Pengertian Jabatan Struktural PNS dan 9 Contoh Posisinya

pengertian jabatan struktural

Pengertian jabatan struktural harus diketahui oleh siapa saja yang berencana untuk bekerja menjadi pegawai negeri sipil. Sebab dengan menjadi pegawai negeri sipil, itu artinya akan menempati salah satu jabatan di dalamnya. Adapun dua pilihan jabatan atau posisi atas nama pegawai negeri sipil adalah di jabatan fungsional atau jabatan struktural.

Ada banyak posisi di jabatan struktural dalam PNS. Mulai dari sekretaris daerah, kepala dinas, camat, hingga sekretaris lurah. Pada kesempatan ini Anda akan mengenal apa itu jabatan struktural dan mengerti beberapa posisi yang bernaung di bawah jabatan ini.

Mengerti apa saja posisi di jabatan ini akan memudahkan dalam memahami perbedaannya dengan jabatan fungsional. Untuk diketahui, masing-masing posisi di jabatan ini masih akan dibagi-bagi lagi berdasarkan eselon. Eselon sendiri merupakan jenjang pangkat yang dimiliki seorang pegawai nantinya.

Daftar Jabatan Atau Posisi dan Pengertian Jabatan Struktural

Di bawah ini akan disebutkan apa saja posisi di jabatan struktural. Pengertian jabatan struktural sendiri adalah sebuah jabatan yang secara jelas masuk dalam struktur organisasi. Langsung saja, berikut adalah 9 posisi sebagai contoh dalam jabatan ini.

1. Sekretaris Lurah

Posisi sebagai contoh pegawai negeri sipil di jabatan struktural adalah sekretaris lurah. Nantinya akan diikuti dengan lurahnya juga, namun akan dibahas sekretaris lurah terlebih dahulu. Dalam profesinya, sekretaris lurah akan membantu segala hal yang ada sangkut pautnya dengan kepenulisan dan berkas di dalam lurah.

Jabatan ini jelas menjadi salah satu jabatan struktural karena jelas masuk dalam satu kesatuan organisasi pemerintah, yaitu dalam tingkat kelurahan.

2. Lurah

Ada sekretaris lurah, juga ada lurah sebagai atasannya. Lurah dalam profesinya akan memimpin sebuah kelurahan. Dalam mengerjakan tugasnya, lurah akan dibantu oleh sekretaris lurah dan perangkat-perangkat kelurahan lainnya yang ada di bidangnya masing-masing.

3. Sekretaris Camat

Posisi nomor tiga dalam daftar posisi jabatan struktural kali ini adalah sekretaris camat. Tentu saja sekretaris camat akan bekerja dengan cara membantu Pak Camat atau Bu Camat mengerjakan tugasnya. Kantornya berada di kantor kecamatan daerah yang bersangkutan.

4. Camat

Seseorang yang memimpin dan mempunya tanggung jawab atas kecamatan adalah camat. Camat menjadi contoh posisi yang bernaung di jabatan struktural pegawai negeri sipil selanjutnya.

Sama seperti lurah, dalam mengerjakan tugasnya, camat akan dibantu oleh perangkat-perangkat camat sesuai dengan bidangnya.

5. Kepala Dinas

Kepala dinas, kepala kantor, atau kepala badan juga merupakan posisi di jabatan struktural. Karena ada sebagai ‘kepala’, akan ada posisi-posisi lain yang membawahinya. Seperti misalnya bendahara, sekretaris, seksi-seksi, hingga kepala seksi yang nantinya juga akan dibahas.

6. Kepala Bagian

Dalam sebuah organisasi atau lembaga formal pastinya akan ada kepala bagian. Seseorang yang memiliki tanggung jawab penuh dalam suatu bidang atau bagian dalam lembaga yang bersangkutan. Seseorang yang memiliki jabatan ini sama saja telah memiliki jabatan struktural.

ilustrasi kepala seksi sebagai pengertian jabatan struktural

7. Kepala Seksi

Seperti yang telah dijelaskan dalam poin sebelumnya, kepala seksi dengan kepala dinas atau kepala kantor akan saling bekerja sama. Bedanya, kepala seksi hanya memiliki tanggung jawab di seksi atau bidang yang bersangkutan saja. sedangkan kepala dinas atau kepala kantor bertanggung jawab untuk semua seksi.

Kepala seksi juga menjadi salah satu contoh jabatan struktural. Begitu juga dalam lembaga pemerintah, kepala seksi di sana memiliki jabatan struktural pegawai negeri sipil.

8. Kepala Bidang

Ada kepala seksi, dan ada juga kepala bidang. Sebab antara satu lembaga dengan lembaga lainnya akan memiliki sebutan yang berbeda untuk sebuah bidang. Ada yang menamakan kepala bidang dan ada juga yang menamai kepala seksi untuk seseorang yang memiliki tanggung jawab penuh di bidang yang bersangkutan.

9. Sekretaris Daerah

Tadinya Anda sudah mengenal sekretaris lurah dan sekretaris camat yang menjadi dua contoh posisi di jabatan struktural. Kini Anda juga mengenal sekretaris daerah yang sama-sama menempati jabatan struktural sebagai pegawai negeri sipil.
Tugas dari sekretaris daerah adalah untuk membantu pimpinan pemerintah daerah di daerah yang bersangkutan.

Menyusun kebijakan dan melakukan koordinasi dinas serta teknis daerah adalah beberapa tugas yang dimiliki posisi ini. Lebih lengkap masih ada lagi tugas-tugas yang sifatnya spesifik dari posisi di jabatan struktural pegawai negeri sipil ini.

Seperti namanya, jabatan struktural merupakan jabatan yang ada di dalam struktur organisasi. Contoh posisi atau profesi yang disebutkan pun memang benar adanya masuk dalam struktur organisasi pemerintahan. Kini Anda sudah tahu pengertian jabatan struktural beserta apa saja pilihan posisinya, informasi ini akan berguna jika memang Anda tertarik untuk menjadi pegawai negeri sipil, terlebih di posisi jabatan struktural.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.