12 Kegiatan Mengisi Masa Pensiun yang Produktif dan Bahagia

kegiatan mengisi masa pensiun

Menjalani masa pensiun dengan kegiatan mengisi masa pensiun yang disarankan supaya lebih produktif akan lebih baik daripada tidak melakukan apa-apa. Menjalani masa pensiun dengan pensiun bahagia tentu jadi tujuan setiap karyawan yang akan atau sudah memasuki masa ini. Beruntung sudah jika Anda menemukan bahasan ini, sebab apa yang akan datang nanti akan lebih terencana sehingga lebih produktif.

Banyak hal bisa dilakukan di masa pensiun nanti, bisa dengan cara melakukan aktivitas di desa sebagai seorang sukarelawan atau lebih berbaur dengan tetangga. Bisa dengan menjalani usaha di hati tua supaya pemasukkan tetap ada, hingga melakukan pekerjaan lain yang memang memungkinkan untuk dilakukan. Ya, perlu Anda ketahui bahwa pasti ada pekerjaan yang cocok untuk pensiunan.

Kegiatan Mengisi Masa Pensiun

Berikut ada dua belas kegiatan mengisi masa pensiun yang bisa dicoba semuanya berdasarkan apa yang diinginkan, maka yang memungkinkan, dan mana yang ada dukungannya.

1. Bergabung Dengan Organisasi Atau Komunitas

Salah satunya adalah dengan mengikuti organisasi atau komunitas. Bisa itu organisasi formal yang membutuhkan senior, atau komunitas non formal yang bisa menampung kesamaan hobi.

Baca juga: Inilah yang Anda Cari, 3 Indikator Motivasi Kerja PNS

2. Mengembangkan Bakat Menulis

Menulis apa yang telah Anda pelajar semasa hidup akan jadi ide yang bagus. atau mungkin Anda punya skill tertentu dan ingin berbagai dengan orang-orang di luar sana. Coba saja sebab ini akan menjadi hal yang sangat produktif.

3. Home Decoring

ilustrasi home decor

Menata kembali rumah akan memberikan nuansa baru meskipun status Anda telah berubah. Dengan nuansa baru, Anda yang tak pergi kerja lagi bisa semakin nyaman berada di dalam rumah.

4. Menjadikan Olahraga Sebagai Rutinitas

Kegiatan pilihan sebagai pengisi masa pensiun nomor empat adalah berolahraga. Keuntungannya adalah Anda bisa mendapatkan tubuh yang lebih fit dan prima meskipun usia semakin bertambah saja. Anda bisa melakukan olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah, melakukan olahraga tertentu, atau mengikuti gym.

5. Berwisata Kuliner

Usia memang sudah tidak muda lagi, namun bukan berarti Anda tak boleh berkulineran. Tetap pilih kegiatan ini sebagai pengisi waktu di masa pensiun, namun tetap perhatikan apa yang dikonsumsi, terutama untuk Anda yang sudah punya penyakit.

Coba semua kuliner di kota asal Anda atau di daerah lain yang selama ini belum dicoba. Malahan, bisa sekalian berlibur jika itu dilakukan bersama pasangan atau keluarga.

Baca juga: 7 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Untuk PNS

6. Mengembangkan Hobi

Hobi bisa jadi sesuatu yang tidak bisa dikembangkan selama Anda kerja. Pekerjaan yang selalu ada, tugas yang selalu menumpuk, hingga akhirnya tak punya banyak waktu untuk diri sendiri. Kali ini, aktivitas yang disarankan adalah untuk mengembangkan hobi yang sempat terbengkalai.

Bisa itu hobi memancing, hobi melakukan olahraga tertentu, membaca buku, dan hobi lainnya yang Anda punya. Pasti akan menyenangkan menghabiskan waktu untuk mengembangkan hobi ini karena Anda sendiri pasti dapat kegembiraannya.

7. Bersama Keluarga

kegiatan mengisi masa pensiun

Pilihan yang selanjutnya adalah untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Entah itu bersama pasangan, anak-anak, atau cucu. Siapapun itu, pasti akan merasa senang Anda telah meluangkan waktu bersama karena selama sebelum pensiun mungkin Anda tidak melakukannya.

Bisa dengan mengagendakan quality time bersama, berlibur bersama, dan hal lain yang waktunya dihabiskan bersama mereka. Bisa dimulai dari yang sederhana hingga yang membutuhkan intensitas tinggi. entah itu sekedar berkebun bersama pasangan, mengasuh peliharaan bersama pasangan, liburan keluarga bersama anak-anak dan cucu, serta hal lainnya yang menyenangkan.

8. Menjadi Sukarelawan

Ada pilihan untuk menjadi sukarelawan jika Anda ingin menjadikan masa pensiun kali ini adalah masa yang produktif. Menjadi seorang sukarelawan pastilah sangat produktif, meskipun bukan untuk Anda sendiri manfaatnya, di luar sana akan ada banyak orang yang terbantu dengan apa yang dilakukan ini.
Banyak cara dan banyak jalan menuju menjadi seorang sukarelawan. Apapun bidangnya, pasti ada-ada saja jalan untuk menuju kesana.

Baca juga: Pengertian Jabatan Struktural PNS dan 9 Contoh Posisinya

9. Mengagendakan Liburan

Siapa bilang di masa pensiun tidak ada opsi untuk liburan? Jika benar sejauh ini Anda tidak sempat berlibur, gunakan saja waktu pensiun ini untuk mencobanya. Atau mungkin sebelumnya Anda memang suka berlibur dan terasa kurang bila tidak berlibur lagi, kalau begitu tetap agendakan saja.

Bisa berlibur di pulau-pulau di Indonesia yang belum dikunjungi, staycation di tempat Anda tinggal karena kebahagiaan Anda sederhana, atau mungkin berlibur ke luar negeri. Kemanapun destinasinya, pasti merupakan menghabiskan waktu yang produktif.

10. Mengasuh

mengasuh sebagai bentuk kegiatan mengisi masa pensiun

Menghabiskan waktu bersama keluarga memang telah disebutkan, namun kali ini disebutkan ‘mengasuh’ sebagai pilihan lainnya. Daripada bingung mencari kesibukkan apa, cobalah untuk mengasuh cucu-cucu Anda. pasti akan menyenangkan menghabiskan waktu bersama mereka. Lebihnya, mereka akan semakin mengenal keluarga mereka, yaitu dengan kakek dan nenek mereka.

11. Mencari Pekerjaan Baru

Mungkin tidak melakukan apapun akan membuat beberapa kebutuhan tidak terpenuhi, sehingga mengharuskan Anda tetap punya pemasukkan meskipun sudah pensiun. Tidak masalah, selagi kondisi tubuh mendukung Anda tetap bisa-bisa saja kembali bekerja. Hanya saja, pekerjaan yang dipilih tidak seberat atau tidak sekompleks sebelumnya. Ada banyak pilihan pekerjaan ringan yang bisa memberikan gaji lumayan.

Kemampuan yang miliki Anda sekarang ini bisa dijadikan uang jika Anda bisa menemukan pekerjaan yang tepat. Seperti misalnya Anda punya kemampuan dalam input data atau menerjemahkan, cari saja pekerjaan freelance yang membutuhkan skill itu. Di zaman sekarang ini juga tidak sulit untuk menemukan pekerjaan remote, pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah saja.

12. Berbisnis

berbisnis sebagai kegiatan mengisi masa pensiun

Mencari pekerjaan baru dirasa kurang pas dan Anda membutuhkan solusi lain untuk bisa tetap berpenghasilan. Caranya adalah dengan berbisnis. Dengan berbagai wawasan yang telah Anda serap selama ini Anda bisa membuka sebuah bisnis. Gunakan uang pensiunan untuk berbisnis. Namun perlu diketahui bahwa ternyata berbisnis tak melulu membutuhkan modal berupa uang.

Bisnis bisa dimulai tanpa modal sekalipun, seperti misalnya dengan menjadi dropshipper. Bisa berbisnis dengan keluarga Anda, berbisnis sendiri, atau berbisnis bersama mantan rekan kerja Anda dulu. Bisa dipilih mana yang paling membuat nyaman, dan bisnis yang dipilih pun bisa apa saja asalkan Anda punya setidaknya sedikit wawasan di bidang tersebut.

Setelah mengetahui apa saja pilihan kegiatan mengisi masa pensiun, mana yang paling membuat Anda tertarik untuk melakukannya? Masing-masing pensiunan pasti punya pilihan tersendiri. Ada yang lebih cocok untuk bekerja lagi atau berbisnis supaya tetap ada pemasukan, ada pula yang lebih suka untuk mengembangkan hobi.

Memilih kegiatan sederhana seperti menata rumah bukan pilihan yang salah. Sebab mungkin saja, sejauh ini selama Anda jadi karyawan selalu tidak punya waktu untuk melakukannya. Memilih untuk rutin berolahraga jadi solusi win-win karena Anda akan mendapatkan hal produktif yang bisa menyehatkan. Apa pilihan Anda, asalkan itu merupakan salah satu kegiatan di atas, pasti Anda akan baik-baik saja.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.