10 Hal tentang PNS Dalam Bahasa Inggris, Mulai Istilah hingga Deskripsi

pns dalam bahasa inggris

Berbicara mengenai PNS dalam bahasa Inggris, apakah penyebutannya sama dengan bahasa Indonesia? Dalam artian, apakah istilah dari pekerjaan PNS dalam bahasa Inggris akan merujuk pada arti kata yang sama sebagaimana yang dimaksudkan dari Pegawai Negeri Sipil dalam bahasa Indonesia. Mengenai hal tersebut, semuanya lengkap akan Anda temukan ulasannya dalam artikel ini.

Secara umum, istilah PNS dalam bahasa Inggris tidak memiliki makna yang berbeda dari arti yang melingkupi figur Pegawai Negeri Sipil dalam bahasa Indonesia. Lalu, bagaimana dengan kepangkatan, juga pensiunan PNS apabila pada bahasa Inggris?

Mengenai persoalan tersebut, bisa Anda jumpai penyelesaian dalam bagian selanjutnya. Karenanya, yuk simak penjelasan lengkapnya jangan sampai ada yang terlewat sampai akhir.

10 Hal Mengenai PNS dalam Bahasa Inggris

Sebagaimana yang telah disebutkan, dalam bagian ini akan dibahas secara lengkap mengenai PNS dalam bahasa Inggris. Mulai dari istilahnya, makna, sampai pada kepangkatan hingga penyebutan pensiunan PNS dalam bahasa Inggris. Karenanya, daripada penasaran, bagi Anda seorang PNS, calon PNS, maupun yang bercita-cita menjadi PNS, wajib sekali untuk menyimak ulasannya sampai akhir.

1. Istilah PNS di Bahasa Inggris

ilustrasi pns

Dalam bahasa Inggris, PNS dapat disebut sebagai civil servant. Yang mana artinya merujuk pada pegawai pemerintahan, diplomatik, juga politik. Sebutan lainnya, yakni civil service employee yang artinya selaras sebagaimana makna dari Pegawai Negeri Sipil itu sendiri.

Baca juga: 10 Kerugian Jadi PNS yang Tidak Banyak Diketahui Orang

2. Bagaimana Dengan Pekerjaan PNS?

Berangkat dari PNS di bahasa Inggris seperti yang telah disebutkan, lalu bagaimana dengan pekerjaan PNS? Secara umum, keduanya adalah sama. Sebab, pekerjaan PNS merujuk pada profesi sebagai PNS. Jadi, dalam bahasa Inggris keduanya tidak berbeda.

3. Deskripsi Karir dari PNS

PNS atau Pegawai Negeri Sipil adalah bagian dari Aparatur Sipil Negara yang telah diangkat secara tetap melalui penerbitan SK. Seorang PNS berhak untuk memperoleh jabatan tertentu pada satuan tugas yang menaunginya.

Sebagai penopang dari pemerintahan dalam suatu negara, memiliki peran dalam menciptakan sistem di suatu negara yang efektif, terutama mengenai kebijakan publik yang tujuannya meningkatkan taraf hidup masyarakat.

4. Jabatan PNS English Version

ilustrasi jabatan

Jabatan struktural, apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi structural position atau lumrah disebut eselon

Untuk structural position I a PNS, bisa berupa secretary general, director general, secretary, chief secretary, dan lainnya terkait.

Kemudian, pada golongan I b, yakni expert staff.

Lalu, II a berupa director, bureau head, central head, dan assistant deputy.

II b dalam bahasa Inggris, office head. Untuk III a, division head, departement head, dan lainnya terkait.

Begitupun selanjutnya. Sampai pada golongan V a berupa Kepala Urusan apabila diterjemahkan dalam bahasa Inggris menjadi affairs head.

Baca juga: Pengertian Jabatan Struktural PNS dan 9 Contoh Posisinya

5. Kepangkatan PNS in English

Setelah jabatan, bagaimana dengan kepangkatan PNS?

Pertama I/a atau juru muda, junior clerk. Lalu, I/b, juru muda tingkat I, first class junior clerk. I/c, First Class Clerk. Dan begitu pula berikutnya. Hingga pada golongan IV/e, berupa Pembina Utama, yakni Senior Administrator.

6. Jenjang Karir PNS dalam Bahasa Inggris

Setelah resmi menjadi PNS, Anda akan mempunyai jenjang karir, berupa, golongan yang bergantung pada pendidikan yang telah ditempuh sebelumnya. Di setiap golongan, mempunyai standar penghasilan sendiri yang berbeda satu sama lain.

Terkait kepangkatan dan jabatan, telah diuraikan pada bagian sebelumnya. Dalam Bahasa Inggris, jenjang karir merupakan goals atau achievement yang penting. Bahkan, banyak jenjang karir atau civil servant career path yang menjadi landasan diterimanya PNS pada beasiswa tertentu.

7. Tugas PNS

ilustrasi korpri

Dalam setiap profesi, tentu tidak bisa terlepas dari tugas. Begitu pula dengan Pegawai Negeri Sipil. Utamanya tugas dari PNS adalah memberikan pelayanan prima kepada masyarakat sejalan dengan tupoksinya masing-masing. Terkait hal lebih lanjut mengenai tupoksi jabatan, tentu tidak sama satu sama lain, tergantung pada jabatan apa yang diemban.

Baca juga: Pengertian Arsiparis dan 13 Tupoksi Pengarsipan yang Anda Wajib Tahu

8. Peran dan Tanggung Jawab

Kemudian, mengenai peran dan tanggung jawab juga penting untuk diperhatikan. Terdapat beberapa peran serta tanggung jawab yang harus Anda implementasikan usai resmi menjadi PNS. Antara lain, memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Ya, dalam istilah Inggris, ini adalah roles and responsibilities of civil servants. Dimana banyak dedikasi sesuai dengan nilai pilar kebangsaan yang harus dijalankan PNS.

9. Jalur Penerimaan untuk Menjadi PNS

Untuk menjadi seorang PNS, Anda dapat menggunakan beberapa jalur yang tersedia. Yang mana seleksi PNS akan diselenggarakan secara serentak oleh kementerian serta lembaga pemerintahan yang membutuhkan pegawai baru. Selain melalui tes CPNS dengan berbagai tahapan, mulai dari tahap seleksi administrasi, SKD, sampai SKB, Anda bisa menggunakan jalur pendidikan dalam menjadi PNS.

Jalur pendidikan yang dimaksud, yakni mengikuti seleksi untuk menjadi mahasiswa dari sekolah ikatan dinas pemerintah setelah lulus SMA. Sekolah ikatan dinas pemerintah yang dimaksudkan, misalnya STAN, STSN, STIN, dan lainnya. Tentunya terdapat tahapan tes pula yang harus dilalui agar bisa diterima di dalamnya.

10. Pengetahuan serta Keahlian Berbahasa Inggris

ilustrasi keahlian

Seorang PNS harus memiliki keahlian sesuai dengan bidang dan kualifikasinya. Sebagai contoh, seorang akuntan pemerintah yang bekerja di BPK, maka harus mahir dalam hal akuntansi keuangan. Begitu pula dengan seorang taxer maupun audit.

Masing-masing PNS harus ahli dalam bidang yang telah dipilihnya. Serta memiliki kemampuan yang terjamin. Kemudian, nilai TOEFL bahasa Inggris untuk PNS di beberapa tempat adalah 450. Itu adalah pengukuran terkait dengan keahlian berbahasa asing, yaitu Inggris.

Baca juga: 8 Cara Menambah Wawasan Dalam Berbicara dan Manfaatnya

Itulah penjelasan mengenai PNS dalam bahasa Inggris lengkap dengan aspek-aspek terkait. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan manakala untuk menjadi seorang PNS, bisa melalui dua metode. Pertama, melalui tes CPNS. Kedua, melalui pendidikan berupa sekolah ikatan dinas pemerintah.

Pada sekolah ikatan dinas pemerintah, setelah lulus, maka Anda akan langsung menjadi Pegawai Negeri Sipil. Sama halnya dengan tes CPNS. Dari serangkaian tahapan. Mulai dari seleksi administrasi, SKD, sampai SKB, setelah lulus Anda akan ditempatkan dengan penerbitan SK. Untuk bisa lolos menjadi PNS, tentunya Anda harus memenuhi seluruh persyaratan yang ada.

Tidak jarang dijumpai pelamar yang mengabaikan kelengkapan administrasi CPNS. Padahal, seleksi pertama yang akan dilaksanakan adalah tahap administrasi. Otomatis saat administrasi tidak lengkap, pelamar bisa dinyatakan gugur dan tidak bisa mengikuti tahap selanjutnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.