Kerja Part Time Adalah Sarana Terbaik Untuk Mendapat Uang Tambahan

kerja part time adalah

Kerja part time adalah salah satu alternatif menarik bagi yang ingin mendapatkan uang tambahan.

Tidak heran jika mendapatkan peluang bekerja secara parti time sering kali menjadi impian banyak orang.

Setiap kali perusahaan membuka lowongan kerja part time, umumnya ada banyak yang menginginkan posisi tersebut.

Terutama bagi mereka yang memiliki banyak waktu luang atau sedang mencari kerja sambil menjalankan perkuliahan.

Seperti apa kelebihan serta kekurangan melakukan pekerjaan part time, semuanya akan dibahas pada informasi berikut ini.

Termasuk apa saja jenis pekerjaan yang cocok dalam hal ini serta bagaimana tips untuk mendapatkan maupun mengelola pelaksanaan pekerjaan tersebut.

A. Kelebihan Kerja Parti Time Adalah Sebagai Berikut

Secara umum memutuskan untuk mencari pekerjaan part time dapat memberikan banyak kelebihan.

Bagi yang memutuskan untuk mengambil pekerjaan paruh waktu tersebut, berikut ini beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari pekerjaan part time.

  • Umumnya pekerjaan part time tidak mengutamakan pengalaman kerja, sehingga pekerja pemula memiliki kesempatan untuk menduduki posisi ini.
  • Kerja paruh waktu memiliki dunia kerja yang berbeda, umumnya tidak akan membatasi dalam hal waktu. Sehingga pekerja paruh waktu dapat mengatur waktu kerja sesuka hati sesuai kesediaannya setiap hari.
  • Melakukan kerja parti time bisa membantu memberikan uang tambahan. Hal ini sangat cocok untuk mahasiswa perkuliahan untuk sedikit meringankan beban orang tua dalam hal biaya.
  • Umumnya memilih kerja paruh waktu pada beberapa tempat sekaligus dapat memberikan pendapatan yang lebih baik dibandingkan bekerja full time.

Baca juga: 9 Cara Mengelola Gaji 2 Juta Agar Kebutuhan Terpenuhi

B. Kekurangan Kerja Part Time Adalah Sebagai Berikut

Selain dapat memberikan banyak kelebihan, mengambil posisi sebagai pekerja part time juga dapat mengalami beberapa hal yang tidak menyenangkan.

Maka dari itu sebaiknya jangan hanya melihat kelebihannya saja, tetapi juga siap mengambil resiko terhadap kekurangannya.

Beberapa kekurangan dalam memutuskan untuk kerja paruh waktu yaitu sebagai berikut.

  • Sulit untuk mengatur waktu jika memiliki banyak pekerjaan sekaligus. Hal ini umum dialami para pekerja paruh waktu yang memiliki banyak pekerjaan sehingga pada akhirnya kesulitan mengelola waktu kerja.
  • Pekerjaan paruh waktu juga bisa saja memberikan hasil yang lebih minim dan tidak menentu. Sehingga perlu melakukan pengelolaan keuangan yang tepat supaya pendapatan yang diterima selalu mencukupi.
  • Memilih pekerjaan paruh waktu harus siap menyelesaikan pekerjaan kapan saja. Baik itu di hari kerja atau bahkan di akhir pekan.
  • Pekerjaan paruh waktu bisa saja tidak memiliki jenjang karir, maka dari itu kurang sesuai untuk pekerja yang lebih menyukai memiliki posisi.

C. Contoh Pekerjaan Yang Cocok Untuk Paruh Waktu

Saat ini tidak banyak jenis pekerjaan yang dapat menjadi pilihan untuk bekerja secara part time.

Di Indonesia mayoritas perusahaan menginginkan tenaga kerja untuk melakukan pekerjaan secara full time.

Sehingga bagi yang ingin mendapatkan pekerjaan dengan opsi kerja freelance tersebut harus jeli dalam memilih.

Adapun beberapa opsi pekerjaan part time yang cukup umum meliputi beberapa poin di bawah ini.

  • Admin social media, ada banyak sekali akun social media profesional yang membutuhkan jasa administrator.  Umumnya posisi tersebut untuk mengelola dan melakukan posting konten hingga membalas komentar dan pertanyaan konsumen.
  • Penulis paruh waktu, posisi ini juga merupakan posisi yang paling banyak memenuhi halaman lowongan pekerjaan. Ada banyak yang membutuhkan bantuan penulis paruh waktu dalam mengelola dan membuat artikel untuk website.
  • Web Desainer, pekerjaan ini juga merupakan salah satu posisi freelance yang paling favorit. Apalagi web desainer menjanjikan pendapatan yang lumayan menarik.
  • Penerjemah, posisi ini umumnya memang banyak ditawarkan untuk pekerja paruh waktu. Karena kebutuhan melakukan terjemahan tidak selalu diperlukan oleh sebuah perusahaan.

D. Tips Mengelola Pekerjaan Secara Paruh Waktu

Mengambil beberapa kerja paruh waktu memang bisa sangat menguntungkan.

Nilai dan pendapatan yang diperoleh bisa saja setara dengan mereka yang melakukan pekerjaan secara full time.

Namun demikian banyak pelaku kerja paruh waktu yang mengalami beberapa kesulitan dalam beberapa hal.

Maka dari itu bagi yang baru pertama mencoba untuk mengambil pekerjaan paruh waktu bersamaan, sebaiknya simak tips berikut ini.

  • Pilih pekerjaan freelance yang sesuai dengan keinginan dan kesukaan, sehingga dapat bertahan mengerjakan pekerjaan yang telah diambil tersebut.
  • Pekerja paruh waktu harus mampu melakukan pengelolaan keuangan yang baik, karena pendapatan bulanan tidak selalu menentu. Sehingga dengan mengelola keuangan yang optimal tetap dapat memperoleh hasil kerja yang optimal pula.
  • Pastikan untuk memiliki manajemen waktu yang baik, terutama waktu untuk bekerja dan waktu untuk istirahat. Pekerjaan paruh waktu bisa jadi membutuhkan kesiapan sewaktu-waktu, maka dari itu melakukan manajemen waktu sangat penting.
  • Utamakan kondisi kesehatan dalam menyelesaikan pekerjaan, jangan pernah memaksa tubuh bekerja berlebihan. Dengan demikian meski bekerja paruh waktu namun kondisi tubuh tetap prima dan tidak mudah jatuh sakit.

Baca juga: 11 Kerja Sampingan Online Bisa Dikerjakan Dari Rumah

Dari penjelasan di atas, kerja part time adalah opsi yang menarik bagi orang yang masih belum ingin terikat pekerjaan sepenuhnya.

Namun demikian dapat dilihat bahwa jenis pekerjaan seperti ini tidak hanya memberikan kelebihan yang menarik, tetapi juga memiliki kekurangan.

Jenis pekerjaan yang dapat memberikan alternatif part time juga tidak sebanyak pekerjaan yang menawarkan posisi full time.

Maka dari itu sebaiknya selektif dalam memilih mana jenis pekerjaan yang paling tepat.

Termasuk dalam hal ini harus dapat mengelola waktu maupun tenaga yang bisa saja harus siap sewaktu-waktu.

Dengan mengelola pekerjaan parti time secara tepat, tentu saja hasilnya dapat sebaik pekerjaan pada posisi full time.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.