11 Cara Meningkatkan SDM yang Berkualitas

Cara Meningkatkan SDM yang Berkualitas

Membahas cara meningkatkan SDM yang berkualitas diawali dengan mengutip berbagai buku Manajemen Sumber Daya Manusia. Yang secara sederhana dapat disimpulkan bahwa sumber daya merupakan aset berharga bagi perusahaan untuk dapat menjalankan bisnis atau jasanya dengan baik dan memuaskan.

Oleh karena itu, untuk mengelola dan melatih karyawan Anda dengan standar tinggi, seorang pemimpin harus mengandalkan investasi dalam pelatihan dan pendidikan.

Cara Meningkatkan Sumber Daya Manusia atau SDM

Peluang besar dalam mengembangkan usaha ke arah yang positif akan dimiliki oleh perusahaan yang punya sumber daya manusia yang berkualitas. Sehingga memprioritaskan pengembangan SDM harus menjadi fokus utama sebuah perusahaan yang ingin berhasil.

1. Training atau pelatihan

Pelatihan merupakan langkah yang umumnya dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan keterampilan karyawannya. Jika memiliki keterampilan, maka setiap karyawan dapat memberikan kinerja terbaik bagi perusahaan

Padahal, melalui pelatihan ini, mereka bisa menggali potensi karyawannya. Setiap perusahaan dapat melaksanakan pelatihan untuk mengoptimalkan kemampuan karyawannya.

2. Pendidikan

Tak jarang, sebuah perusahaan memberikan beasiswa kepada karyawannya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Alasannya agar pengetahuan dan kemampuan bisa lebih fokus sehingga menghasilkan kinerja yang lebih baik

Pendidikan mengacu pada pendidikan formal atau nonformal yang dilalui pegawai setelah melalui proses pendidikan.

Baca juga: 10 Cara Merekrut Karyawan yang Berkualitas

3. Pembinaan

Cara optimalisasi kualitas sumber daya manusia selanjutnya adalah melalui pembinaan. Langkah yang dapat diterapkan adalah dengan membina dan mengelola karyawan melalui program penilaian dan perencanaan.

Pengembangan karyawan bertujuan untuk mensosialisasikan peraturan dan tata tertib perusahaan.

Dalam sebuah perusahaan yang tujuannya adalah untuk mengembangkan tenaga kerja mereka, penting bahwa karyawan diberikan fasilitas dan pelatihan yang dibutuhkan untuk memenuhi persyaratan internal dan eksternal. Dengan kemajuan teknologi, perusahaan kini dapat dengan cepat menghasilkan laporan dan dokumen yang telah dikembangkan di berbagai tingkatan. Hal ini memudahkan perusahaan untuk menyelesaikan masalah dengan cepat dan efisien.

4. Kesempatan

Tidak ada salahnya memberikan kesempatan kepada karyawan untuk menyampaikan ide atau gagasan saat melakukan rapat. Dengan memberikan mereka kesempatan, perusahaan akan lebih mengetahui karyawan mana yang potensial dan aktif. Dengan memberikan kesempatan kepada karyawan, mereka dapat berkontribusi untuk memajukan perusahaan

5. Penghargaan

Sudah selayaknya perusahaan memberikan penghargaan kepada karyawan yang berprestasi dan berjasa dalam memajukan perusahaan. Misalnya, ketika seseorang mencapai target penjualan tertentu, perusahaan dapat memberikan bonus insentif atau promosi

Hal ini secara tidak langsung akan mengasah motivasi lain untuk berjuang lebih keras dalam mencapai target. Dengan demikian omzet perusahaan bisa semakin meningkat dan banyak pihak yang lebih sejahtera

6. Recruitment

Proses rekrutmen bisa berfungsi sebagai katalis untuk meningkatkan sumber daya manusia dalam organisasi. Selain sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan strategi peningkatan SDM yang akan dipakai di masa depan.

Rekrutmen dapat dilakukan dengan menyesuaikan klasifikasi kebutuhan perusahaan.

Biasanya strategi rekrutmen dilakukan saat perusahaan melakukan screening dengan menilai calon tenaga kerja yang melamar di perusahaannya.

7. Beri Kenaikan Gaji untuk Karyawan Produktif

Sudah sewajarnya sebuah perusahaan menghadiahkan insentif berupa kenaikan gaji bagi sumber daya manusia yang terbukti produktif.

Tentu saja penentuan tentang siapa yang memperolehnya telah melalui proses evaluasi yang adil.

Adanya kenaikan gaji akan berpengaruh positif terhadap semangat kerja karyawan.

8. Mengajak Karyawan Liburan untuk Menekan Angka Stres

Tekanan kerja merupakan salah satu hal yang dapat membuat karyawan merasakan stres yang berlebihan. Untuk mencegahnya, kamu bisa mengajak mereka berlibur atau mengambil cuti.

9. Menyediakan Fasilitas yang Lengkap untuk Karyawan

Selanjutnya adalah memberikan fasilitas yang lengkap bagi karyawan.

Jika Anda memiliki perusahaan yang berada di dalam ruangan, Anda dapat menyediakan AC agar tidak kepanasan.

Di masa pandemi seperti ini, Anda juga wajib menyediakan fasilitas kesehatan berupa wastafel, hand sanitizer, masker, dan lain sebagainya.

Karyawan yang sehat merupakan kunci keberhasilan suatu perusahaan.

Anda juga perlu menyediakan ruang laktasi dan lemari es untuk karyawan yang juga ibu menyusui.

Dengan begitu, kualitas sumber daya manusia perusahaan Anda akan meningkat karena kepuasan dan kenyamanan kerja para karyawan.

Baca juga: 7 Cara Meningkatkan Likuiditas Perusahaan

10. Menghilangkan Sistem Senioritas dalam Perusahaan

Beberapa karyawan mengalami penurunan produktivitas karena merasa sudah senior dan berhak mengirimkan karyawan baru.

Hal inilah yang menyebabkan karyawan baru merasa tidak nyaman sehingga memilih untuk keluar.

Anda harus benar-benar disiplin dalam hal ini

Jangan biarkan karyawan lama merasa menjadi senior, dan memiliki hak untuk memerintah atau memanfaatkan karyawan baru.

Posisi setiap orang sama.

Mulai dari manager hingga office boy, setiap orang memiliki tanggung jawab dan perannya masing-masing di perusahaan.

Tanpa kerjasama yang baik dengan semua pihak maka kinerja perusahaan tidak akan maksimal

Bangun rasa kekeluargaan di perusahaan Anda agar seluruh karyawan bekerja sama untuk terus belajar dan menjadi yang terbaik.

11. Menanamkan Rasa Tanggung jawab pada Karyawan

Terakhir, Anda harus menanamkan rasa tanggung jawab yang lebih ketat kepada karyawan.

Lingkungan perusahaan terlihat menyenangkan, namun karyawan juga harus melakukan pekerjaannya dengan maksimal dan disiplin.

Misalnya, Anda dapat memberikan lembar waktu menggunakan pemindai sidik jari, wajah, atau bahkan retina Anda.

Dengan teknologi ini, tidak ada karyawan yang “mangkir” pada hari-hari kerja.

Kesimpulan

Cara meningkatkan SDM yang berkualitas telah diuraikan di atas menjadi perlu diterapkan jika suatu perusahaan ingin mengalami peningkatan hasil yang memuaskan. Sebab, sumber daya manusia merupakan elemen terpenting yang tidak dapat digantikan oleh mesin.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Exit mobile version