Gen Y Adalah? Mengenal Generasi Y dan Pola Pikirnya

gen y adalah

Gen Y adalah generasi yang hebat. Mereka adalah bagian terbesar (65%) dari populasi dunia, dan juga berpendidikan tinggi. Mereka sekarang menghadapi krisis. Kurangnya kesempatan kerja dan meningkatnya tekanan untuk maju di tempat kerja telah menyebabkan generasi yang kurang bahagia daripada orang tua mereka, yang lebih percaya diri tentang masa depan dan karir mereka.

Tulisan ini akan memperkenalkan Generasi Y dan pola pikir mereka. Ini akan membahas bagaimana mereka memandang dunia dan apa yang memotivasi mereka.

Definisi Berbagai Ahli Tentang Generasi

Menurut Manheim (1952), generasi adalah konstruksi sosial di mana terdapat sekelompok orang yang memiliki usia dan pengalaman sejarah yang sama. Generasi dapat didefinisikan sebagai sekelompok orang yang memiliki pengalaman, keyakinan, dan nilai yang sama.

Ryder (1965) mendefinisikan generasi sebagai sekelompok individu yang mengalami peristiwa yang sama selama periode waktu tertentu. Kata generasi telah digunakan di masa lalu untuk menunjukkan suatu periode atau waktu.

Kupperschmidt’s (2000) memandang bahwa generasi adalah kumpulan individu yang mengidentifikasi kelompoknya berdasarkan kesamaan tahun lahir, umur, lokasi dan peristiwa dalam hidupnya.

Gen Y Adalah

Generasi Y adalah sekelompok orang yang lahir antara tahun 1980 dan 2000. Mereka adalah generasi pertama yang tumbuh dengan teknologi digital. Internet dan media sosial telah menjadi bagian dari kehidupan mereka sehari-hari.

Milenial umumnya adalah anak-anak dari generasi Baby Boomers. Mereka lebih muda, mereka lebih berpendidikan dan mereka memiliki pola pikir yang berbeda. Generasi ini tidak hanya berbeda dengan generasi sebelumnya tetapi juga memiliki pendekatan yang berbeda terhadap pekerjaan dan kehidupan.

Baca juga: 6 Cara Mengundurkan Diri dari PNS yang Wajib Dicatat

Karakteristik

  • Generasi Y lebih berpengetahuan dan ahli dalam teknologi dibandingkan generasi sebelumnya. Mereka lebih terbuka terhadap cara-cara alternatif dalam melakukan sesuatu. Akibatnya, mereka memiliki pemahaman yang lebih baik tentang teknologi dan dapat memanfaatkannya pada waktu yang tepat.
  • Generasi Y senang menjadi “dalam keluarga” lagi. Mereka tumbuh dewasa, menikah dan memulai keluarga mereka sendiri. Mereka ingin menjadi bagian dari itu semua. Mereka ingin menjadi bagian dari keluarga dan merasa bahwa keluarga adalah hal terpenting dalam hidup mereka.
  • Generasi muda yang sangat ambisius dalam tujuan hidup. Mereka memiliki banyak pengetahuan dan keterampilan, yang dapat dimanfaatkan untuk kebaikan atau kejahatan. Ini adalah saat yang tepat untuk membawa perubahan yang membantu mereka memenuhi tujuan mereka.
  • Generasi ini dikenal karena berpikiran terbuka, ekstroversi, dan yang terpenting, sangat kolaboratif. Ini membuat mereka menjadi anggota tim yang hebat yang bersedia membantu satu sama lain dengan cara apa pun yang memungkinkan.
  • Generasi Y ini dikenal ramah dan hangat, yang membuat mereka lebih mudah didekati oleh rekan-rekan mereka. Hal ini membuat Generasi Y menjadi salah satu generasi paling sukses dan ramah dalam sejarah.

Bagaimana Generasi Y Mengelola Keuangan Mereka?

Generasi Y adalah generasi orang yang dibesarkan dengan internet. Mereka tumbuh dengan gagasan bahwa semuanya tersedia secara online dan dapat dilakukan di komputer Anda. Generasi ini juga memiliki kecenderungan untuk mengeluarkan uang terlalu banyak.

Mari kita hadapi itu, semua orang di Generasi Y memiliki smartphone sekarang. Bukan hal yang aneh bagi mereka untuk memeriksa status keuangan mereka melalui platform digital yang mereka buka di ponsel mereka. Namun mereka masih belum memahami implikasi dari penganggaran dan perencanaan keuangan.

Generasi Y belum terbiasa mengatur keuangannya. Mereka tidak memiliki pemahaman tentang perencanaan dan penganggaran keuangan. Mereka juga cenderung tidak mengerti bahwa mereka seharusnya tidak menghabiskan uang untuk hal-hal seperti pakaian, makanan & minuman atau hiburan tanpa perencanaan.

Bagaimana Cara Memotivasi Generasi Y?

1. Mereka ingin dapat mengekspresikan diri secara kreatif, tanpa terkendala oleh kendala orang tua atau aturan lingkungan mereka.

Mereka ingin dapat melakukan apa yang mereka inginkan dan bukan apa yang orang lain harapkan dari mereka. Agar generasi ini berhasil dalam karir mereka, sangat penting bagi perusahaan yang menargetkan kelompok orang ini untuk memberi mereka lebih banyak peluang daripada sebelumnya.

Agar generasi ini tidak merasa menjadi beban bagi majikan mereka, perusahaan perlu menyediakan alat yang mereka butuhkan untuk mencapai tujuan mereka.

2. Gen Y ingin didengar dan mereka siap untuk berpendapat.

Mereka ingin bekerja di lingkungan kantor dengan semangat tim yang kuat, tetapi mereka juga ingin agar suara mereka didengar dan membuat perbedaan. Mereka ingin merek dan perusahaan berbicara tentang produk dan layanan mereka, jadi penting bagi pemegang kebijakan untuk mempelajari bagaimana tepatnya pemikiran Milenial sebelum mereka berbicara tentang topik apa pun.

Baca juga: 9 Manfaat Praktek Kerja Lapangan Bagi Siswa SMK

3. Jika Anda ingin memenuhi harapan para pegawai Milenial Anda, Anda membutuhkan seseorang yang mampu memberikan umpan balik positif dengan cepat.

Milenial semakin menuntut untuk diberikan umpan balik yang lebih cepat, sensitif dan personal karena berbagai komentar yang dibuat di platform media sosial telah dikaitkan dengan kinerja mereka. Ini juga membantu memberi Anda umpan balik tentang upaya dan kesuksesan mereka.

Rata-rata antara satu dan empat minggu seharusnya cukup baik bagi Anda untuk memberikan umpan balik untuk pengoptimalan dan menjadi lebih responsif.

Jangan lupa untuk berterima kasih kepada Milenial yang telah melakukan pekerjaan dengan baik untuk mengatasi masalah Anda. Anda juga dapat membuat daftar apa yang bisa mereka lakukan dengan lebih baik atau di mana mereka perlu memberi lebih banyak perhatian.

Milenial akan lebih termotivasi untuk bekerja sebagai hasil dari umpan balik yang mereka terima secara teratur, dan mereka akan lebih termotivasi untuk mengembangkan diri.

Integrasi hidup dan bekerja adalah konsep lingkungan kerja yang dicita-citakan Milenial,

Di mana mereka dapat menggabungkan pekerjaan dan bermain, bekerja dan bersantai, serta bekerja dan beristirahat pada saat yang bersamaan. Anda dapat menciptakan suasana kerja dan tempat kerja yang menyenangkan dan profesional.

Salah satu layanan paling praktis dan efisien yang dapat Anda berikan adalah sofa santai dengan ruang untuk berkumpul dengan fasilitas untuk menyiapkan kopi dan menikmati makanan.

Jika Anda memiliki anggaran yang lebih besar, Anda juga dapat memberikan ruang bagi orang-orang untuk bermain bersama, seperti konsol game, tenis meja, papan permainan, dan buku-buku inspirasional terkini untuk membantu Milenial memunculkan ide-ide baru.

Kesimpulan

Gen Y atau Milenial adalah generasi dengan karakteristik unik dengan jumlah terbanyak di dunia kerja saat ini. Pemahaman tentang sudut pandang, karakteristik dan motivasi mereka akan membantu Anda dalam mengelola sumber daya manusia dan kinerja di tempat kerja Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.