Integritas Diri Adalah?

integritas diri adalah

Integritas diri adalah faktor pembeda saat ini, dimana kita hidup di dunia yang banyak persaingan. Tidak cukup hanya menjadi kompeten lagi. Kita harus lebih baik dari pesaing kita, dan ini hanya bisa terjadi jika kita memiliki nilai dan etika yang kuat.

Artikel ini menjelaskan bagaimana Anda dapat meningkatkan kinerja Anda dengan memahami integritas diri secara aktif dan praktis.

Pengertian Etimologi

Kata integritas berasal dari bahasa Latin integritas yang berarti “keutuhan”. Kata tersebut telah digunakan sejak abad ke-16. Ini mengacu pada “kualitas atau keadaan menjadi utuh atau lengkap”.

Integritas adalah kualitas bersikap jujur; kualitas kepercayaan. Definisi ini berasal dari bahasa Yunani kuno yang berarti “utuh” atau “tidak terputus”. Ini adalah nilai kunci dalam bisnis, hukum, dan etika karena sangat penting untuk mencegah ketidakjujuran dan penipuan.

Self Integrity adalah nilai yang menentukan cara Anda menjalani hidup. Ini tentang menjadi jujur pada diri sendiri dan nilai-nilai Anda.

Baca juga: 13 Cara Mengembangkan Potensi Diri Untuk Berprestasi

Definisi Menurut Para Ahli

Dr. Kenneth Boa mendefinisikannya sebagai keadaan yang lengkap, utuh dan tidak terbagi. Integritas adalah kekuatan moral, kejujuran, dan keberanian moral seseorang. Misalnya, seseorang memiliki kualitas ini yang tidak berbohong lebih kuat daripada orang yang berbohong. Dia juga menunjukkan bahwa konsep adalah nilai kunci dalam masyarakat dan bagian penting dari pengembangan kepemimpinan.

Menurut Henry Cloud, integritas lebih dari sekadar “bertindak demi kepentingan terbaik Anda sendiri.”Integritas adalah prinsip atau standar perilaku moral atau etika yang memandu dan mengatur cara orang diharapkan untuk berperilaku. Integrity adalah tentang memahami nilai-nilai dan keyakinan seseorang.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) mendefinisikan integritas sebagai kualitas menjadi utuh, utuh, atau tidak terputus. Hal ini sering digambarkan sebagai keutuhan atau kelengkapan.

Stephen R. Covey mendefinisikan integritas sebagai: “memiliki kekuatan moral untuk bertindak sesuai dengan nilai-nilai seseorang, mengetahui bahwa apa yang Anda lakukan akan datang dari dalam diri Anda, apa pun konsekuensinya.” Self Integrity adalah kombinasi dari standar moral dan karakter pribadi. Ini adalah kebenaran dalam tindakan kita.

Dalam artikelnya, Jacobs mendefinisikan integritas sebagai “mematuhi aturan organisasi atau kode etik; mengikuti tindakan secara konsisten dengan apa yang telah dijanjikan atau dijanjikan.” Sebagai seorang pemimpin dan individu, menjaga integritas sangat penting untuk kesuksesan.

Ippho Santoso, seorang penulis dan penulis buku “The Lost Language of Integrity” memahami integritas sebagai keadaan di mana seseorang mengalami keutuhan. Dia percaya bahwa ketika seseorang mengalami keutuhan, tidak ada kontradiksi atau dualitas dalam pikiran, kata-kata atau tindakan mereka.

Butler dan Cantrell memaparkan istilah ‘integritas’ dapat diartikan sebagai reputasi seseorang yang jujur, amanah, dan berakhlak mulia. Dalam konteks organisasi, orang-orang yang dipandang memiliki tingkat integritas yang kuat dapat dipercaya lebih dari yang lain.

Pengertian integritas menurut CS Lewis adalah “pemahaman tentang integritas” yaitu “kesediaan untuk melihat, dan menerima, kebenaran”. Dia percaya bahwa itu dapat ditemukan dalam tindakan dan kata-kata seseorang.

Plato mendefinisikan integritas sebagai rasa kesatuan dan keutuhan (atau keterhubungan) dalam pemahaman seseorang, dalam kaitannya dengan dunia di sekitarnya. Integritas adalah kualitas atau keadaan menjadi utuh, lengkap dan tidak terbagi. Itu mengikuti cita-cita atau standar etis.

Integritas menurut Bernard Williams adalah nilai yang memiliki kekuatan yang bertahan lama. Ini didefinisikan sebagai kualitas bersikap jujur dan etis, dan itu adalah sesuatu yang harus kita semua perjuangkan dalam hidup kita. Menjadi individu yang berintegritas berarti seseorang harus setia pada komitmennya dan membuat pilihan secara konsisten yang mengarah pada pembangunan reputasi yang baik.

Mengapa Integritas Itu Penting?

Integritas diri penting karena memungkinkan Anda untuk percaya diri seutuhnya dengan normal, tanpa kompensasi berlebihan atau berusaha terlalu keras.

Ini juga dapat membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik dengan mempertimbangkan perasaan dan kebutuhan Anda sendiri.

Integritas diri adalah kapasitas untuk memiliki citra diri yang baik, yang merupakan kunci untuk memiliki harga diri yang baik. Ini termasuk mampu menerima diri sendiri dan hidup Anda sebagai individu dan mampu mengambil tanggung jawab atas tindakan Anda sendiri.

Kurangnya rasa integritas bisa berakibat rendahnya rasa harga diri pada seseorang.

Orang dengan harga diri rendah sering merasa seperti mereka tidak layak kebahagiaan atau kesuksesan dalam hidup. Mereka tidak percaya bahwa mereka pantas mendapatkan kebahagiaan, kesuksesan, atau cinta karena mereka tidak berpikir bahwa mereka “cukup baik”.

Orang dengan harga diri rendah sering berusaha terlalu keras untuk menyenangkan orang lain agar merasa lebih penting.

Baca juga: Bagaimana Cara Memperbaiki Diri dari Kesalahan?

Contoh Perilaku yang mencerminkan Integritas Diri

Ada banyak jenis integritas diri yang dapat ditemukan dalam kehidupan seseorang. Berikut adalah beberapa contoh dari konsep ini dalam tindakan:

1.Tepat waktu setiap saat

Ketepatan waktu adalah kunci untuk menjadi efektif di tempat kerja. Penting untuk datang tepat waktu dan tetap sesuai jadwal, yang akan menunjukkan bahwa Anda memiliki komitmen dan konsistensi yang tinggi terhadap waktu.

2. Menyampaikan hal-hal yang diluar kemampuan kita

Integritas adalah tentang membuat pernyataan yang benar untuk diri sendiri dan juga tidak bertentangan dengan nilai-nilai seseorang. Itu sebabnya Anda harus jujur tentang apa yang Anda bisa dan tidak bisa capai di awal, dan pastikan itu selalu tetap seperti itu.

Dengan menyampaikan hal ini di awal, orang-orang di sekitar Anda akan semakin yakin bahwa kita adalah seorang yang berintegritas tinggi.

3. Anda selalu memenuhi tanggung jawab yang diberikan kepada Anda.

Orang-orang dengan integritas tinggi akan selalu berusaha memenuhi tanggung jawab yang ada pada mereka dan memberikan hasil yang maksimal. Mereka juga memahami betapa pentingnya berbagi tanggung jawab dengan orang lain.

Sangat penting bahwa Anda menyelesaikan setiap tugas dengan kemampuan terbaik Anda, tidak peduli seberapa besar atau kecil tugas tersebut.

Ciri-ciri Pribadi yang Memiliki Integritas Tinggi

– Tidak Berpura-pura. Ketika seseorang tidak mengenakan kedok dan menjalankan tugas, mereka dianggap dalam keadaan alami mereka. Penting untuk diingat ini karena mengenakan kedok dapat membuat orang salah menilai niat individu.

– Jujur. Kita semua tahu kejujuran adalah kebijakan terbaik dan penting untuk bertindak sesuai dengan apa yang kita katakan. Saat bekerja, penting bagi Anda untuk mengenal atasan Anda dan bekerja dengan mereka, sehingga mereka dapat mempercayai Anda.

– Bersikap konsisten dan transparan. Orang yang transparan adalah orang yang selalu berperilaku objektif dan konsisten. Mereka tidak takut terlihat berbeda dari orang lain dan tidak takut dikritik karenanya.

– Mudah beradaptasi demi menciptakan lingkungan kerja yang kondusif. Tempat kerja adalah tempat yang sangat menarik, tempat orang berkumpul dan berinteraksi satu sama lain. Setiap pekerjaan memiliki budayanya sendiri dan itulah mengapa ada beberapa karyawan yang berkembang di perusahaan ini sementara yang lain berjuang. Ternyata, karyawan terbaik adalah mereka yang dapat membangun hubungan dengan rekan kerja. Orang-orang dengan integritas dan kemanusiaan yang tinggi lebih peka pada situasi dan keadaan di lingkungan kerja.

– Bijaksana. Karyawan yang memiliki kualitas ini sangat penting untuk keberhasilan bisnis apa pun. Mereka membantu membuat perusahaan kuat, dan membantu melindunginya dari kesalahan manusia dan praktik tidak etis.

Baca juga: 9 Karakteristik Tipe Pemimpin Yang Baik Dan Ideal Dalam Dunia Kerja

Bagaimana Cara Meningkatkan Integritas Diri dalam Karir Anda

Membangun kedewasaan diri Anda adalah langkah pertama menuju karier yang memuaskan, memuaskan, dan bermakna.

Hal terpenting untuk diingat ketika membangun kedewasaan integritas diri Anda adalah bahwa ini bukan tentang menjadi sempurna, ini tentang menjadi cukup baik.

Selanjutnya, Anda meluangkan waktu untuk introspeksi dan menanyakan kepada diri sendiri, apakah Anda memiliki kehidupan profesional yang Anda banggakan.

Dimulai dengan memahami apa arti integritas bagi Anda sebagai individu lalu makna pada diri Anda sebagai bagian perusahaan.

Kemudian dari sana dengan menjelaskan secara sederhana dan jelas bagaimana integritas ini diterapkan pada tiap tingkatan di tempat Anda bekerja lalu akhirnya menerapkannya ke dalam kehidupan Anda atau rutinitas perusahaan.

Kesimpulan: Tingkatkan Kinerja Anda Secara Aktif dan Praktis Untuk Meraih Puncak

Kesimpulannya dari artikel ini adalah bahwa integritas diri bukan tentang menjadi sempurna tetapi tentang melakukan yang terbaik yang kita mampu sebagai manusia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.