7 Pekerjaan yang Cocok Untuk Usia 35 Tahun, Apa Saja?

Pekerjaan yang Cocok Untuk Usia 35 Tahun

Ada pekerjaan yang cocok untuk usia 35 tahun yang harus Anda tahu. Umur 35 tahun belum sukses memang jadi cobaan, sebab masyarakat masih menilai bahwa patokan kesuksesan seseorang dinilai ketika usianya sudah memasuki 35 tahun. Untuk Anda yang belum sukses dan masih saja mencari kerja mungkin saat ini sudah tidak bersemangat lagi. Sebab ternyata, banyak pekerjaan yang membutuhkan orang-orang dengan usia di bawah 35 tahun.

Jangan langsung lengah, masih ada banyak pilihan jenis pekerjaan tanpa batas usia yang bisa dijadikan jalan menuju kesuksesan. Akan disebutkan beberapa alternatif pekerjaan yang bisa dilakukan usia 35 tahun ke atas.

Pilihan Pekerjaan yang Cocok Untuk Usia 35 Tahun

Di usia 35 tahun cukup banyak orang yang merasa tidak sukses sehingga akhirnya bingung apakah harus resign saja atau tidak. Hal ini disebabkan uang yang tak kunjung terkumpul atau belum bisa menghasilkan apa-apa di usia tersebut, padahal sosial telah memberi label bahwa usia 35 tahun seharusnya adalah usia sudah sukses. Anda memang punya pilihan, untuk resign dan cari pekerjaan lain atau membuka bisnis.

1. Pekerjaan di Bidang Kuliner

Pilihan bidang yang pertama adalah di bidang kuliner. Anda yang suka masak atau suka mencicipi cita rasa pada makanan bisa-bisa saja bekerja sesuai dengan kemampuan ini. Seperti misalnya menjadi koki atau kritikus makanan. Menjadi supervisor pada restoran atau bidang beverage di perhotelan pun juga bisa.

Jika Anda tertarik pun bisa dimulai sebuah bisnis berdasarkan skill ini. Misalnya dengan membuka bisnis katering. Perlu diketahui bahwa bisnis katering adalah salah satu bisnis yang menjanjikan di masa depan, ingat-ingat ini karena hal ini memang benar adanya. Banyak alasan mengapa demikian, dan pastinya Anda memang bisa mengandalkan bisnis ini untuk menuju kesuksesan.

Siapa saja bisa membuka bisnis katering, dengan usia berapapun. Asalkan ada modal, mempekerjakan junior-junior yang dianggap mampu, dan kekonsistenan dalam memberikan cita rasa dan kualitas, pasti bisnis katering akan terus ramai.

2. Pekerjaan di Bidang Pendidikan

ilustrasi pendidikan sebagai Pekerjaan yang Cocok Untuk Usia 35 Tahun

Bisang di nomor dua ini adalah bidang pendidikan. Harus Anda tahu sesegera mungkin bahwa salah satu bidang yang membutuhkan orang-orang tanpa batas usia adalah bidang pendidikan. Benar adanya tidak memandang usia, sebab asalkan orang tersebut masih bisa melakukan pekerjaannya untuk mengedukasi, maka orang tersebut tetap akan dipertahankan di tempatnya bekerja.

Anda bisa menjadi seorang dosen dengan cara kuliah lagi, atau menjadi guru saja. jika sua hal itu tak memungkinkan, Anda juga bisa menjadi guru luar sekolah yang salah satu contohnya adalah guru di bimbingan belajar.

Ide yang bagus untuk mendirikan sebuah perusahaan, sebab bisnis seperti bimbingan belajar tak membutuhkan modal yang sangat banyak. Bisa dimulai dengan Anda sendiri yang mengajar karena di awal harus hemat, dan dilanjutkan dengan mempekerjakan guru-guru untuk membantu Anda.

Baca juga: Syarat Naik Pangkat PNS: Lakukan 3 Hal Ini Agar Mudah Promosi

3. Pekerjaan di Bidang Hiburan

Pekerjaan di bidang hiburan banyak diisi profesi yang tidak memiliki batas usia. Seperti misalnya musisi, penulis, komedian, aktor, model, dan masih banyak lagi. Anda mungkin memiliki salah satu atau beberapa skill di bidang hiburan. Misalnya saja memiliki bakat musik, bisa menjadi musisi, penulis lirik lagu, atau apapun yang bisa menghasilkan uang.

Jika Anda mengembangkan bidang ini untuk dijadikan sumber penghasilan, tak menutup kemungkinan bagi Anda untuk mendirikan sebuah bisnis. Bisnis hiburan yang berdasar pada skill yang Anda miliki. Lain-lain yang hanya bisa dilakukan orang lain karena Anda tidak bisa, bisa dipercayakan pada orang lain sehingga Anda akan merekrut pekerja.

4. Pekerjaan di Bidang Seni

ilustrasi menari sebagai Pekerjaan yang Cocok Untuk Usia 35 Tahun

Sedikit ada kaitannya dengan bidang yang sebelumnya. Sebelumnya mungkin Anda memiliki skill khusus yang bernuansa seni. Entah itu melukis, membuat desain grafis, memahat patung, atau lainnya. Misalnya saja Anda punya skill desain grafis, bagaimana kalau kali ini Anda mencoba menjadi desainer grafis?

Desainer grafis adalah salah satu profesi yang tak pandang usia. Malahan jika nanti hasil seni Anda mendapat penilaian bagus dari banyak orang, Anda bisa mendirikan startup dalam bentuk studio dan mempekerjakan desainer-desainer grafis junior. Kedengaran menarik dan akan menyenangkan bukan?

Baca juga: 10 Usaha Sampingan Tanpa Modal untuk PNS yang Tidak Makan Waktu

5. Pekerjaan di Bidang Konsultasi

Anda adalah seseorang dengan usia 35 tahun atau lebih, pastilah ada pengalaman yang Anda miliki sejauh ini. Bukan pengalaman itu-itu saja, melainkan banyak pengalaman yang bisa menginspirasi atau membantu orang lain untuk melakukan hal yang sama dengan Anda.

Kalau begitu Anda bisa menjadi seorang konsultan. Wujud profesinya bisa beragam, Anda bisa menjadi pembicara dalam sebuah seminar, bekerja di perusahaan jasa konsultasi, dan lain sebagainya. Banyak cara bisa membuat Anda yang punya pengalaman dan berbekal skil komunikasi yang baik bisa memberikan Anda memasukkan. Bahkan tak menutup kemungkinan bagi Anda untuk mendirikan perusahaan jasa konsultasi.

6. Pekerjaan di Bidang Konstruksi

Bidang selanjutnya yang bisa diisi seseorang dengan usia 35 tahun keatas adalah bidang konstruksi. Jika sebelumnya Anda memang memiliki skill di bidang konstruksi, maka mengapa tidak coba saja untuk digunakan bekerja? Justru bisa saja nantinya Anda mendapatkan kenyamanan lebih di bidang ini karena dilakukan berdasarkan skill yang dimiliki.

Atau mungkin Anda tertarik untuk mendirikan sebuah firma atau CV bersama rekan Anda. Entah itu keluarga, teman semasa kuliah dulu, mantan rekan kerja, atau siapapun yang memiliki visi yang sama dengan Anda. Sebab, tak selamanya perusahaan konstruksi membutuhkan modal yang besar untuk bisa berdiri. Jika Anda kreatif, bisa saja dibutuhkan modal yang sangat kecil untuk mendapatkan pemasukkan dari sana.

7. Pekerjaan di Bidang Perkantoran

ilustrasi pekerja kantoran sebagai Pekerjaan yang Cocok Untuk Usia 35 Tahun

Pilihan pekerjaan yang cocok untuk usia 35 tahun yang selanjutnya adalah di bidang perkantoran. Dengan pengalaman kerja yang pasti sudah Anda miliki, Anda memiliki kesempatan untuk menjadi seorang supervisor. Bukan hanya itu saja, beberapa posisi di dalam sebuah perkantoran membutuhkan sosok-sosok yang sudah berpengalaman atau senior sehingga bisa diisi orang-orang dengan usia 35 tahun ke atas.

Apa yang harus Anda lakukan adalah dengan rajin-rajin mencari lowongan ini. Malahan, di sana akan ada pengalaman baru yang bisa didapat sehingga mungkin memberikan Anda inspirasi.

Apakah salah satu pekerjaan yang cocok untuk usia 35 tahun di atas ada yang menginspirasi Anda? Atau mungkin Anda tertarik untuk membuka bisnis di salah satu bidang di atas? Apapun pilihan Anda tetap oke-oke saja karena semua yang telah disebutkan di atas bisa jadi jalan menuju kesuksesan.

Perlu dipahami juga bahwa kesuksesan tak melulu soal menjadi kaya raya dengan uang yang tak terbatas. Kesuksesan bisa jadi soal berhasilnya Anda mendirikan bisnis, memiliki penghasilan yang lebih banyak daripada sebelumnya, dan bisa saja berwujud kenyamanan dalam melakukan pekerjaan yang sebelumnya tak pernah Anda rasakan.

2 komentar untuk “7 Pekerjaan yang Cocok Untuk Usia 35 Tahun, Apa Saja?”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.