Creative Thinking Adalah? 7 Tips Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif

creative thinking adalah

Kemampuan berpikir kreatif atau creative thinking adalah dapat dilihat ketika seseorang memiliki kemampuan untuk menerapkan ide-ide orang dalam konteks tertentu, dapat melihat situasi secara berbeda,mampu menemukan masalah dan menciptakan cara baru untuk menghasilkan output yang lebih baik.

Seberapa penting berpikir kreatif bagi karyawan?

Dalam dunia kerja banyak sekali permasalahan, baik yang berkaitan dengan personel, siklus perusahaan maupun aspek lain. Terkadang satu solusi tidak membuahkan hasil. Perlu memutar otak untuk menemukan solusi terbaik.

Karyawan yang memiliki kemampuan berpikir kreatif akan lebih mudah untuk menemukan solusi yang memuaskan bagi permasalahan yang dihadapi.

Secara ekonomis, karyawan yang berpikir kreatif akan lebih bernilai. Kemampuan berpikir kreatif akan membawa dampak positif bagi perusahaan, khususnya untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja

Baca juga: Apa Itu Motivasi Kerja, Pengertian, Tujuan, Jenis, Dan Cara Meningkatkan

4 elemen creative thinking adalah

Empat elemen kunci dalam membangun keterampilan berpikir kreatif tercantum dalam DNA The Innovator, apa saja itu? 

Associating

Asosiasi secara sederhana adalah proses kita mengkaitkan fakta-fakta yang baru kita ketahui dengan fakta-fakta yang kita sudah kenal.

Dengan memperjelas fakta-fakta yang kita ketahui, mengurangi kemungkinan kita salah memahami fakta-fakta baru.

Begitu pun seterusnya. Dengan menyelidiki fakta-fakta yang kita ketahui, kita dapat mengajukan hipotesis untuk menjelaskan fakta-fakta baru.

Questioning

Kebiasaan selalu mempertanyakan segala sesuatu adalah salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas.

Saat kita mempertanyakan sesuatu, kita memaksa alam bawah sadar untuk mencari jawaban. Sehingga akan membuatmu terus belajar dan mampu memunculkan ide-ide baru.

Observing

Kemampuan untuk mengamati dan melihat peluang inovasi melekat pada mereka yang berpikir kreatif.

Experimenting

Orang kreatif tidak takut mencoba hal baru. Mereka tidak takut mengambil risiko. Mereka tidak takut gagal. Dan mereka tidak takut untuk belajar dari kegagalan mereka.

Sudah menjadi sifat dari proses kreatif bahwa kita akan bereksperimen dan gagal dan belajar dan tumbuh dan terus mencoba.

Baca juga: 9 Prospek Kerja Public Relation Yang Sangat Variatif

Mau melatih creative thinking? Inilah tipsnya

Sebenarnya kebanyakan orang tidak perlu khawatir jika belum bisa berpikir kreatif, karena kemampuan ini dapat dilatih dengan cara berikut:

1. Lengkapi diri Anda dengan pengetahuan terkini. 

Anda perlu menambah pengetahuan Anda tentang apa yang terjadi di dunia agar dapat mengembangkan keterampilan berpikir kreatif.

Anda dapat melakukan banyak hal, seperti membaca, mendengarkan, dan menonton dari berbagai sumber informasi yang ada di internet.

2. Setiap hari, tulislah sesuatu. 

Ini bukan menulis resmi atau karya ilmiah. Jika Anda baru memulai, saya sarankan memulai dengan 500 kata dan setelah Anda terbiasa menulis, Anda dapat mengurangi jumlah kata per hari. Tulis saja dengan bebas, tanpa mengkhawatirkan kualitas tulisan Anda. Terus aktif menulis setiap saat dapat membuat Anda tetap terinspirasi serta menjaga. 

3. Sediakan Waktu Untuk Bersantai

Ketika aktivitas seharian Anda sudah selesai, Anda bisa melakukan aktivitas ringan. Sebagai contoh, bermain game atau membaca koran.

Jangan memilih aktivitas yang akan membuat Anda terlalu lelah, misalnya berkebun atau merapikan gudang di rumah.

Refreshing tidak harus berpergian jauh, tapi bisa Anda lakukan dengan menonton film misalnya. Atau luangkan waktu untuk melakukan hobi atau bermeditasi. Meditasi telah terbukti membantu Anda tenang dan fokus. Tetapkan waktu untuk bermeditasi, dan patuhi jadwal tersebut.

4. Creative thinking adalah membiasakan berpikir lateral

Kita biasanya membuat keputusan dengan 2 cara, yaitu tradisional dan lateral.

Secara tradisional adalah proses berpikir vertikal atau pendekatan umum dan logis untuk pemecahan masalah, di mana data yang Anda miliki digunakan untuk mengikuti prosedur tertentu.

Sedangkan ketika memikirkan solusi untuk masalah dari sudut pandang baru dan kreatif, pemikiran lateral adalah solusinya.

Hal ini berarti dengan berpikir lateral kita bisa berpikir inovatif dan out of the box, yang memungkinkan kita menemukan berbagai macam ide baru.

Meski sebagian besar ide tidak dapat langsung diterapkan. Tapi berpikir lateral dapat membantu Anda mengasah dan meningkatkan kreativitas Anda untuk berinovasi dan mengembangkan produk yang menonjol dibandingkan pesaing Anda.

5. Perbanyak referensi

Memperbanyak referensi merupakan cara meningkatkan kemampuan creative thinking berikutnya.

Banyak referensi dapat membantu kita untuk memperoleh ide-ide baru, mengembangkan ide-ide yang ada dan mengarahkan ide-ide kita.

Bila kemampuan berpikir kita memiliki pengetahuan yang cukup, maka otak kita akan mampu untuk menyusun konsep baru yang mungkin terlihat ‘aneh

Terdapat banyak cara untuk menambah pengetahuan, seperti membaca buku, menonton video, mengikuti workshop atau konferensi.

Cobalah mencari referensi di luar bidang yang Anda tekuni.

Misalnya, kalau Anda seorang dosen muda, Anda bisa mencari referensi dari bidang yang berhubungan dengan pendidikan, misalnya psikologi pendidikan.

Perbanyak pengetahuan di luar bidang ilmu yang Anda kuasai.

Tambahkan pula kegiatan bersosialisasi di luar kelompok bidang ilmu Anda.

Berkenalanlah dengan kalangan politikus, tokoh agama, pelaku bisnis, dan tokoh masyarakat sekitar yang bersentuhan dengan kelompok ilmu Anda juga.

Dengan mengetahui referensi di luar bidang yang Anda tekuni maka Anda akan mudah memperoleh perspektif yang berbeda. Sehingga memungkinkan Anda menghasilkan ide-ide baru, original di sudut pandang yang berbeda pula. 

6. Jangan Abaikan Ide Sederhana

Terkadang solusi dalam menyelesaikan suatu problem datang dari ide yang sederhana yang dikembangkan secara cerdas menjadi sebuah ide yang besar.

Karena itulah, di awal tadi Anda disarankan untuk menulis setiap hari. Kegiatan menulis akan berfungsi dalam menangkap dan merekam ide-ide yang melintas kapan saja.

Yang penting, Anda harus melakukan perubahan-perubahan bijak secara berkelanjutan.

7. Brainstorming 

Brainstorming merupakan proses yang bertujuan untuk mengumpulkan ide-ide pemecahan masalah secara bersama ataupun sendiri. Brainstorming merupakan kegiatan pemikiran bebas, yang menggunakan berbagai media atau alat bantu untuk meningkatkan kemampuan berpikir, mengkomunikasikan ide-ide atau gagasan.

Dalam brainstorming, jangan ragu untuk meminta saran dari orang lain yang Anda percaya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.