8 Info Penting Tentang Pengertian Komunikasi di Tempat Kerja

pengertian komunikasi di tempat kerja

Pengertian komunikasi di tempat kerja akan dibahas pada kesempatan ini. Lain-lainnya seperti pengertiannya secara umum, menurut para ahli pun juga akan diberitahu. Juga bukan itu saja, komunikasi yang dinilai harus ada di lingkungan kerja akan dikupas lebih lengkap sehingga Anda bisa mempelajarinya.

Komunikasi memang jadi hal yang sangat dibutuhkan. Tidak semua orang yang bisa berbicara, bisa berkomunikasi. Apalagi dengan zaman yang seperti sekarang ini, sudah ada banyak media untuk berkomunikasi. Memang cukup membantu, namun dalam berkomunikasi sendiri harus ada komponen dan unsur yang ada.

Info yang Berkaitan Dengan Pengertian Komunikasi di Tempat Kerja

Pentingnya komunikasi di tempat kerja akan Anda pahami di artikel ini. Pengertian komunikasi di tempat kerja adalah komunikasi yang terjadi di lingkungan kerja, entah itu antara bawahan, antara bawahan dengan atasan, antara satu orang dengan banyak orang, dan siapa saja yang bersangkutan di dalamnya.

1. Pengertian Komunikasi Secara Umum

pengertian komunikasi di tempat kerja

Secara umum, komunikasi ini diartikan sebagai segala sesuatu hal yang dasar, yang akan dibutuhkan setiap makhluk hidup sebagai makhluk sosial. Komunikasi merupakan dasar interaksi antara satu manusia dengan lainnya yang seharusnya dibangun untuk mencapai sebuah tujuan.

Baca juga: 10 Perbedaan Administrasi Negara Dan Administrasi Publik

2. Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Menurut ahli dunia, komunikasi merupakan aktivitas hubungan antara manusia yang terjadi secara langsung maupun tidak langsung. Salah satunya menurut Harold D. Lasswell, menurutnya komunikasi merupakan proses menjelaskan kepada siapa, mengatakan apa, kepada siapa, dan dengan hasil apa.
Sedangkan menurut Raymond S. Ross, diartikan sebagai proses sortir atau memilih informasi untuk dibagikan dengan orang lain.

3. Tujuan Komunikasi

Komunikasi ada dan dilakukan dengan sebuah tujuan, dan tujuannya adalah untuk bertukar pesan. Pesan yang memang harus disampaikan, harus terlaksana supaya dalam pekerjaan akan sedikit kesalahannya. Begitu juga dengan mereka yang membutuhkan pesan informatif, harus mendapatkannya dan bisa memulainya dengan mengadakan komunikasi.

4. Prinsip Komunikasi

ilustrasi sesama rekan kerja saling berkomunikasi

Ada prinsip dalam berkomunikasi yang bisa memudahkan didapatkannya fungsi dari komunikasi itu sendiri. Prinsipnya sendiri adalah untuk bertukar pesan atau menyampaikan informasi. Informasi atau pesan yang dibutuhkan rekan kerja supaya bisa melakukan pekerjaan atau tugasnya dengan baik. Siapa saja boleh mendapatkan atau mencari informasi dengan cara komunikasi.

Baca juga: Pengertian Remunerasi PNS: 11 Hal yang Harus Diketahui

5. Unsur Komunikasi

Ada lima unsur sekaligus yang harus ada dalam proses komunikasi. Lima hal yang jika salah satunya tidak ada maka tidak bisa disebut suatu kegiatan sebagai komunikasi. Tidak ada salah satunya mungkin tetap bisa disebut sebagai komunikasi, namun akan kurang berbobot.

Adapun lima unsur dalam kegiatan komunikasi antara lain komunikator, media, pesan, komunikan, dan efek. Mungkin selama ini Anda hanya mengetahui bahwa komunikasi bisa terjalin hanya karena ada komunikan dan komunikator saja.

Padahal, lima hal tadi sama-sama harus ada dalam proses ini. Memang sudah ada komunikator sebagai yang berbicara dan komunikan sebagai yang mendengar atau menerima. Namun interaksi antara dua subjek ini harus memberikan efek dan ada pesan yang disampaikan.

Di zaman modern, unsur baru bertambah pada sebuah kegiatan komunikasi, yaitu media. Komunikasi yang tadinya hanya bisa dilakukan secara langsung, bertemu langsung dalam satu waktu. Menjadi bisa dengan instrumen komunikasi, seperti misalnya handphone dan aplikasi yang mendukung.

6. Komponen Komunikasi

Berbeda dengan unsur, komponen komunikasi adalah beberapa hal yang secara langsung harus ada untuk bisa dilakukan. Tadi di bagian unsur, ada unsur media yang mana bisa saja dilakukan melalui handphone. Namun, komunikasi itu sendiri tidak harus melalui handphone bukan?

Kali ini, komponen adalah hal yang benar-benar harus ada. Beberapa komponen dalam komunikasi antara lain aturan yang disepakati pelaku, umpan balik, saluran, penerima, pengirim, dan pesan.

Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa yang namanya komunikasi harus terjalin secara dua arah, bukan searah saja. Dan komunikasi yang harus dua arah ini tidak melulu harus keduanya berbicara, komunikan atau penerima memahami apa yang disampaikan pun sudah cukup dikatakan dua arah.

7. Pentingnya Komunikasi di Tempat Kerja

ilustrasi komunikasi di tempat kerja

Tentu saja komunikasi sangat penting di tempat kerja. Komunikasi bisa menjadi jembatan antara pekerjaan satu dengan lainnya yang seharusnya memiliki sinergis. Komunikasi bisa membuat pekerja paham apa yang harus dilakukan, membuat tim kerja menjadi lebih efektif, dan akan mudah bagi atasan untuk mengendalikan timnya.

Akan sulit bagi sebuah pekerjaan atau tim kerja untuk melakukan tugasnya tanpa adanya komunikasi. Ingat, salah satu unsur komunikasi adalah pesan, yang mana arinya komunikasi dalam lingkungan kerja bukan hanya asal-asalan berbicara interaksi saja tanpa ada pesan yang disampaikan.

Baca juga: 11 Cara Menjadi Pemimpin yang Baik Dalam Organisasi

8. Ciri Komunikasi yang Bagus

Ada ciri komunikasi yang bagus sehingga membuat komunikasi itu sendiri berkualitas. Poin selanjutnya akan membahas bagaimana cara mendapatkan komunikasi yang berkualitas, namun kali ini akan dibahas terlebih dahulu bagaimana cirinya.

Cirinya adalah komunikasi tersebut memberi info untuk salah satu pihak maupun keduanya. Kembali lagi ke salah satu sifat komunikasi yaitu harus terjadi dengan dua arah. Dengan demikian, setidaknya ada informasi yang diberikan dan diterima sehingga didapatkan yang membutuhkan.

Komunikasi yang bagus melibatkan fokus yang baik. Tanpa fokus dan konsentrasi akan sulit bagi penerima atau komunikan untuk memahami yang disampaikan komunikator. Komunikasi bisa membutuhkan media, entah itu komunikasi secara langsung maupun komunikasi tidak langsung.

9. Cara Mendapatkan Komunikasi yang Berkualitas

Ingat, harus ada pesan yang disampaikan. Pembicaraan yang berisi keburukan karyawan lain, tentang hal yang tidak pasti, tentang masalah pribadi, tidak disebut sebagai komunikasi di dalam tempat kerja.

Komunikasi harus melibatkan komunikan dan komunikator. Dengan demikian, komunikasi yang berkualitas adalah komunikasi yang keduanya sama-sama benar terlibat di dalam kegiatan ini. Terakhir, jika tidak bisa bertemu secara langsung dalam waktu yang sama, ada salah satu unsur komunikasi yang berupa media.

Media yang seharusnya digunakan jika memang tidak memungkinkan dilakukan komunikasi secara langsung. Itulah komunikasi yang berkualitas, tetap tersampaikan pesannya sesuai dengan komponen dan unsur.

Komunikasi Harus Terjalin di Lingkungan Kerja Maupun Dalam Tim

Tim kerja atau pekerjaan tanpa komunikasi akan menjadikan suatu pekerjaan kurang efektif untuk dikerjakan. Akan ada banyak hal yang salah bila pekerjaan tidak didahului dengan komunikasi. Sekarang Anda telah mengetahui apa pengertian komunikasi di tempat kerja, ternyata benar-benar dibutuhkan bukan?

Saatnya untuk menjalin komunikasi yang baik di tengah tempat kerja. Siapkan semuanya supaya proses komunikasi menjadi hal yang efektif. Ingat juga apa saja komponen dan unsur yang harus ada supaya suatu pembicaraan bisa disebut sebagai komunikasi.

Tidak memandang subjek, siapa saja yang harus menerima pesan dan memberikan pesan harus melakukan komunikasi. Jadi, pastikan untuk menjaga hubungan baik dengan rekan kerja agar bisa semakin meningkatkan produktivitas.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.