11 Komponen Deskripsi Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri

Deskripsi Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri

Pada dasarnya, setiap orang harus mengetahui deskripsi kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Sebab, melalui hal tersebut, mereka termasuk juga Anda bisa mengoptimalkan potensi yang terkandung dalam diri. Sekaligus juga mengubah kekurangan untuk diubah menjadi hal yang bersifat positif.

Namun, terkadang banyak pula yang sering abai dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hal yang demikian ini akan membuat mereka kurang memahami diri sendiri sepenuhnya, sehingga kurang dapat memaksimalkan bakat. Yang mana juga akan berpengaruh pada pekerjaan kelak.

Orang yang mengerti apa saja keunggulan yang dimiliki, cenderung akan lebih sukses dalam pekerjaan. Mengapa demikian? Karena mereka mampu memaksimalkan segala bentuk potensi yang ada. Apakah Anda termasuk di dalamnya? Yuk simak uraian dalam artikel ini agar Anda bisa mendapatkan jawabannya.

11 Hal Ini Wajib Anda Sebutkan Saat Menjelaskan Deskripsi Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri

Setiap orang pada umumnya memiliki kelebihan dan kelemahan. Karena itulah yang menjadikan manusia tidak bisa hidup sendiri. Begitu pula dalam dunia kerja. Anda pasti membutuhkan rekan kerja untuk mencapai tujuan bersama.

Terkait bidang pekerjaan, dengan mengetahui apa saja kelebihan serta kekurangan diri sendiri, maka Anda bisa melewati tes kerja dengan baik. Karenanya, akan besar kemungkinannya Anda bisa diterima. Apa saja kelebihan dan kekurangan yang menjadi sorotan saat wawancara? Berikut uraiannya:

1. Jujur

ilustrasi kejujuran sebagai salah satu komponen Deskripsi Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri

Jujur merupakan sikap yang harus dimiliki setiap orang. Apalagi jika Anda sedang melamar pekerjaan. Anda diharuskan untuk menanamkan sikap jujur. Tidak terkecuali saat menjawab pertanyaan yang diberikan dalam interview kerja.

Anda tidak boleh mengucapkan hal-hal yang bohong. Orang yang telah terbiasa jujur, maka akan merasa aneh manakala ia berbohong. Maka dari itu, Anda harus menanamkan sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan begitu, Anda akan terbiasa, sehingga kebiasaan ini akan menjadi kelebihan Anda. Yang nantinya juga bisa menjadi personal branding untuk Anda.

Baca juga: Tugas Staff Administrasi Keuangan: 10 Gambaran yang Wajib Anda Tahu

2. Percaya Diri

Yang tidak kalah pentingnya, yakni percaya diri. Setiap pemberi kerja cenderung menginginkan seorang pekerja yang percaya diri. Mereka yang memiliki percaya diri baik, maka relatif mampu menghadapi masalah dengan solusi yang tepat.

Sebab, mereka akan percaya dengan diri sendiri, termasuk juga saat mengambil keputusan. Bahkan, bukan tidak mungkin mereka akan mencintai diri sendiri. Yang mana hal ini memang harus dilakukan oleh setiap orang.

3. Mempunyai Komitmen yang Tinggi

Kemudian, komitmen juga menjadi aspek yang harus anda miliki. Komitmen menjadikan Anda mampu bertahan apapun kondisi lingkungan kerja nantinya yang akan dihadapi. Mereka yang berkomitmen tidak akan menghianati ucapannya.

Apabila telah berjanji untuk suatu hal, maka mereka tidak akan mengingkarinya. Begitu pula dengan perjanjian kerja yang telah dibuat. Orang yang berkomitmen tidak akan melanggar perjanjian tersebut. Komitmen ini berasal dari diri sendiri. Anda harus berkomitmen terhadap diri sendiri terlebih dahulu.

4. Penuh Dengan Semangat

ilustrasi semangat dalam tim

Berikutnya, jika Anda merupakan pribadi yang penuh semangat, maka hal ini bisa menjadi kelebihan. Orang yang penuh semangat cenderung selalu bersikap ceria. Karenanya, mampu menghibur orang sekitarnya.

Yang mana sikap demikian ini akan sangat mendukung lingkungan kerja agar bisa lebih kondusif. Sebab, orang yang ceria biasanya bisa memotivasi rekannya. Oleh karena itu, lingkungan kerja bisa menjadi selalu produktif.

Baca juga: 10 Cara Menjaga Semangat Kerja Agar Tetap Membara

5. Berpenampilan Rapi

Penampilan menjadi komponen yang pertama kali disorot. Maka dari itu, saat Anda ingin melamar kerja, sudah menjadi kewajiban untuk berpenampilan rapi. Dengan demikian, orang akan lebih tertarik.

Akan tetapi, sebetulnya bukan hanya penampilan yang harus diperhatikan. Melainkan juga skill serta etika. Artinya, Anda harus menguasai semua yang berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dituju.

6. Berkomunikasi Dengan Baik

Kemudian, kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik juga dapat menjadi kelebihan seseorang. Sebab, tidak semua orang mampu bertutur kata secara tepat. Apalagi jika Anda ingin bekerja pada bidang komunikasi, maka hal ini menjadi komponen yang sangat pokok.

Namun, bukan hanya di bidang komunikasi, tetapi semua pekerjaan juga harus diimbangi dengan kemampuan berkomunikasi. Jadi, Anda harus mengasahnya supaya bisa menjadi semakin terampil.

7. Kemampuan Interpersonal

ilustrasi kemampuan interpersonal sebagai bagian dari Deskripsi Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri

Selain kemampuan komunikasi, kemampuan interpersonal juga menjadi hal yang tidak bisa ditinggalkan. Yang mana kemampuan ini akan sangat mendukung Anda setelah memperoleh pekerjaan yang diinginkan.

Misalnya, Anda pandai bernegosiasi. Hal ini akan menjadi nilai lebih untuk diri Anda. Karenanya, sebaiknya Anda juga mengembangkan kemampuan interpersonal.

Baca juga: 10 Kerugian Jadi PNS yang Tidak Banyak Diketahui Orang

8. Mampu Bekerja Dalam Tim

Deskripsi kelebihan dan kekurangan diri sendiri tidak bisa terlepas dari kemampuan bekerja dalam tim. Seorang yang bisa bekerja dalam tim cenderung memiliki nilai lebih dibandingkan yang tidak. Dalam hal ini, berarti ia dapat berkolaborasi dalam grupnya guna menyelesaikan pekerjaan tim.

Berbeda dengan orang yang individual. Mereka biasanya lebih mengandalkan ego. Karenanya, Anda harus mengurangi ego dan bekerja dalam tim dengan baik.

9. Gemar Mempelajari Hal Baru

Apakah Anda termasuk orang yang gemar mempelajari hal baru? Dengan mempelajari hal baru, wawasan Anda bisa semakin luas. Karena itu, bukan tidak mungkin Anda bisa memecahkan masalah dengan solusi yang paling tepat.

Orang yang memiliki kepribadian demikian ini cenderung lebih dipilih dalam dunia kerja. Oleh karena itu, Anda harus mengoptimalkannya. Jangan pernah bosan untuk terus belajar ya. Melalui kegiatan belajar, pekerjaan bisa ditaklukkan.

10. Memiliki Passion yang Sesuai

Lalu, saat Anda melamar pekerjaan, sebaiknya pilih yang paling sesuai dengan passion yang Anda miliki. Hal ini akan membuat Anda nyaman di lingkungan kerja nantinya. Sekaligus menjadi poin plus tersendiri bagi diri Anda.

Orang yang memiliki passion yang sesuai akan lebih cepat dalam menyelesaikan pekerjaan dibandingkan yang sebaliknya. Dengan begitu, sebaiknya Anda mengenali apa yang menjadi passion dalam diri sendiri. Sebab, pada hakikatnya setiap orang mempunyai passion yang berbeda.

11. Jangan Menyalahkan Orang Lain

Salah satu kekurangan yang mungkin melekat pada banyak orang, yakni mudah menyalahkan orang lain. Padahal, dalam faktanya belum tentu orang tersebut salah. Jika Anda termasuk orang yang mempunyai sikap seperti ini, sebaiknya segera membenahinya.

Pasalnya, orang yang suka menyalahkan orang lain cenderung tidak disukai dalam dunia kerja. Sebab, dalam satu tim jika terjadi kesalahan kerja, maka harus ditanggung bersama.

Jadi, deskripsi kelebihan dan kekurangan diri sendiri sangat penting untuk diketahui. Hal ini bisa mengantarkan Anda untuk meraih kesuksesan dalam interview. Karenanya, Anda bisa meraih pekerjaan yang diinginkan.

Lain halnya manakala Anda tidak memahami apa saja yang menjadi kelebihan yang harus ditonjolkan dalam suatu ujian berupa wawancara kerja. Kondisi yang demikian ini bisa membuat Anda kebingungan untuk menjawab pertanyaan yang diberikan.

Dengan begitu, peluang Anda untuk diterima serta mendapatkan pekerjaan tersebut sangat besar. Maka dari itu, melalui penjelasan dalam artikel ini, diharapkan dapat membantu Anda untuk melewati tes kerja. Anda bisa menerapkannya untuk menjadi pekerja yang diharapkan. Termasuk juga saat Anda ingin menjadi seorang PNS yang berhubungan dengan pelayanan publik.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.