Kalau Kerja Sudah Tidak Nyaman Lakukan 10 Tips Berikut

kalau kerja sudah tidak nyaman

Kalau kerja sudah tidak nyaman. Bekerja adalah aktivitas setiap orang untuk menghasilkan uang. Mengingat kebutuhan uang yang besar untuk memenuhi kebutuhan hidup yang semakin meningkat. Namun terkadang di tempat kerja, beberapa hal akan melebihi ekspektasi. Jika sebelumnya Anda merasa nyaman dan menyenangkan di tempat kerja, bekerja dalam waktu lama dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Sehingga dapat mempengaruhi perasaan berada di kantor dan penyelesaian pekerjaan yang tidak maksimal.

Beberapa orang mungkin beruntung bekerja di lingkungan kerja yang positif dengan perusahaan yang dapat mempromosikan budaya kolaborasi antara satu sama lain. Sayangnya, tidak semua orang seberuntung itu. Beberapa orang harus menghadapi lingkungan kerja yang tidak nyaman setiap hari.

Jika Anda berada pada posisi tersebut, pasti akan membuat Anda merasa bahwa pekerjaan selalu tidak nyaman dan tidak menyenangkan. Pekerjaan yang pernah menjadi passion Anda tiba-tiba menjadi mengganggu, dan Anda membencinya. Tidak ada semangat lagi untuk pergi ke kantor.

Kata-kata seperti “kerja” dan “tidak nyaman” memiliki arti yang hampir sama. Bahkan gagasan menghilangkan ketidaknyamanan di tempat kerja terasa seperti tidak melakukan apa-apa. Namun jangan takut, karena selama bisa menyesuaikan pola pikir, menciptakan lingkungan kerja yang nyaman, dan mengembangkan kebiasaan yang sudah terbukti bisa meredakan ketidaknyamanan ini, Anda pasti akan lebih bahagia. Rasa tidak nyaman di tempat kerja itu sendiri bisa jadi disebabkan oleh banyak faktor. Baik itu karena kantor, konflik antar rekan kerja, masalah gaji, dll.

Tahukah Anda, ada beberapa Tips Bila Kerja Sudah Tidak Nyaman yang bisa Anda gunakan untuk menghadapi lingkungan kerja yang tidak nyaman agar tidak terpengaruh secara negatif oleh lingkungan kerja yang tidak nyaman:

1. Berusahalah untuk selalu berpikir positif

Untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan hal-hal negatif, Anda membutuhkan kepositifan yang sama kuatnya untuk melawannya. Saat menghadapi lingkungan kerja yang tidak nyaman, cobalah untuk terus berpikir positif. Misalnya, ketika rekan kantor Anda sibuk dengan pemikiran negatif dan mengeluh tentang manajemen perusahaan yang buruk, Anda tidak boleh terlibat. Cara ini akan membantu Anda menghilangkan pikiran negatif saat bekerja dan terus berpikir jernih.

Baca juga: 13 Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Kerja Diri Sendiri

2. Jangan selalu membuat suasana kantor menjadi serius

ilustrasi tidak membuat suasana kantor jadi serius kalau kerja sudah tidak nyaman

Terkadang, mungkin ada suasana yang tidak menyenangkan di tempat kerja, bukan karena hal-hal negatif, tetapi karena Anda memiliki pendapat yang negatif. Maka dari itu, selain terus-menerus merasa stres dan banyak mengeluh, salah satu solusi nyaman yang bisa Anda coba adalah menjadi pribadi menarik yang bisa mengurangi parahnya suasana kerja. Cobalah bercanda dengan teman dekat Anda di tempat kerja untuk menghilangkan emosi negatif di pikiran Anda. Karena sekeras apapun lingkungannya, akan selalu ada beberapa hal konyol di lingkungan kerja. Sekalipun itu adalah situasi yang tidak menyenangkan yang mengarah ke sumber masalahnya, Anda masih bisa menertawakannya.

3. Catat semua pekerjaan dengan rapi dan teratur

Meskipun lingkungan kerja Anda sepenuhnya “beracun” atau penuh dengan emosi negatif, penting untuk mencatat semuanya dengan cara yang bersih dan terstruktur. Ketika atasan atau rekan kerja Anda menyerang kinerja Anda, dokumen kerja selalu dapat digunakan sebagai alat untuk membela diri. Cobalah mencatat diari harian Anda di kantor. Selain itu, cobalah untuk menyimpan email atau memo terkait pekerjaan yang dikirim oleh atasan dan kolega Anda. Selain itu, cobalah merekam percakapan dan diskusi selama rapat untuk memastikan bahwa Anda mengikuti persetujuan dan keinginan mereka.

4. Jangan terlibat dalam gosip kantor

Setiap karyawan boleh mengobrol dengan rekan kerja. Jika Anda sering melakukannya, coba batasi kebiasaan ini. Jangan biasakan terus menerus membentuk kebiasaan ini. Pasalnya, kebiasaan terlibat dalam berbagai gosip kantor justru membuat Anda lebih cenderung terjerumus ke dalam lingkungan kerja yang negatif.

5. Alihkan fokus ke pengembangan diri

Jangan berhenti karena lingkungan kerja yang tidak nyaman dan kehilangan motivasi untuk menjadi karyawan yang baik, sebaiknya alihkan perhatian Anda. Misalnya, fokus pada pengembangan dan peningkatan diri dengan mengasah keterampilan baru yang mendukung pekerjaan. Dengan cara ini, Anda dapat mempersiapkan secara tidak langsung dan lebih mempersiapkan pekerjaan baru di masa depan.

6. Beristirahatlah dari waktu ke waktu

Penting untuk mengambil istirahat dan cuti dari waktu ke waktu agar Anda dapat menghadapi lingkungan kerja yang beracun. Anda bisa beristirahat sejenak dengan istirahat di kantor atau berjalan-jalan sejenak saat makan siang. Cobalah untuk tetap sendiri sambil mendengarkan musik dan pernapasan. Saat Anda harus menghadapi lingkungan kerja yang tidak nyaman, menyisakan ruang untuk menenangkan diri dan istirahat dapat membantu Anda menenangkan diri dan mengurangi stres.

7. Ciptakan kondisi kerja yang baik

ilustrasi menciptakan kondisi kerja yang baik kalau kerja sudah tidak nyaman

Jika ruang kerja Anda teratur, tubuh Anda akan bebas stres. Pikiran Anda sama. Jika lengan Anda selalu ditekuk saat mengetik, Anda dapat mencoba mencari keyboard terpisah. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan mouse untuk mengurangi tekanan pada pergelangan tangan dan jari Anda. Anda juga perlu meletakkan barang yang sering digunakan di dekat Anda agar tidak perlu lagi mencarinya di masa mendatang. Bisa dikatakan bahwa skill bertahan di kantor ini memang kecil dan diremehkan, namun sangat membantu untuk bertahan di kantor dan membuatnya nyaman.

8. Rukun dengan rekan kerja

Mungkin Anda merasa tidak enak di tempat kerja karena merasa kesepian dan tidak ada yang berbicara sepanjang hari. Tetapi meskipun Anda tidak harus menjadi mitra terbaik, Anda harus mencoba bertemu dengan rekan kerja lainnya. Misalnya dengan mengenal mereka saat makan siang atau waktu istirahat. Ini akan memungkinkan Anda memiliki teman yang mendukung dan memahami masalah yang Anda hadapi. Melakukan tips bertahan di kantor ini memang akan membuat Anda semakin betah dalam bekerja.

9. Ubah Cara berpikir

Misalnya, jika Anda merasa tidak mampu lagi karena tidak mampu menyelesaikan pekerjaan, tentu saja, Anda akan khawatir dipecat, jika tidak, apa pun yang Anda lakukan bukanlah hal yang baik. Anda bisa mencoba menenangkan diri, menarik napas dalam-dalam, dan mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda bisa mengubah cara berpikir. Meski kerja bisa menghabiskan energi, pada akhirnya itu hanya kerja.

Baca juga: 5 Cara Menghadapi Atasan yang Tidak Menyukai Kita

10. Selalu pertahankan kesempatan kerja di tempat lain

Apa pun pekerjaan yang Anda pilih, pastikan Anda masih dapat memilih beberapa opsi lain. Pertama, cobalah mengevaluasi situasi sebenarnya. Ketidaknyamanan yang Anda rasakan adalah apakah Anda terlalu sensitif atau karena lingkungan kerja yang beracun. Jika akibatnya lingkungan kerja Anda tidak sehat dan tidak tertahankan, cobalah untuk mulai mencari pekerjaan baru untuk melepaskan diri.

Akhirnya, Anda harus menyadari bahwa karier Anda hanyalah pekerjaan yang perlu Anda lakukan untuk bertahan hidup, bukan sebaliknya. Jangan membebani pekerjaan Anda, atau merusak stabilitas psikologis Anda. Jika tidak bisa dipertahankan, hentikan pekerjaan. Namun, jika Anda masih menginginkan kesempatan dan masih dapat menyelesaikan hal-hal yang tidak menyenangkan di lingkungan kerja yang tidak nyaman, silakan coba gunakan beberapa Tips Bila Kerja Sudah Tidak Nyaman yang dapat Anda terapkan di atas untuk menghadapinya. Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.