Cara Menjual Foto di Internet: 5 Tips Dapat Cuan dari Jual Foto

Cara Menjual Foto di Internet

Menjual foto di internet adalah bisnis yang menggiurkan. Namun, tidak mudah untuk melakukan ini tanpa mengetahui cara memasarkan dan menjual foto Anda.

Menjual fotografi Anda secara online dapat dilakukan dengan banyak cara termasuk menggunakan platform media sosial seperti Instagram atau Facebook, menjual cetakan online serta membuat situs web tempat Anda menjual foto.

Namun, ada juga fotografer yang menghasilkan uang dengan menjual foto mereka secara online melalui saluran yang berbeda seperti Getty Images, Shutterstock, Amazon, dll.

Mengapa Menjual Foto di Internet?

Alasan yang paling jelas adalah Anda dapat menghasilkan uang dengan melakukannya. Tetapi ada juga banyak alasan lain mengapa orang memilih untuk memonetisasi konten mereka melalui penjualan online.

Jika Anda seorang fotografer profesional, maka menjual foto Anda secara online bisa menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan uang ekstra sambil tetap dapat menampilkan karya Anda di depan audiens Anda.

Anda mungkin tidak dapat menghasilkan uang sebanyak yang Anda lakukan dengan pekerjaan penuh waktu, tetapi ini adalah pilihan bagi mereka yang ingin tetap mandiri dan bekerja dari rumah.

Baca juga: 11 Kerja Sampingan Online Bisa Dikerjakan Dari Rumah

Bagaimana Menjual Foto Anda Secara Online dengan 3 Langkah Sederhana Ini

Menjual foto Anda secara online bukanlah tugas yang sulit dan dapat dilakukan dalam tiga langkah sederhana ini:

1. Pilih situs web yang tepat untuk menjual foto Anda

2. Unggah foto Anda ke situs web dan isi informasi yang diperlukan

3. Tunggu penjualan mulai bergulir!

Cara Meningkatkan Penjualan Foto Anda dengan 8 Tips

Apakah Anda seorang fotografer profesional atau hanya mengambil foto untuk bersenang-senang, Anda harus bisa menjual lebih banyak foto. Berikut adalah beberapa tips tentang cara meningkatkan penjualan foto Anda.

1) Jangan menjual foto hanya untuk tujuan penjualan

Jangan hanya mengambil foto dan mempostingnya untuk dijual, pastikan foto Anda memiliki tujuan dan layak untuk dibeli.

2) Jadikan produk Anda unik

Pastikan Anda memiliki produk asli dan orang-orang membelinya karena mereka membutuhkannya. Tidak cukup menjual barang lama yang sama berulang-ulang, orang akan bosan membeli barang yang sama.

3) Membangun hubungan dengan influencer di media sosial

Influencer adalah orang-orang berpengaruh di dunia fotografi yang dapat membantu Anda menjual lebih banyak foto dengan mempromosikannya di platform media sosial mereka. Jika Anda menghendaki untuk berhasil menjual foto Anda, Anda harus membangun hubungan dengan influencer ini, dan Anda harus melakukannya di media sosial.

4) Konsisten dalam memilih genre dan orisinalitas foto Anda

Langkah berikutnya dalam menjual foto di internet adalah dengan menentukan genre atau jenis fotografi Anda. Cara menentukan genre fotografi Anda adalah dengan melihat objek apa yang Anda ambil foto dan tujuannya.

Misalnya, jika Anda mengambil foto lanskap dan peristiwa, maka genre Anda adalah fotografi lanskap.

Cara lain dalam memilih genre fotografi adalah untuk memikirkan jenis pekerjaan yang ingin Anda buat. Misalnya, jika Anda suka memotret bayi, maka genre Anda adalah “fotografi bayi”.

Pastikan hasil karya fotografi Anda orisinil dan tidak mencuri foto orang lain. Salah satu bagian terpenting dari karir fotografi Anda adalah memastikan bahwa Anda tidak mencuri foto orang lain. Meskipun mungkin tampak seperti tidak perlu dipikirkan, banyak fotografer telah tertangkap basah dan harus membayar denda yang besar. Cara terbaik untuk tetap berada di sisi hukum adalah memastikan bahwa Anda menggunakan foto unik untuk setiap karya Anda.

5) Diversifikasikan saluran penjualan foto Anda

Corong penjualan foto adalah strategi yang mengintegrasikan penggunaan foto dalam kampanye pemasaran Anda untuk membantu Anda mendapatkan lebih banyak calon pelanggan. Diversifikasi corong penjualan foto Anda termasuk menggunakan video, GIF, dan infografis.

Baca juga: 9 Cara Bisnis Online di FB Yang Efektif Dan Berhasil

Apa Kesalahan Umum Menjual Foto yang Harus Anda Hindari

Foto adalah cara terbaik untuk mengekspresikan diri dan menarik pelanggan. Namun, Anda perlu memastikan bahwa Anda tidak membuat kesalahan umum saat menjual foto Anda.

Kesalahan paling umum yang dilakukan orang saat menjual foto mereka adalah mereka tidak tahu apa yang ingin mereka katakan dengan foto mereka. Mereka beranggapan bahwa foto hanyalah sebuah foto dan bisa digunakan untuk apa saja.

Hal Ini tidak sepenuhnya benar. Foto-foto terbaik memiliki cerita di baliknya dan menceritakan sebuah kisah.

Cara menyampaikan cerita dengan foto Anda: Foto Anda harus menceritakan kisah tentang objek foto tersebut atau sisi kehidupannya. Cerita yang paling umum adalah “Objek foto ini adalah seorang ____”, atau “Aktivitas yang dilakukan objek foto ini adalah _____”.

Kesimpulannya, menjual foto di internet itu mudah. Tidak peduli apapun fotonya, pasar untuk foto itu selalu ada.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.