8 Manfaat Tata Ruang Kantor yang Akan Membuat Anda Merasa Nyaman

manfaat tata ruang kantor

Tahukah Anda bahwa mengetahui manfaat tata ruang kantor sangat penting dan mendukung kinerja Anda. Bagaimana tidak? Tempat kerja yang membosankan akan membuat Anda kehilangan semangat untuk menyelesaikan semua tugas dengan baik.

Tujuan dari penataan ruang kantor sendiri adalah agar proses alur pekerjaan lebih tertata dan efektif. Karena ketika tata ruang kerja kurang bagus dan rapi akan membuat pekerjaan menjadi kacau. Untuk tata ruang sendiri memiliki berbagai jenis yang perlu Anda ketahui. Diantaranya adalah bersekat, terbuka, berpanorama atau berhias, serta gabungan.

Masing-masing jenis cukup bagus untuk Anda coba aplikasikan pada tempat kerja Anda. Asalkan penataannya yang rapi dan masih bagus dipandang. Lalu, apa saja sih manfaat dari penataan ruang kerja?

Manfaat Tata Ruang Kantor yang Rapi dan Indah

Sebelum mengetahui manfaat, tak ada salahnya untuk mengetahui azas dari penataan ruang kerja. Salah satunya adalah rangkaian kerja, jarak terpendek, perubahan susunan tempat kerja, dan kegiatan dapat terintegrasi.

Sedangkan manfaat menurut Sukoco, tata ruang pada tempat kerja cukup banyak, salah satunya adalah memberikan kesan positif terhadap client, konsumen atau pelanggan. Hal ini akan memberikan nilai plus pada kantor Anda agar terlihat profesional dalam bekerja.

Selain yang sudah disebutkan oleh Sukoco, berikut beberapa manfaat lain dari penataan ruang kantor.

1. Setiap Sudut Ruangan Bisa Digunakan Secara Optimal

ilustrasi ruang kerja yang teratur sebagai manfaat tata ruang kantor

Ketika Anda melakukan penataan ruangan, maka sudah bisa dipastikan bahwa tidak ada pemborosan ruang hingga sudut kantor sekalipun. Seringkali orang merasa tempat kerjanya sempit karena melihat ruangan kantor sudah penuh. Padahal, kantor tersebut tidak ditata sehingga banyak tempat atau sudut yang dibiarkan kosong.

Jadi, sebenarnya luas atau sempitnya ruangan kantor tidak akan berpengaruh jika Anda bisa menata ruang kantor dengan baik. Menghindari pemborosan tempat kerjalah yang menjadi manfaat dari penataan ruang kerja sehingga hal ini menjadi penting.

Baca juga: 10 Strategi Beradaptasi di Tempat Kerja Baru

2. Menciptakan Tempat Kerja yang Nyaman

Apabila tempat kerja tertata secara rapi dan terpeta akan menimbulkan kenyamanan dalam bekerja. Nyaman ini adalah hal yang sangat penting agar Anda bisa bekerja tanpa mengalami kendala apapun mulai dari yang kecil hingga besar.

Selain itu, hal yang tak kalah pentingnya ketika ada orang dari luar ingin berkunjung ke kantor Anda. Pastikan orang atau tamu tersebut merasa nyaman ketika berada di kantor Anda.

Jadi, membicarakan soal kenyamanan ini tidak hanya untuk Anda atau pegawai saja. Melainkan juga orang luar seperti client atau konsumen sehingga Anda bisa berinteraksi dengan baik.

3. Meningkatkan Produktivitas Pegawai

Produktivitas pegawai akan meningkat ketika memiliki tata ruang kantor yang bagus dan nyaman. Berbanding terbalik jika Anda membiarkan posisi kantor termasuk barangnya tidak diatur dengan sebaik-baiknya.

Anda akan merasa terganggu dan tidak bisa melakukan banyak hal dengan bebas ketika sedang melakukan proses produksi. Dengan begitu, sebaiknya Anda harus memikirkan penataan pada kantor.

4. Mengantisipasi Pengembangan Organisasi

ilustrasi pengembangan organisasi sebagai salah satu manfaat tata ruang kantor

Semua orang tentu ingin perusahaan atau organisasinya mengalami perkembangan seiring berjalannya waktu. Untuk memperkirakan perkembangan yang akan terjadi, maka menata ruang kantor dengan sebaik-baiknya adalah solusi terbaik bagi Anda.

Jangan sampai merasa kerepotan ketika suatu saat perusahaan berkembang, namun Anda tidak memiliki ruang yang sudah tertata. Karena memang ketika perkembangan bisa terjadi tentu ada beberapa tempat lagi yang dibutuhkan.

Misalnya ada satu ruangan tambahan yang nanti akan dibutuhkan untuk menyimpan barang-barang tertentu. Dengan begitu, tidak menutup kemungkinan Anda bisa memperbanyak produk dengan proses yang tetap cepat.

Baca juga: Pengertian Jabatan Struktural PNS dan 9 Contoh Posisinya

5. Bisa Bekerja dengan Efektif

Bekerja dengan efektif merupakan impian semua pegawai dalam tempat kerjanya. Efektif yang dimaksudkan disini adalah dekat dengan bahan dan benda yang dibutuhkan. Selain itu, ruangan yang tertata akan membuat proses pekerjaan Anda menjadi lebih cepat dan lebih mudah sehingga sangat ringan untuk melakukan aktivitas pekerjaan setiap harinya.

Tentu dalam bekerja tidak ada orang yang ingin bekerja secara efektif dan anti ribet. Salah satu penyebab lain adalah takut ada masalah atau kesalahan yang terjadi nantinya. Karena, dalam kantor tentu tidak hanya satu atau dua orang saja yang kerja.

6. Meningkatkan Kedisiplinan Para Pekerja

Ketika tata ruang kerja sudah tertata dengan baik , secara otomatis para pekerja tidak akan menyelesaikan pekerjaannya sembarangan. Hal ini tentu akan mempengaruhi hasil kerja dimana semakin disiplin pegawai dalam bekerja maka hasilnya akan semakin memuaskan. Namun, jika para pegawai tidak bekerja dengan disiplin maka akibatnya adalah hasil kerja seringkali mengecewakan.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk menata ruang kerja agar terlihat bagus dan membuat para pegawai semangat dalam bekerja. Ketika sudah sangat, maka tidak ada alasan telat deadline untuk menyelesaikan pekerjaan.

7. Alur Kerja Lebih Jelas

ilustrasi arah kerja sebagai manfaat tata ruang kantor

Maksud dari alur kerja disini adalah urutan dalam menyelesaikan pekerjaan sudah jelas. Karena, dalam menyelesaikan suatu pekerjaan tentu ada tahapan-tahapan yang harus dilakukan untuk mengikuti prosedur. Nah, ketika Anda menata ruang kantor yang sesuai dengan alur kerjanya maka tidak akan ada tahapan yang terlewat nantinya.

Inilah manfaat terbesar yang bisa Anda rasakan ketika mau menata ruang kerja dengan baik dan sesuai dengan alur kerja. Dengan demikian, tahapan demi tahapan dalam menyelesaikan pekerjaan bisa tuntas dengan cepat.

Baca juga: Syarat Naik Pangkat PNS: Lakukan 3 Hal Ini Agar Mudah Promosi

8. Mencegah Gangguan Dari Luar

Mungkin belum banyak orang menyadari bahwa sebagian kebisingan dan gangguan yang dirasakan hingga kantor asalnya dari luar. Namun, sebenarnya Anda bisa mengatasinya dengan baik melalui bantuan dari tata ruang yang baik dan tepat. Hal ini menjadi penting karena gangguan-gangguan yang berasal dari luar akan mengganggu kinerja para pegawai.

Nah, tentu Anda tidak ingin proses produksi atau proses pengerjaan para pegawai terganggu hanya karena adanya gangguan. Apalagi jika gangguan yang berasal dari luar dimana cukup membuat konsentrasi seketika berantakan dan membatasi prose berpikir setiap orang yang ada di kantor tersebut.

Setelah Anda mengetahui dan memahami apa saja manfaat tata ruang kantor, maka ada beberapa hal yang harus diketahui. Meskipun hanya sedikit dari banyak hal yang berkaitan dengan penataan ruang kantor. Hal penting yang juga harus Anda ketahui adalah prinsip dari penataan ruang.

Misalnya seperti mendekatkan alat kantor dengan pegawai agar bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik tanpa membuang-buang waktu. Karena, ketika peralatan kantor posisinya jauh dengan tempat kerja pegawai maka akan mengakibatkan pemborosan waktu alias kurang efektif.

Maka dari itu, agar pekerjaan bisa diselesaikan dengan mudah dan proses produksi tidak terganggu Anda harus bisa menentukan bentuk kantor yang tertata. Dengan begitu, semua proses pekerjaan dapat terselesaikan dan jika ada masalah akan mudah menemukan akar permasalahannya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.