8 Aspek Penting Mengenai Perhitungan Uang Pensiun PNS

perhitungan uang pensiun pns

Perhitungan uang pensiun PNS menjadi hal yang penting untuk diketahui, khususnya bagi Anda yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil. Sebab, dengan mengetahui bagaimana mengestimasi uang pensiun PNS lengkap, Anda dapat memperkirakan besaran uang pensiun yang akan diterima. Dengan begitu, kehidupan setelah pensiun dapat direncanakan secara matang untuk tetap mempunyai kematangan finansial.

Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai beberapa hal penting terkait dana pensiun PNS. Karena itu, diharapkan bisa memudahkan Anda dalam melakukan estimasi uang pensiun yang akan diperoleh.

Tidak hanya mengenai perhitungan, tetapi juga akan dibahas mengenai aspek-aspek penting yang melingkupinya. Untuk mengetahui secara lebih lengkapnya, yuk simak penjelasan dalam bagian selanjutnya sampai akhir.

8 Aspek Penting Mengenai Perhitungan Uang Pensiun PNS

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pada bagian ini akan dibahas mengenai perhitungan uang pensiun PNS, sekaligus mengenai berbagai aspek yang melingkupinya. Langsung saja, yuk cek uraian selengkapnya pada bagian di bawah ini.

1. Gaji Pensiun PNS dengan Skema Lama

ilustrasi uang pensiun

Sampai saat ini, uang pensiun juga gaji pensiun PNS masih menggunakan skema lama. Yakni, skema yang menggunakan Pay As You Go.
Pada skema tersebut, sumber uang pensiun yang diterima oleh PNS adalah sebagian besar berasal dari APBN, sesuai dengan yang diatur UU Nomor 11 Tahun 1969. Namun, sistem sedemikian rupa dinilai akan membebani APBN.

Baca juga: Buka Usaha Setelah Pensiun dari PNS: 13 Usaha yang Prospektif

2. Ketentuan dalam Skema Baru

Mengingat bahwa skema yang sebelumnya dinilai membebani APBN, pemerintah menyusun kebijakan terkait skema gaji PNS yang baru. Direncanakan, pemerintah akan mengubah prinsip Pay As You Go dalam skema lama menjadi berbasis Fully funded. Sistem pembayaran gaji pensiun menggunakan skema baru akan didasarkan pada dua sumber pendanaan.

Antara lain, iuran yang berasal dari pemerintah serta iuran dari PNs yang bersangkutan. Adapun besaran dari gaji pensiun PNs pun akan disesuaikan dengan jumlah gaji yang diterima setiap bulannya. Diperkirakan, akan berkisar antara 10 sampai 15 persen dari total gaji keseluruhan.

Akan tetapi, karena skema baru fully funded ini masih pada tahap proses serta masih dipertimbangkan, maka sampai saat ini belum diterapkan. Diharapkan, melalui pembayaran iuran untuk gaji pensiunan PNS sedemikian rupa, bisa menjadikan APBN tidak terbebani. Juga dapat meningkatkan gaji pensiun pegawai.

3. Cara Mengetahui Estimasi Gaji Pensiun PNS

Untuk mengetahui estimasi gaji pensiun PNS, Anda tidak perlu bingung lagi. Sebab, saat ini PT Taspen telah menyediakan website yang bisa digunakan untuk mengetahui berapa kira-kira uang pensiun yang akan Anda terima.

Dalam hal ini, perlu digaris bawahi manakala gaji pensiun serta tabungan hari tua tidak dibayarkan secara bersamaan. Melainkan, gaji pensiun akan diterima setiap bulannya. Sedangkan untuk tabungan hari tua akan diterima secara sekaligus dalam bentuk tunai.

Untuk mengetahui estimasi gaji pensiun PNS yang akan Anda peroleh, juga mengenai besaran tabungan hari tua, yang perlu dilakukan adalah dengan mengunjungi website PT Yakni, pada laman web http://www.taspen.co.id. Bisa pula dengan langsung melalui link e-klim.taspen.com/eklim/estimasi. Kemudian, masukkan NIP pada kolom yang tersedia.

Jangan lupa untuk menginputkan tahun, bulan, dan tanggal lahir Anda. Setelahnya, Anda hanya perlu login, lalu mengeklik estimasi gaji pensiun dan tabungan hari tua. Cukup dengan cara yang mudah sedemikian ini, Anda bisa mengetahui besaran estimasi uang pensiun nantinya.

4. Besaran Dana Pensiun dan THT dari Taspen PNS

ilustrasi investasi

Berdasarkan estimasi yang bisa Anda ketahui melalui website e-klim PT Taspen, maka Anda bisa tahu besaran dana pensiun dan tabungan hari tua. Untuk menghitung besaran uang pensiun secara spesifik, Anda hanya perlu menjumlahkan keduanya. Yakni dari tabungan hari tua serta gaji pensiun per bulannya.

Maka dari itu, Anda tidak perlu menebak-nebak untuk menyusun estimasi gaji pensiun. Melainkan, bisa mengecek saldo dana pensiun dan THT menggunakan laman web PT Taspen.

Baca juga: 9 Investasi Terbaik untuk PNS Minim Risiko, Mau Coba?

5. Daftar Gaji Pokok Pensiun PNS

Mengenai daftar gaji pokok pensiun PNS, tentu tidak sama. Sebab, sebagaimana diketahui, PNS terdiri dari berbagai golongan yang berbeda. Perbedaan golongan tersebut menjadikan besaran gaji pensiun yang akan didapatkan pun berbeda. Untuk mengetahui secara lebih lengkap, besaran gaji pokok pensiun PNS didasarkan pada UU Nomor 11 Tahun 1969.

6. Tunjangan Pensiun PNS

Seorang PNS juga akan memperoleh tunjangan pensiun. Dengan demikian ini, diharapkan seorang Pegawai Negeri Sipil yang telah mengabdi selama bertahun-tahun, ketika memasuki masa pensiun tetap bisa mempunyai kematangan Batas Usia Pensiun PNS.

Terkait batas usia pensiun PNS, terdiri dari 3 golongan yang berbeda. Yakni, 58 tahu, 60 tahun, sampai 65 tahun. Ketentuan mengenai masing-masing batas usia pensiun tentunya berbeda. Lebih lanjut, pengaturannya terdapat dalam UU Nomor 11 Tahun 1969.

8. Rencanakan Keuangan untuk Masa Sesudah Pensiun

ilustrasi merencanakan keuangan

Berbicara mengenai uang pensiun PNS, alangkah baiknya untuk merencanakan keuangan sebelum pensiun. Dalam artian, memperkirakan kebutuhan apa saja yang harus dicukupi saat Anda telah memasuki masa pensiun. Sekaligus juga menyusun rencana anggaran.

Baca juga: 12 Pilihan Usaha yang Cocok Untuk Bapak-Bapak

Di atas telah diuraikan mengenai perhitungan uang pensiun PNS. Apabila ditarik kesimpulan, saat ini skema gaji pensiun PNS masih menggunakan skema yang lama. Yakni, berdasarkan sistem Pay As You Pay. Akan tetapi, direncanakan akan terjadi perubahan skema pemberian gaji pensiun PNS.

Yang mana menjadi Fully Funded. Mengenai cara untuk menghitung besaran uang pensiun PNS yang akan Anda dapatkan nantinya, bisa dengan menggunakan website e-klim Taspen. di sana, Anda akan mengetahui estimasi tabungan hari tua dan dana pensiun. Sehingga, tidak perlu menebak-nebak lagi berapa besaran uang pensiun nantinya.

Karena berbasis online pula, Anda bisa mengaksesnya secara mudah. Cukup melalui smartphone, data informasi mengenai estimasi besarnya uang pensiun bisa diketahui.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.