Menghilangkan Ngantuk Saat Bekerja: Cara Tetap Produktif Sepanjang Hari

menghilangkan ngantuk saat bekerja

Menghilangkan ngantuk saat bekerja. Kantuk di tempat kerja adalah masalah besar bagi sebagian besar karyawan. Mereka sering pulang dalam keadaan lelah dan lelah setelah seharian bekerja keras.

Meskipun mereka mungkin berpikir bahwa mereka hanya menjadi produktif, sebenarnya ada banyak pemborosan yang terjadi di perusahaan. Pada artikel berikut, kami akan menunjukkan cara menghilangkan kantuk di tempat kerja dan tetap produktif sepanjang hari.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Sifat Keras Kepala

Mengapa Kita Lelah?

Saat kita tidur, tubuh kita memproduksi zat kimia yang disebut hormon. Hormon-hormon ini memberi tahu kita apakah kita harus bangun atau tidur.

Saat kita terjaga, tubuh kita memproduksi adrenalin dan kortisol. Ini membuat kita tetap waspada dan siap melawan bahaya apa pun.

Kortisol juga membuat kita lapar dan menyebabkan kita mendambakan gula. Adrenalin meningkatkan detak jantung dan tekanan darah. Kombinasi kedua hormon ini membuat kita merasa berenergi.

Saat kita tertidur atau merasa lelah, tubuh kita melepaskan melatonin. Melatonin memberitahu otak kita kapan waktunya untuk istirahat. Tubuh kita berhenti memproduksi adrenalin dan kortisol. Sebaliknya, tubuh kita mulai rileks. Karena itu, kita merasa mengantuk.

Bagaimana cara menghilangkan ngantuk saat bekerja?

Meskipun tidak ada yang bisa kita lakukan untuk mengatasi rasa lelah, ada beberapa cara untuk mengurangi rasa kantuk yang kita rasakan. Berikut adalah beberapa tips agar Anda merasa lebih berenergi dan tetap produktif sepanjang hari.

1. Makan pagi / Sarapan. Sarapan membantu memulai metabolisme tubuh. Metabolisme Anda mengubah makanan yang Anda makan menjadi energi yang dapat digunakan Dengan makan pagi, Anda memberi tubuh Anda sesuatu untuk digunakan sebagai bahan bakar alih-alih menyimpannya sebagai lemak.

2. Latihan. Olahraga melepaskan endorfin, yang merupakan obat penghilang rasa sakit alami. Endorfin juga membuat kita merasa senang dan rileks. Olahraga memberi otak Anda dorongan energi dan mengurangi stres.

Baca juga: Kalau Kerja Sudah Tidak Nyaman Lakukan 10 Tips Berikut

3. Minum Air. Minum air membantu mengeluarkan racun dari sistem Anda. Ini juga membantu mencegah dehidrasi. Dehidrasi menyebabkan kelelahan dan kantuk.

4. Hindari kafein dan stimulan lainnya. Mereka dapat membuat Anda tetap terjaga, tetapi mereka tidak dapat menghilangkan kantuk.

5. Dapatkan jadwal tidur siang selama hari kerja Anda. Meski hanya 10 menit, produktivitas Anda akan meningkat dengan beristirahat di tengah hari.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.