Remote Working Adalah? Berikut 10 Tips Remote Working Untuk Membantu Anda

remote working adalah

Remote working adalah. Para karyawan zaman sekarang sudah familiar dengan konsep kerja jarak jauh (remote work). Cara kerja model Menjadi Seorang Remote Working ini telah banyak diadopsi oleh banyak perusahaan, khususnya para pemula.

Beberapa perusahaan menilai cara kerja ini tidak seefisien mengharuskan karyawan datang ke kantor. Pada dasarnya bekerja dari mana saja bisa menghemat banyak waktu dan tenaga. Anda tidak perlu menghabiskan waktu dalam perjalanan ke dan dari tempat kerja sebelum Anda naik dan turun saat lalu lintas padat atau di jalan yang padat.

Ada keuntungan menggunakan kerja jarak jauh bagi sebagian orang. Contoh sederhana, jika Anda bekerja dari rumah, Anda dapat meningkatkan tanggung jawab Anda kepada keluarga. Tak hanya itu, karyawan yang bekerja dari rumah juga bisa memantau perkembangan dan membimbing anak, serta menghemat biaya transportasi. Bagi pemilik bisnis, secara logika, sistem kerja ini dapat mengurangi biaya sewa, alat tulis, tagihan listrik, tagihan telepon, dan biaya lain yang dikeluarkan oleh karyawan.

Remote Working Adalah?

Apa definisi sebenarnya dari kerja jarak jauh? Banyak orang memahaminya sebagai orang yang bekerja di luar kantor, padahal ini hanya sebagian dari arti yang lebih luas. Apakah dapat dikatakan bahwa hanya freelancer yang merupakan pekerja jarak jauh?

Pekerja jarak jauh (remote working) adalah orang yang bekerja di luar kawasan kantor bisa disebut pekerja jarak jauh. Sekarang, ada dua jenis pekerja jarak jauh yang dibedakan berdasarkan statusnya.

  1. Karyawan diperbolehkan bekerja dimanapun dia merasa nyaman dan hanya diharuskan pergi ke kantor beberapa kali dalam seminggu. Jika posisi pekerja masih di kota yang sama dengan lokasi perusahaan, biasanya berlaku
  2. Seorang freelancer yang tidak tunduk pada peraturan kehadiran, sehingga ia dapat bekerja dengan bebas di kedai kopi atau kediaman pribadi

Pekerjaan jarak jauh (remote working) telah menjadi tren di perusahaan yang sedang berkembang, dan itu juga merupakan budaya saat ini. Meski terlihat menarik pada awalnya, namun tetap menggunakan strategi yang tepat agar pekerjaan Anda lebih efisien. Dalam pembahasan ini, kami akan mencoba menjelaskan beberapa Tips Menjadi Seorang Remote Working yang perlu diterapkan untuk menyelesaikan pekerjaan jarak jauh secara efektif.

1. Rutinitas yang teratur (Disiplin)

tips remote working dengan disiplin

Jika Anda tidak memiliki rutinitas, maka hal ini akan membuat pekerjaan Anda menjadi tidak efisien. Oleh karena itu, kami sangat menganjurkan agar Anda membuat rutinitas untuk membantu Anda mempertahankan alur kerja Anda setiap hari. Artinya, Anda perlu tahu persis kapan harus bekerja, istirahat, bermain, dan bersosialisasi tanpa mengorbankan waktu kerja.

Baca Juga: Pengertian Disiplin PNS: 13 Poin Penting Tentang Aturannya

2. Fokus pada energi

Saat bekerja dari jarak jauh, sulit untuk mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk bekerja. Masalahnya, produktivitas Anda cenderung turun setelah jam kerja tertentu, yang tentunya sangat tidak efektif. Untuk meningkatkan produktivitas, Anda harus fokus pada energi, bukan hanya waktu. Cara termudah adalah mengetahui kapan Anda paling produktif atau kapan Anda memiliki energi paling banyak untuk melakukan pekerjaan Anda.

3. Temukan komunitas

Bekerja dari jarak jauh bisa membuat Anda akan seperti merasa kesepian dan banyak dari mereka yang merasakan kesepian tersebut. Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus menemukan komunitas di mana banyak pekerja jarak jauh melakukan hal yang sama seperti Anda. Jika memungkinkan, Anda juga dapat bekerja di ruang kerja bersama di mana Anda dapat terhubung dengan pekerja atau pengusaha jarak jauh lainnya.

4. Dapatkan umpan balik secara teratur

Karena Anda tidak memiliki kesempatan untuk bertemu dengan rekan kerja di waktu senggang, sulit untuk berbicara dan mendapatkan tanggapan mereka. Masalahnya adalah tidak ada umpan balik yang akan membantu Anda untuk membuat kemajuan yang signifikan. Anda harus dapat mendorong diri sendiri untuk menjadwalkan pertemuan umpan balik yang lebih sering dengan anggota tim lainnya.

Jika Anda mengetahui bahwa ada beberapa tugas yang perlu diselesaikan, harus mendapat umpan balik, untuk meningkatkan keterampilan Anda. Bila tidak anda juga bisa ikut kegiatan diluar seperti berpartisipasi dalam pelatihan atau kursus yang dapat meningkatkan keterampilan Anda dan pada akhirnya mengoptimalkan pekerjaan Anda.

5. Jadwalkan pertemuan tatap muka dengan kolega lain

Saat Anda bekerja dari jarak jauh, hal ini adalah suatu keharusan. Meskipun panggilan video dapat digunakan untuk diskusi dan rapat, panggilan video tidak dapat menggantikan rapat secara langsung. Anda harus bertemu langsung dengan rekan kerja untuk menyesuaikan kepribadian Anda dan memudahkan Anda untuk mempersatukan semua orang di perusahaan. Penting untuk menjadwalkan beberapa hari dengan semua rekan kerja yang bekerja di perusahaan. Tidak masalah di mana rapatnya, karena rapat tatap muka itu penting.

6. Semangat belajar yang tinggi

Dalam bidang apapun, perusahaan menuntut karyawan memiliki semangat belajar yang tinggi. Oleh karena itu, tidak jarang mendapatkan meja kerja yang berbeda dari kesepakatan awal untuk menilai upaya dan kemampuan beradaptasi terhadap perubahan. Saat melakukan aktivitas sebagai pekerja jarak jauh, intensitas belajar Anda secara otomatis akan jauh lebih tinggi daripada pekerja tradisional. Pasalnya, interaksi Anda dengan rekan kerja dan atasan akan berkurang. Oleh karena itu suka atau tidak suka, Anda harus membiasakan diri belajar sendiri, mengerjakannya sendiri, dan tidak melakukan kesalahan.

7. Tips Remote Working adalah dengan menjadi Independen (Mandiri)

remote working adalah bekerja mandiri

Sebelum Anda mulai bekerja dari jarak jauh, keterampilan berikutnya yang perlu Anda persiapkan adalah kemandirian. Keterampilan ini sangat penting karena kerja jarak jauh sangat berbeda dengan ekosistem kerja kantoran dan bisa dibandingkan dengan teman sekamar. Kalaupun kita bekerja sebagai tim, tidak menutup kemungkinan semua tugas harus dikerjakan sendiri. Oleh karena itu, dimanapun mereka berada, pekerja jarak jauh harus memiliki sifat mandiri ini demi menjaga produktivitas.

Baca Juga: Buka Usaha Setelah Pensiun dari PNS: 13 Usaha yang Prospektif

8. Memiliki peralatan kerja yang cukup

Penting juga untuk memiliki peralatan kerja yang cukup. Jika Anda seorang desainer grafis dan memiliki meja kerja untuk membuat logo / slogan promosi setiap hari, Anda harus memiliki komputer atau laptop dengan spesifikasi yang sesuai. Selain itu, setidaknya kita juga harus memperoleh sinyal internet yang baik untuk komunikasi. Seseorang yang merupakan pekerja jarak jauh mungkin juga perlu melengkapi dirinya dengan smartphone dan meja kerja agar lebih nyaman dalam bekerja sehari-hari.

9. Buat alur kerja yang jelas

Setelah Anda memiliki semua perangkat yang Anda butuhkan, Anda masih perlu mendesain alur kerja. Ingat! Perangkat hanyalah alat. Oleh karena itu, alur kerja yang jelas harus dilakukan. Setiap jenis pekerjaan memiliki alur kerjanya sendiri-sendiri. Hanya untuk menyederhanakan pengoperasian, Anda dapat menggunakan tiga tolok ukur sederhana berikut:

⦁ Apa yang anda lakukan?
⦁ Apa yang akan terjadi selanjutnya?
⦁ Apa hasil yang diharapkan dari tugas ini?

Anda dan semua orang di tim harus tahu apa yang sedang dilakukan. Ini penting agar setiap orang dapat memeriksa kemajuan satu sama lain. Jika ada hambatan atau masalah, pemimpin tim dapat dengan mudah menemukannya. Apa yang harus dilakukan selanjutnya juga sangat penting. Dengan cara ini, Anda dapat merencanakan tugas yang akan dilakukan.

Anda dapat berdiskusi sebelumnya ketika Anda membutuhkan tugas atau ketika Anda membutuhkan bantuan dari rekan satu tim Anda. Selain dua hal tersebut, setiap anggota tim juga harus mengetahui keluaran dari tanggung jawabnya. Hanya dengan cara ini setiap pekerja jarak jauh dapat berorientasi pada hasil. Sesuatu yang membuat anggota tim tetap produktif.

10. Siapkan tempat kerja yang nyaman

Saat memutuskan untuk bekerja dari jarak jauh (remote working), Anda tidak boleh meremehkan tempat kerja. Percayalah, tempat Anda bekerja akan berdampak besar pada efisiensi dan efektivitas kerja Anda. Tempat yang cocok bisa membuat pekerjaan Anda menyenangkan. Satu demi satu tugas dapat diselesaikan dengan cepat. Meski begitu, masih ada waktu untuk bersantai dan melakukan hal lain. Di sisi lain, tidak ada yang akan membantu Anda sama sekali. Jika tugas selesai, justru Anda mungkin akan kehabisan energi dan konsentrasi, maka buatlah tempat kerja yang nyaman.

Dengan menerapkan Tips Menjadi Seorang Remote Working di atas, Anda dapat bekerja dari jarak jauh dengan lebih efektif. Teknologi informasi dan internet telah mengubah budaya kerja perusahaan, salah satunya adalah kerja jarak jauh (remote working). Pastikan Anda selalu mendapatkan umpan balik dengan rekan kerja lain secara rutin, meningkatkan keterampilan pelatihan Anda, dan menjadwalkan pertemuan dengan rekan kerja. Semoga pembahasan di atas memberikan banyak manfaat bagi Anda!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.