pemangkasan. Dengan kata lain, akan diberikan secara penuh. Jadi, bagi Anda yang berprofesi sebagai PNS, hanya perlu bersabar untuk menerima pencairannya yang pasti akan terjadi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.