11 Cara Ampuh Meningkatkan Produktivitas Kerja

Meningkatkan produktivitas kerja adalah hal yang bisa diterapkan oleh siapa saja, namun membutuhkan kesabaran dan ketekunan dalam prosesnya.

Entah disadari atau tidak, waktu manusia di dunia ini sangat terbatas. Misalnya dalam sehari saja kita hanya punya waktu 24 jam, sepertiga waktu tersebut kita gunakan untuk tidur dan sepertiga lainnya untuk bekerja.

Karena itulah menjadi produktif adalah cara tepat untuk menjalani hidup dengan maksimal. Artikel ini akan membahas bagaimana cara meningkatkan produktivitas kerja untuk mencapai hasil maksimal.

Pekerjaan di kantor yang sangat banyak dan melelahkan bisa menurunkan produktivitas Anda. Akibatnya rasa malas akan menghampiri dan performa kerja bisa menurun.

Inilah beberapa tips meningkatkan produktivitas kerja di kantor.

1. Catat waktu yang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan

Agar bisa memaksimalkan waktu secara efisien, Anda harus tahu berapa lama Anda menyelesaikan sebuah tugas. Jangan sampai untuk satu pekerjaan sederhana saja Anda menghabiskan waktu lebih karena kurang fokus dan tidak bersemangat.

Dengan melakukan pencatatan waktu, Anda bisa memahami pola bekerja Anda, yaitu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan tertentu. Sehingga jika Anda sedang banyak pekerjaan, Anda tahu mana yang harus didahulukan dan mana yang akan memakan waktu lama untuk mengerjakannya.

2. Buat deadline untuk diri sendiri

Banyak orang menganggap tekanan dalam pekerjaan adalah sesuatu yang destruktif dan harus dihindari. Padahal jika dihadapi dengan bijaksana, tekanan tersebut bisa membantu Anda lebih cepat berkembang.

ilustrasi dealine

Itulah mengapa Anda harus membuat deadline bagi diri Anda sendiri, meski atasan memberikan kelonggaran. Bekerja sesuai deadline akan membantu Anda lebih cepat mencapai tujuan, fokus pada apa yang dikerjakan, dan menjadi lebih produktif lagi.

3. Pecah tugas menjadi beberapa bagian kecil

Produktivitas kerja bisa menurun saat Anda dihadapkan pada sebuah tugas berat. Otak akan mengirimkan sinyal pada tubuh tentang betapa berat pekerjaan tersebut, yang memicu munculnya kemalasan. Ada satu trik jitu untuk menghindari hal ini.

Untuk tugas yang dianggap besar dan berat, bagilah menjadi beberapa tugas kecil. Jangan lupa juga untuk mengerjakannya lebih awal dan mencicil sedikit demi sedikit. Misalnya jika Anda diminta membuat laporan perusahaan, kerjakan per bab saja agar lebih mudah dan tidak terasa membebani.

4. Bekerja dengan interval

Hal yang tidak kalah penting dalam meningkatkan produktivitas memberi istirahat pada tubuh secara rutin. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Florida State University menemukan bahwa orang-orang yang bekerja dengan interval 90 menit jauh lebih produktif dibandingkan mereka yang bekerja dengan interval lebih lama.

ilustrasi interval kerja

Fokuslah dengan pekerjaan selama 90 menit, lalu berhentilah setelah interval waktu habis. Selama berhenti Anda bisa membangun kembali konsentrasi dan memperbaiki suasana hati dengan menyeduh secangkir kopi atau teh. Misalnya Anda menetapkan waktu istirahat adalah selama 10 menit, dan setelah waktu itu habis kembalilah bekerja dan fokus selama 90 menit.

5. Tingkatkan produktivitas dari mengerjakan yang paling mudah

Sebelum mulai bekerja, teliti kembali semua tugas yang harus Anda selesaikan di hari itu. Kemudian mulailah dengan mengerjakan tugas yang paling mudah dan dapat diselesaikan hanya dalam waktu beberapa menit saja. Dengan demikian, Anda akan lebih produktif karena sudah menyelesaikan sebagian tugas yang mudah.

Setelah itu barulah Anda kerjakan tugas yang paling sulit. Ketika Anda mendahulukan pekerjaan yang berat atau sulit, tenaga dan pikiran Anda akan sangat lelah setelah menyelesaikannya dan membuat tugas yang lebih ringan tidak terselesaikan.

6. Manfaatkan waktu berkendara

Jika Anda pergi ke kantor dengan kendaraan umum, maka Anda akan punya sedikit waktu di perjalanan untuk mulai menyusun pekerjaan. Misalnya, manfaatkan waktu untuk mencatat semua daftar pekerjaan yang harus dilakukan hari ini, mengecek dan membalas semua surel, atau membaca buku yang bermanfaat.

meningkatkan produktivitas kerja

Kebiasaan-kebiasaan kecil ini akan sangat berguna dalam meningkatkan produktivitas kerja, sehingga saat Anda tiba di kantor Anda sudah siap berhadapan dengan tugas-tugas di hari itu.

7. Hentikan kebiasaan multitasking

Untuk Anda yang masih berpikir bahwa multitasking dapat menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dan menghemat waktu, kini saatnya mengubah pandangan tersebut. Multitasking hanya akan menganggu konsentrasi Anda.

Menurut ahli psikologi, mengerjakan beberapa hal dalam satu waktu hanya akan membuang banyak waktu dan menurunkan produktivitas. Jadi sebaiknya kerjakan satu tugas sampai benar-benar selesai, setelah itu baru berlanjut ke tugas yang lainnya.

8. Rutin berolahraga, kerja makin produktif

Dengan fisik yang sehat, maka bekerja pun menjadi semakin menyenangkan. Sesibuk apapun Anda di kantor, luangkan waktu untuk berolahraga meski hanya sekali dalam seminggu. Olahraga dapat melepaskan banyak hormon positif dalam tubuh yang berdampak pada meningkatnya produktivitas.

meningkatkan produktivitas kerja dengan berolahraga

Anda menjadi semakin mudah berkonsentrasi dan tidak mudah lelah saat di kantor. Jika Anda tidak punya waktu untuk pergi ke pusat kebugaran, berjalan kaki ke kantor atau sekedar berkeliling gedung akan sangat membantu.

9. Hilangkan sikap perfeksionis

Setiap orang pasti ingin pekerjaan mereka sempurna. Itulah mengapa saat mengerjakan sesuatu, seseorang cenderung berorientasi pada kesempurnaan tersebut dan lupa memberikan usaha terbaiknya. Padahal, apapun yang ingin dibuat sempurna malah akan berakhir dengan tidak sempurna sama sekali.

Daripada ingin mengerjakan sesuatu dengan sempurna, sebaiknya berikan usaha terbaik pada setiap pekerjaan. Berusahalah untuk tidak mengejar kesempurnaan.

Yang terpenting adalah mampu menyelesaikan tugas tepat waktu. Jika memang ada sesuatu yang kurang, Anda bisa memperbaikinya nanti.

10. Setel mode senyap

Apabila Anda ingin fokus dalam pekerjaan, minimalisir hal-hal yang bisa mengalihkan perhatian, terutama ponsel. Setel ponsel Anda dalam mode senyap sehingga tidak ada suara pemberitahuan yang akan membuyarkan konsentrasi Anda dan membuat Anda tergoda untuk mengeceknya.

silent mode

Sebaiknya sisihkan waktu tersendiri untuk melihat semua pemberitahuan yang masuk. Baik itu membalas pesan, membalas surel, atau bermain sosial media. Berusahalah untuk menyelesaikan semua tugas tanpa ada gangguan sama sekali.

11. Penataan meja kerja yang baik

Mungkin ini terdengar tidak ada hubungannya dengan produktivitas kerja. Namun menurut beberapa penelitian, pemandangan yang baik di sekitar meja kerja bisa meningkatkan semangat dan produktivitas kerja.

Tempatkan tanaman kecil, foto keluarga, atau benda-benda kesayangan di sekeliling meja kerja Anda. Ketika Anda merasa lelah dan melihat benda-benda itu, semangat Anda pasti akan kembali.

Tapi jangan sampai terlalu banyak menempatkan ornamen hingga justru membuat Anda susah berkonsentrasi pada pekerjaan ya.

Itulah cara meningkatkan produktivitas kerja yang bisa diterapkan dengan mudah. Menjadi produktif adalah keharusan bagi setiap pekerja, terutama mereka yang ingin meraih kesuksesan.

Jangan suka menunda-nunda pekerjaan karena itu hanya akan membuat Anda semakin malas saja bekerja. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan selamat bekerja!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.