Pengertian Pengelolaan Waktu: Anda Wajib Paham 8 Hal Ini

pengertian pengelolaan waktu

Mengerti apa isi pengertian pengelolaan waktu bisa membuat Anda lebih kenal dengan yang namanya time management. Mungkin selama ini Anda cukup sering mendengarnya, memang mudah dipahami namun sayang bagaimana cara memulainya kadang membingungkan.

Seorang karyawan harus memiliki time management yang baik. Terlebih untuk karyawan yang masih baru sehingga membutuhkan adaptasi baru, semakin cepat belajar mengelola waktu maka akan semakin tertata pula waktu yang dimiliki. Entah itu menjadi lebih cerdas dalam membagi waktu bersama keluarga, menyelesaikan pekerjaan dengan deadline, hingga yang lebih sederhana seperti ketika harus berbicara di depan umum.

Pengertian Pengelolaan Waktu dan Apa Saja yang Harus Diketahui

Pengertian pengelolaan waktu di tempat kerja adalah untuk datang dan pulang sesuai waktunya, menyelesaikan tugas dengan durasi yang diberikan, dan bisa melakukan semuanya sesuai waktunya. Berikut ini akan dibahas satu per satu tentang pengelolaan waktu.

1. Pengertian Pengelolaan Waktu

pengertian pengelolaan waktu

Pengelolaan waktu atau manajemen waktu adalah sebuah proses dalam mengendalikan waktu berdasarkan suatu rangkaian kegiatan yang telah direncanakan. Beberapa kegiatan sekaligus boleh jadi telah direncanakan untuk selesai dalam waktu satu hari, manajemen waktu akan membuat Anda mengetahui kapan masing-masing kegiatan tersebut dilakukan dan berapa durasi maksimal untuk melakukannya.

Hal ini akan sangat bermanfaat untuk membuat semua aktivitas terencana. Aktivitas yang terencana yang bisa membuat nyaman, dan membuat Anda bisa berhenti atau istirahat pada waktunya.

Bagaimana bila seseorang memiliki manajemen waktu yang buruk? Pekerjaan yang tidak selesa-selesai, sulit istirahat di waktu yang tepat, kehilangan jam biologis, adalah beberapa akibatnya.

Manajemen waktu adalah sebuah proses, jika nantinya Anda tak kunjung cerdas akan hal ini maka bisa dimaklumi.

Baca juga: 9 Cara Ampuh Manajemen Waktu Untuk PNS

2. Fungsi Pengelolaan Waktu

Pengelolaan waktu dilakukan supaya dihasilkan fungsi pengawasan, pengarahan, pengorganisasian, dan perencanaan. Itu artinya, jika manajemen waktu dilakukan tidak akan sulit bagi individu untuk mengerjakan banyak tugas sekaligus dalam durasi waktu tertentu, membagi waktu dengan sempurna dan sesuai dengan porsi, dan membuat rencana.

Penting bagi setiap individu untuk memiliki rencana, rencana yang bisa membuat hari ini menjadi lebih bersemangat karena sudah memiliki tujuan. Salah satu fungsi dari manajemen waktu ada disini, yaitu supaya rencana yang dibuat ini bisa terlaksana atau tersistematis.

Tak terlepas dari pengawasan, manajemen waktu bisa membuat seseorang mengawasi orang lain atau diri sendir dalam rangka proses belajar. Setiap orang membutuhkan proses belajar, termasuk untuk mengelola waktu Dengan demikian, wajar bila salah satu fungsinya adalah untuk menjadikan seseorang lebih cerdas dalam mengatur waktu kedepannya.

3. Tujuan Pengelolaan Waktu

Ada tujuannya, tujuan dari pengelolaan waktu ada cukup banyak dan beberapa diantaranya akan disebutkan. Dimulai dari tujuan untuk menjauhkan dari stres karena memiliki kontrol akan waktu, mengevaluasi kemajuan yang ada, memberikan kebebasan dalam mengendalikan waktu, menghindari kegiatan tabrakan, membuat diri sendiri lebih produktif, mengurangi kecenderungan untuk menunda, serta bisa mengurangi rasa bersalah karena tidak bisa melakukan apa yang sudah dijadwalkan.

4. Manfaat Pengelolaan Waktu

pengertian pengelolaan waktu

Tujuan berbeda dengan manfaat, dan proses belajar mengelola waktu yang dibahas ini akan membahas apa manfaatnya. Dengan waktu yang terkelola dengan baik Anda akan mendapatkan kesehatan yang baik, tidak lebih cemas atau tegang dari biasanya, hubungan antar manusia yang bisa tertata dengan baik, kepuasan kerja meningkat, dan produktivitas pun bisa meningkat.

Manfaat dari pengelolaan waktu ini berasal dari pengertiannya. Misalnya saja manfaat akan menjadi lebih sehat, sebab dengan waktu yang dikelola secara baik akan membuat Anda bisa melakukan pekerjaan dengan tepat waktu sehingga mendapatkan waktu istirahat tepat waktu dan cukup.

Baca juga: Tugas Staff Administrasi Keuangan: 10 Gambaran yang Wajib Anda Tahu

5. Apa Saja yang Membutuhkan Pengelolaan Waktu

Banyak hal membutuhkan pengelolaan waktu, apalagi untuk skala seorang pekerja atau karyawan. Apa yang dikelola bisa dalam menyelesaikan tugas, menyelesaikan tugas di luar kantor, durasi berbicara di depan umum, bertemu dengan klien, hingga mengelola waktu pribadi supaya bisa berangkat kerja tepat pada waktunya.

Malahan bukan hanya untuk kepentingan bekerja saja. kehidupan Anda pribadi pun juga membutuhkan manajemen waktu yang baik. Sebab, Anda yang telah memiliki waktu sendiri seharusnya bisa membaginya untuk bekerja, untuk bersama keluarga, dan untuk Anda sendiri. Seperti misalnya dengan menjalani hobi, melakukan apa yang Anda suka, mendukung kesehatan, dan lain sebagainya.

6. Cara Mengelola Waktu Dengan Baik

Apa yang harus Anda ketahui berikutnya adalah tahu bagaimana cara mengelola waktu dengan baik. Di awal Anda harus mengamati dulu apa saja yang harus dilakukan dan apa yang bisa ditinggalkan. Setelahnya baru bisa dibag aktivitas apa dilaukan seberapa lama dan sampai jam berapa.

Termasuk untuk tidur dan istirahat, jika direncanakan selama 8 jam maka tetaplah berada dalam rencana. Hal lain-lainnya seperti mengerjakan tugas atau pekerjaan yang diberikan, bisa diselesaikan dengan deal line yang berlaku.

7. Siapa Saja yang Membutuhkan Pengelolaan Waktu

pengertian pengelolaan waktu

Siapa saja yang membutuhkan pengelolaan waktu adalah setiap orang dengan profesinya masing-masing. Mulai dari pelajar yang harus mengerjakan pekerjaan rumah, hingga atasan yang harus membagi waktu karena sering mendapat undangan formal.

Begitu juga dengan seorang karyawan, apalagi yang masih baru, harus secepat mungkin mulai belajar mengelola waktu dengan baik. Hasilnya supaya bisa segera dinikmati, yaitu untuk mendapatkan kehidupan yang lebih terencana, lebih sehat, dan lebih produktif. Sama sekali tidak rugi untuk mempelajari hal ini, sebab impact nya benar-benar kembali ke diri sendiri.

Baca juga: Pengertian Arsiparis dan 13 Tupoksi Pengarsipan yang Anda Wajib Tahu

8. Tahapan Dalam Pengelolaan Waktu

Tahapan dalam pengelolaan waktu tak terlepas dari bahasan apa saja manfaatnya. Bisa Anda mulai dengan memastian betul apa saja yang harus dilakukan dalam durasi waktu tertentu, kemudian mulai menata setiap kegiatan mendapatkan durasi berapa jam, setelahnya adalah target untuk menyelesaikan rencana atau kegiatan tersebut sesuai dengan jadwal, kemudian terus upayakan untuk selalu melakukan hal yang sama dengan di jadwal.

Tahapan mengelola waktu diakhiri dengan pengawasan. Tahap di mana Anda harus bisa sendiri mengawasi diri Anda supaya terus berada dalam rencana dan tidak melakukan apa yang ada di jadwal. Awal-awal mungkin akan membutuhkan jadwal tertulis, namun jika sudah terbiasa mengingatnya saja sudah cukup.

Hubungan Manajemen Waktu Dengan Self Esteem

Waktu yang ada memang harus dikelola dengan baik. Jangan sampai ada kehidupan yang terganggu karena kehidupan lainnya. Kehidupan keluarga dengan bekerja harus seimbang, begitu juga waktu untuk diri sendiri yang bisa meningkatkan self esteem atau harga diri. Karena orang yang kerap tidak disiplin dalam menyelesaikan tugas akan rentan dipermalukan dan mendapat sanksi sosial.

Anda sudah mengetahui pengertian pengelolaan waktu untuk skala karyawan. Apa saja yang bisa dilakukan pun juga sudah dibahas. Kini saatnya untuk berlatih sampai Anda terbiasa melakukan time management supaya semuanya tidak lebih buruk dari yang kemarin-kemarin.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.