Prospek Kerja Ilmu Administrasi Negara: 10 Profesi yang Dapat Anda Geluti

Prospek Kerja Ilmu Administrasi Negara

Sebelum membahas prospek kerja Ilmu Administrasi Negara kita perlu mengetahui sekilas tentang bidang ilmunya. Ilmu Administrasi Publik atau Administrasi Negara adalah suatu bahasan ilmu sosial yang mempelajari hingga 3 unsur penting kehidupan, antara lain undang-undang, lembaga peradilan dan eksekutif, dan berbagai hal yang berkaitan dengan publik. Sederhananya, Administrasi publik adalah studi tentang bagaimana mengelola organisasi publik. Penelitian ini meliputi birokrasi, perumusan kebijakan publik, pelaksanaan dan evaluasi, pengelolaan pembangunan, pemerintahan daerah, dan pemerintahan yang baik.

Biasanya, administrasi publik merupakan program studi yang mengkhususkan diri pada cara penyelenggaraan administrasi, terutama ketika mempelajari ketatanegaraan dan unsur-unsurnya. Bidang ini tidak dapat dipisahkan dari pengumpulan dan pemrosesan data. Administrasi negara tidak hanya mempelajari teori, tetapi juga belajar bagaimana menggunakan kemajuan teknologi dan komunikasi untuk meneliti, menganalisis, dan menemukan solusi untuk masalah implementasi kebijakan. Contoh materi administrasi publik:

  1. Organisasi dan Administrasi.
  2. Sistem Administrasi negara.
  3. Administrasi Moneter negara.
  4. Administrasi pajak.
  5. Teori Administrasi Negara
  6. Administrasi Sumber Daya Manusia.
  7. Administrasi pemerintahan daerah.
  8. Etika administrasi negara.
  9. Analisis Kebijakan Publik. Dll

10 Prospek Kerja Ilmu Administrasi Negara

Selamat untuk anda mahasiswa baru yang ingin bergabung atau sudah menjadi mahasiswa administrasi negara! Karena selain peminat yang banyak, jurusan Anda adalah yang memiliki prospek luas!. Meski begitu, masih banyak yang beranggapan bahwa lulusan program studi manajemen administrasi negara hanya akan menjabat sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Padahal, hal ini salah, karena diluar pemerintahan juga membutuhkan lulusan di bidang administrasi negara. Bagi mereka yang mungkin tidak ingin menjadi ASN dan menjalankan roda manajemen negara, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, prospek karir lulusan administrasi publik lainnya begitu banyak. Pastikan kamu membaca 10 Prospek Kerja Ilmu Administrasi Negara ini sampai selesai!

1. Pengembangan Sumber Daya Manusia (HRD)

gambaran HRD sebagai salah satu Prospek Kerja Ilmu Administrasi Negara

Human Resource Development (HRD) atau Konsultan Pengembangan Sumber Daya Manusia merupakan departemen penting untuk mengelola sumber daya manusia perusahaan. Menjadi seorang HRD berarti bertanggung jawab penuh atas rekrutmen karyawan, menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan mengelola proses promosi atau mutasi departemen. Departemen pengembangan sumber daya manusia juga harus memiliki kemampuan public speaking dan negosiasi yang baik agar semua karyawan dapat menerima kebijakan perusahaan. Oleh karena itu, bagi lulusan manajemen tata usaha negara yang sudah familiar dengan hal ini, Anda dapat mempertimbangkan untuk bergabung dengan tim HRD.

2. Reporter pemerintah atau politik

Lulusan Administrasi negara juga telah mendapatkan pelatihan yang semaksimal mungkin untuk mampu menganalisis dan melaporkan, mengembangkan dan memberdayakan, dan hasilnya akan menjadi solusi atas permasalahan yang dihadapi pemerintah. Karena peka dalam pemerintahan, kemampuan mengumpulkan data dan laporan tidak diragukan lagi sangat berguna untuk prospek kerja lulusan administrasi.

Wartawan memang memiliki tanggung jawab untuk memberitakan berbagai berita dan fenomena yang berkaitan dengan politik dan pemerintahan, dan berita serta fenomena tersebut sangat menjanjikan prospek kerja bagi lulusan tersebut. Lulusan ini juga bisa dikatakan sangat tepat, karena selain pandai menganalisa, lulusan jurusan administrasi negara juga harus mampu memahami informasi dasar tentang fenomena politik atau pemerintahan yang dicakup.

Baca juga : 5 Perbedaan PNS Pusat dan PNS Daerah yang Wajib Anda Tahu

3. Peneliti Negara

Tentunya dalam operasionalisasi pemerintahan akan menemui berbagai kendala dan permasalahan yang akan dihadapi. Begitu pula dengan fenomena yang dihadapi, terutama fenomena di masyarakat, sebagai tujuan inti dari sistem pemerintahan. Untuk mengatasi masalah ini, para ahli pemerintah biasanya melakukan beberapa bentuk penelitian yang sangat berguna untuk menyelesaikan masalah yang seharusnya dapat meningkatkan kinerja pemerintah dan menjalankan pemerintahan.

Karena ruang lingkup pemerintahannya memang sangat luas, baik itu kabupaten, kabupaten, daerah, daerah, provinsi atau bahkan negara, maka penelitian yang dilakukan biasanya berskala besar. Semua ini agar roda pemerintah dapat terus beroperasi di setiap level. Tentu, ia membutuhkan asisten peneliti untuk melakukan berbagai penelitian. Lulusan manajemen administrasi negara dengan teori good governance sangat cocok untuk posisi ini.

4. Konsultan pemerintah

Berbagai kendala akan dihadapi pemerintah dalam menjalankan roda pemerintahan. Untuk menghilangkan kendala tersebut dan membuat pemerintahan berjalan seperti semula, kendala dan berbagai masalah yang mengganggu tersebut juga harus segera diatasi. Merupakan salah satu tugas konsultan pemerintah untuk memberikan solusi, berinvestasi dan bahkan mengembangkan strategi desain untuk membuat tata kelola berjalan dengan baik.

Biasanya konsultan pemerintah dibutuhkan untuk menangani berbagai masalah khusus di pemerintahan. Sangat cocok untuk menjadi konsultan pemerintah, dan juga sangat menjanjikan bagi lulusan administrasi publik. Oleh karena itu, untuk menjadi konsultan, Anda sebenarnya membutuhkan strategi, kritik dan pemikiran yang jitu untuk membangun bentuk pemerintahan yang lebih baik, yang tentunya harus dilandasi oleh ilmu dan teori tentang pemerintahan.

5. Staff legislatif pusat dan daerah

Sejak kuliah mahasiswa Administrasi Negara dimulai, mereka secara strategis mempertimbangkan gagasan untuk menentukan kebijakan pemerintah. Tentunya dalam kegiatan perkuliahan, mahasiswa Administrasi Negara akan banyak belajar strategi yang cukup spesifik untuk membentuk pemerintahan yang efektif dan sejahtera untuk membangun rakyatnya. Ada juga parpol yang memiliki kewenangan merumuskan strategi dan menentukan kebijakan inti pemerintah, yaitu anggota legislatif dan jajarannya.

Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa mahasiswa pascasarjana Administrasi Negara sangat cocok menjadi staff anggota legislatif, baik di poros pusat maupun daerah, dan tentu tidaklah mengherankan untuk menjadi bagian dari legislatif. Dengan pengetahuannya yang kaya di bidang pemerintahan, lulusan administrasi negara ini dapat membawa rakyat menjadi lebih sejahtera bersama pemerintahan yang ada.

6. Anggota Partai Politik

Partai politik adalah salah satu penggerak pemerintahan. Tentu, politik memegang peranan penting dalam tata kelola pemerintahan. Jika kesukarelaan sesuai dengan visi dan misi partai, maka partai ini juga bisa menjadi wadah bagi siapa saja yang ingin menyampaikan aspirasinya. Untuk menjadi anggota partai politik tentunya harus mampu memahami betul model pemerintahan yang sedang diterapkan di negeri Indonesia ini.

Melalui partisipasi aktif dalam perwujudan visi dan misi negara melalui partai politik, dan dengan menjadi anggota atau aktivis partai, tentunya ini menjadi salah satu prospek kerja lulusan administrasi negara.

7. Bekerja di BUMN

Lulusan administrasi negara ini tidak hanya bekerja di departemen pemerintahan, tetapi juga di perusahaan yang banyak digunakan di BUMN. Karena BUMN adalah Badan Usaha Milik Negara maka banyak keterkaitan dengan pemerintah, seperti perpajakan, dll. Sehingga kemampuan lulusan administrasi negara ini dapat bekerja di bidang keuangan dan juga dapat membebankan pajak kepada BUMN.

8. Bekerja di lembaga keuangan

Lulusan administrasi negaral juga cenderung bekerja di lembaga keuangan (seperti bank). Saat ini perbankan Indonesia terus berkembang dan membutuhkan banyak tenaga kerja yang mampu untuk mengisi kesenjangan di sektor keuangan. Pada dasarnya, isi penelitian dalam rencana penelitian pengelolaan administrasi negara juga mempelajari keuangan, sehingga tidak banyak perbedaan dalam pengolahannya.

9. Bekerja di Perusahaan Swasta

bekerja di perusahaan swasta sebagai salah satu Prospek Kerja Ilmu Administrasi Negara

Tentunya perusahaan swasta masih membutuhkan lulusan dari Jurusan Administrasi Negara. Seperti disebutkan di atas, lulusan manajemen administrasi negara ini memiliki kemampuan menganalisis dan mengevaluasi sosial. Keterampilan ini sangat penting dan dapat membantu perusahaan yang bergerak di sektor swasta menentukan jalur selanjutnya untuk pengembangan di masa depan.

Jika Anda memiliki berbagai keunggulan lain (misalnya, mahir lebih dari satu bahasa asing, mahir dalam teknologi, dll.), Lulusan administrasi negara pasti akan meningkatkan prospek kerja Anda. Apalagi jika bisa dibarengi dengan pengalaman berorganisasi atau berbagai pengalaman lain yang diambil selama kuliah.

Baca Juga : Buka Usaha Setelah Pensiun dari PNS: 13 Usaha yang Prospektif

10. Pendidik atau dosen

Yang terakhir, Baik dari sudut pandang teoritis maupun praktis, penelitian mendalam tentang ilmu pemerintahan memungkinkan lulusan Administrasi Negara untuk benar-benar memahami seluk beluk bidang pemerintahan. Dengan pendalaman ilmu keilmuan yang dipelajari, menjadi pengajar atau pendidik di bidang ilmu pemerintahan juga menjadi salah satu prospek kerja yang menarik bagi lulusan manajemen administrasi nasional. Merupakan salah satu tugas mulia profesi guru atau pendidik ilmu pemerintahan untuk mentransfer ilmu dari pemerintah kepada orang lain dan mampu menghimpunnya, yang dinilai sangat menjanjikan.

Inilah 10 Prospek Kerja Ilmu Administrasi Negara. Bersiaplah selalu untuk bersaing di lingkungan kerja. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti kursus kejuruan untuk menemukan passion Anda dan menentukan karier masa depan Anda sedini mungkin!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.