Pengertian Diklat Kepemimpinan dan 8 Tujuan yang Melandasinya

pengertian diklat kepemimpinan

Pengertian diklat kepemimpinan akan segera Anda ketahui dalam bahasan ini. Namun sebelumnya, mungkin Anda bisa menebak akan seperti apa diklat ini. Diklat sendiri adalah sebuah akronim dari pendidikan dan pelatihan.

Karena diadakan sebagai sebuah pendidikan dan pelatihan, pastinya setelah selesai peserta yang mengikuti akan selangkah lebih berwawasan dari sebelumnya. Akan ada skill yang bertambah sehingga bisa dikatakan diagendakannya sebuah diklat memberikan manfaat. Terlepas dari manfaatnya, diklat juga diadakan dengan tujuan.

Dalam kesempatan kali ini akan dibahas apa itu diklat. Mungkin sebelumnya Anda juga pernah mendengar istilah PIM 2 atau PIM 3. Pembahasan dilanjutkan dengan pembahasan apa saja tujuan dari diadakannya diklat.

Tujuan dan Pengertian Diklat Kepemimpinan

Pengertian diklat kepemimpinan adalah sebuah agenda yang diadakan untuk menambah wawasan, perilaku, sikap, keterampilan, keahlian, dan pengetahuan di bidang kepemimpinan. Baik untuk pegawai negeri sipil maupun lembaga swasta, pasti diagendakan diklat ini demi suatu tujuan. PIM 2 adalah salah satu jenis diklat yang diatur dalam Perkalan Nomor 18 Tahun 2015, sedangkan PIM 3 dibahas dalam Perkalan Nomor 19 Tahun 2015.

1. Memberikan Keterampilan Pada Pegawai Lebih Cepat

Tujuan yang pertama adalah untuk membuat pegawai memiliki keterampilan lebih. Seorang pegawai memang sudah punya sebuah keterampilan sehingga diterima dalam suatu perusahaan atau lembaga, namun dengan diadakannya diklat kepemimpinan, keterampilan yang dimiliki pegawai tadi akan lebih terasah.

Diklat tidak hanya membuat keterampilan yang ada lebih terasah. Melainkan, juga memiliki tujuan untuk menambah keterampilan yang dimiliki pegawai. Memiliki banyak keterampilan sekaligus membuat pegawai lebih berharga.

2. Memberi Kesempatan Pada Pegawai Berorganisasi

Berkesinambungan dengan poin nomor satu. Hasil jika seorang pegawai memiliki keterampilan yang lebih terasah atau lebih banyak, maka pegawai tersebut akan lebih berharga dalam sebuah organisasi atau di bidangnya masing-masing. Apalagi diklat yang dibicarakan kali ini adalah diklat kepemimpinan, yang mana juga bisa dikatakan sebagai pendidikan dan pelatihan untuk calon pemimpin.

3. Mempersiapkan Pegawai Supaya Punya Keahlian yang Dibutuhkan

Pegawai akan diajarkan dan dilatih supaya memiliki keahlian yang dibutuhkan oleh perusahaan atau lembaga. Jadi, dari poin nomor satu tadi, bukan sembarang keterampilan yang diajarkan. Melainkan keterampilan yang wujudnya sebuah keahlian yang dibutuhkan oleh perusahaan atau lembaga yang mengadakan.

4. Pengertian Diklat Kepemimpinan Bermanfaat Dalam Mengurangi Kecelakaan Kerja

Kecelakaan kerja berpotensi ada dalam suatu perusahaan atau lembaga. Kecelakaan kerja tentu saja merugikan berbagai pihak, belum lagi juga dibutuhkan biaya untuk menanganinya. Diklat kepemimpinan diadakan supaya kemungkinan kecelakaan kerja bisa dipangkas sebanyak mungkin.

Akan lebih baik lagi jika probabilitasnya menjadi nol. Pegawai tidak melakukan kesalahan yang berujung kecelakaan kerja, perusahaan atau lembaga pun tak perlu memberikan penanganan.

5. Meningkatkan Partisipasi Pegawai

ilustrasi pengertian diklat kepemimpinan dalam meningkatkan partisipasi pegawai

Partisipasi pegawai rupanya tidak selalu sama antara bidang satu dengan lainnya atau dari satu lembaga dengan lembaga lainnya. Untuk meningkatkan partisipasi pegawai, diadakanlah sebuah diklat kepemimpinan. Diklat ini memang jadi salah satu upaya untuk meningkatkan partisipasi pegawai, namun tetap saja juga menjadi salah satu tujuannya.

Dengan partisipasi pegawai yang baik, komunikasi antara pegawai dengan perusahaan atau lembaga pun menjadi lebih mudah. Sebab, wujud dari diklat ini adalah sebuah forum. Forum yang mewadahi bertemunya antara pegawai dengan penyelenggara diklat.

6. Meningkatkan Prestasi Kerja Pegawai

Prestasi kerja pegawai tentunya menjadi tujuan selanjutnya dari diadakannya sebuah diklat kepemimpinan. Diharapkan dengan adanya sebuah diklat, prestasi dari pegawai yang mengikuti bisa meningkat sehingga memiliki kompeten setelah diklat selesai.

7. Membantu Pegawai Dalam Peningkatan dan Pengembangan Pribadi

Pegawai memang merupakan seorang dewasa dan sudah dianggap matang kepribadiannya. Namun tetap saja pengembangan pribadi adalah hal yang dibutuhkan. Karenanya, salah satu tujuan diklat lainnya adalah untuk membantu pegawai dalam meningkatkan dan mengembangkan kepribadian.

Bisa disebut sebagai tujuan, juga bisa disebut sebagai manfaat. Pegawai pasti akan terbantu dengan tujuan diklat ini sehingga memberikan manfaat yang berguna untuk pegawai.

8. Menghemat Waktu Bagi Pegawai yang Ingin Meningkatkan Standar

Tujuan selanjutnya adalah untuk menghemat waktu. Pegawai tidak perlu belajar sendiri untuk mengetahui standar yang diterapkan lembaga atau perusahaannya. Sebab dengan diklat, secara langsung mereka akan diberitahu dan diajarkan bagaimana standar yang diterapkan atau dibutuhkan oleh perusahaan atau lembaga yang bersangkutan.

Mengetahui apa pengertian diklat kepemimpinan memberikan Anda sedikit bayangan akan seperti apa diklat ini diadakan. Anda juga sudah mengetahui apa saja tujuan dari agenda ini, dan bisa menjadi solusi untuk pegawai. Diklat kepemimpinan sangatlah fungsional, baik untuk pegawai atau peserta maupun untuk perusahaan atau pihak yang mengadakan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.