10 Cara Menjaga Semangat Kerja Agar Tetap Membara

menjaga semangat kerja

Merasa bosan dengan pekerjaan adalah sesuatu yang lumrah dialami oleh siapa saja. Apalagi jika Anda sudah bekerja selama bertahun-tahun di bidang yang sama. Ada kalanya Anda tidak bisa menjaga semangat kerja hingga produktivitas menurun. Tentu saja hal ini tidak bisa dibiarkan berlarut-larut.

Ketika Anda merasa tidak memiliki semangat kerja, lakukan cara-cara jitu untuk kembali menghidupkannya. Baik itu dengan mengambil cuti sejenak, mengubah meja kerja, dan lain sebagainya. Namun jangan cepat menyimpulkan bahwa kebosanan tersebut adalah tanda Anda harus berganti pekerjaan.

Baca juga: Inspiratif, 10 Kata-Kata Motivasi Kerja Karyawan Ini Wajib Dibaca

Berikut ini adalah cara-cara menjaga semangat kerja agar tetap membara dan mengembalikan performa Anda ke level tertinggi.

1. Ubah tatanan meja kerja

Duduk di tempat yang sama setiap hari dan melihat pemandangan yang sama jelas akan membuat Anda lebih cepat bosa. Itulah mengapa Anda perlu mengubah tatanan meja kerja dan membuatnya terlihat lebih cerah. Caranya adalah dengan menempatkan benda-benda kesukaan Anda di sana.

Setiap kali melihat benda tersebut, pastikan Anda tersenyum dan kembali bersemangat. Dua benda yang paling populer untuk diletakkan di meja kerja adalah tanaman kecil dan foro orang-orang tersayang.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga meja kerja tetap rapi. Meja Anda adalah cerminan dari pikiran Anda. Jadi saat meja berantakan, bisa dipastikan Anda akan sulit berkonsentrasi.

2. Berjalan berkeliling

Menurunnya semangat kerja biasanya diakibatkan oleh rasa bosan. Orang-orang yang menghabiskan waktu bekerja dengan duduk di belakang meja adalah mereka yang paling rentan dengan kebosanan.

menjaga semangat kerja dengan jalan berkeliling

Untungnya, ada satu cara jitu untuk mengatasi hal ini. Yaitu dengan berjalan di sekeliling kantor. Lemaskan sendi dan otot yang sudah lelah duduk dan menghadap layar. Berjalanlah di sekeliling ruangan untuk mencari pemandangan baru.

Jika Anda tidak punya waktu, cukup lakukan peregangan di meja Anda. Baru setelah itu Anda bisa memanfaatkan waktu makan siang untuk sedikit berjalan-jalan.

3. Tinggalkan semua pekerjaan di kantor

Seimbangkan hidup Anda dengan pekerjaan. Berapa pun banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan, selesaikan semuanya di kantor. Jangan pernah membawa pekerjaan di rumah, sekalipun Anda belum menikah.

Pulang ke rumah adalah waktu yang harus digunakan untuk istirahat dan melepaskan diri dari semua hiruk pikuk pekerjaan. Jika memang harus lembur, sebaiknya Anda lembur di kantor bukannya di rumah. Membawa pekerjaan ke rumah sama dengan membawa beban kerja pulang bersama Anda.

Gunakan waktu di rumah untuk bersenang-senang dan memanjakan diri, sehingga Anda siap untuk kembali memulai hari esok.

4. Ngobrol dengan teman sekantor

Anda memang tidak harus berteman dengan rekan kerja Anda, namun berinteraksi dengan mereka adalah cara menjaga semangat kerja agar tetap hidup. Meski awalnya Anda secara pribadi kurang cocok dengan mereka, semakin sering Anda berinteraksi maka Anda akan merasa senang bekerja dengan rekan-rekan Anda.

ngobrol dengan teman kerja

Lagipula, rekan kerja Anda pastilah tahu dan memahami beban kerja seperti apa yang Anda alami. Apalagi jika mereka berasal dari divisi yang sama. Dengan saling berbagi seperti ini, suasana hati Anda akan semakin membaik dan Anda tidak merasa sendirian.

5. Fokus pada tujuan akhir

Mencapai sebuah tujuan dalam pekerjaan adalah proses yang panjang dan membutuhkan banyak waktu. Untuk menjaga agar semangat kerja Anda terus membara, buatlah langkah-langkah kecil untuk mencapai tujuan tersebut.

Pecah tujuan besar tersebut menjadi beberapa tujuan yang lebih kecil, sehingga setiap hal yang Anda lakukan membawa Anda lebih dekat pada tujuan yang besar. Dengan demikian, Anda akan terus termotivasi dan bersemangat dalam pekerjaan.

Karena setelah Anda selesai dengan satu pekerjaan, pekerjaan yang lain sudah menunggu. Fokuslah pada tujuan akhir Anda, ingatkan diri Anda tentang tujuan tersebut setiap kali rasa malas datang menghampiri.

6. Miliki keingintahuan yang besar

Salah satu kesalahan orang dewasa adalah berhenti mencari tahu karena mereka merasa sudah tahu banyak hal. Padahal saat kita berhenti untuk ingin tahu, saat itu juga kita menutup pintu terhadap pengetahuan yang baru.

miliki keingintahuan yang besar

Anggaplah diri Anda seperti anak kecil yang selalu ingin tahu semua hal, sehingga Anda akan menemukan banyak hal baru yang mungkin belum pernah Anda tahu sebelumnya. Mulailah dari hal yang sederhana seperti meminta tugas baru pada bos Anda. Tunjukkan bahwa Anda punya keinginan yang besar belajar.

Saat dihadapkan pada tugas baru, Anda akan lebih banyak belajar dan akan muncul rasa penasaran untuk segera menguasai hal tersebut. Dengan demikian, Anda tidak punya waktu untuk merasa bosan dengan pekerjaan.

7. Lihat dari sudut pandang yang lain

Terjebak dalam rutinitas yang sama setiap hari akan membuat Anda bosan dengan pekerjaan. Cara menjaga semangat kerja tetap ada adalah dengan mengubah sudut pandang Anda sendiri. Misalnya, daripada mengatakan “Kerjaan apa lagi menunggu yang saya di kantor hari ini?” tapi coba katakan “Hari ini, akan saya selesaikan semua pekerjaan saya.”

Katakanlah hal-hal positif pada diri Anda sendiri, sehingga Anda akan tersugesti bahwa pekerjaan Anda adalah sesuatu yang menyenangkan. Jika Anda sudah menganggap pekerjaan sebagai beban, maka akan sulit bagi Anda untuk menjaga semangat.

8. Berlomba dengan rekan kerja

Buatlah pekerjaan menjadi sesuatu yang menyenangkan ibarat perlombaan. Anda bisa mengadakan taruhan kecil-kecilan dengan rekan kerja. Misalnya, adu cepat menyelesaikan pekerjaan. Siapa yang kalah harus membayar makan siang.

berkompetisi dengan rekan kerja

Hal-hal kecil seperti ini akan meningkatkan semangat di tempat kerja. Prospek makan siang gratis pasti disukai banyak orang, termasuk Anda. Dengan demikian Anda akan lebih fokus dengan pekerjaan supaya tidak menambah pengeluaran dengan membayar makan siang dobel untuk teman Anda.

9. Jangan lupa tersenyum

Senyum ibarat virus positif yang bisa meningkatkan suasana hati Anda dan orang-orang di sekitar Anda. Bahkan ketika beban pekerjaan yang harus diselesaikan sangat banyak, tetaplah tersenyum. Senyum memberikan energi pada diri Anda dan membantu Anda bertahan dengan tumpukan tugas.

Banyak tersenyum bukan berarti Anda tidak bisa bekerja dengan serius. Tapi Anda sedang memantrai diri sendiri agar tidak terjebak dalam kubangan tekanan kerja yang berbahaya.

10. Ambil cuti sejenak

Saat semangat kerja Anda benar-benar anjlok, mungkin Anda butuh sedikit liburan. Ambillah cuti singkat untuk menyegarkan pikiran. Bertemu dengan orang tua di kampung halaman, pergi ke tempat-tempat impian, atau sekedar bermalas-malasan.

liburan sejenak

Munculkan rasa rindu pada pekerjaan agar Anda bisa menemukan kembali semangat Anda. Itulah beberapa cara menjaga semangat kerja agar tetap membara. Meski pekerjaan Anda membosankan, itu adalah sesuatu yang patut untuk disyukuri. Apalagi kalau pekerjaan Anda adalah impian bagi banyak orang. Daripada banyak mengeluh, lebih baik perbanyak bersyukur mulai dari sekarang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.