Cara Meningkatkan Mental Diri Sendiri: 31 Cara Sederhana Ini Patut Dicoba

cara meningkatkan mental diri sendiri

Cara meningkatkan mental diri sendiri kadang menjadi pertanyaan yang digunakan oleh orang yang khawatir dengan kesehatan mentalnya.

Adalah benar bahwa mentalitas yang kuat sangat dibutuhkan dalam dunia kerja saat ini. Tidaklah cukup menjadi cerdas atau berbakat. Anda juga harus mampu menghadapi stres, tekanan, tenggat waktu, dan perubahan terus-menerus.

Masalah kesehatan mental sering terjadi di kalangan pekerja. Faktanya, menurut Organisasi Kesehatan Dunia, depresi mempengaruhi 350 juta orang di seluruh dunia.

Bukan hanya kesehatan fisik yang penting. Kesehatan mental sama pentingnya. Jika Anda berjuang dengan masalah kesehatan mental, Anda mungkin merasa stres, cemas, depresi, atau bahkan ingin bunuh diri.

Jika Anda khawatir tentang kesehatan mental Anda, maka Anda harus melakukan sesuatu. Ada banyak cara untuk membantu diri Anda merasa lebih baik, termasuk berbicara dengan dokter, minum obat, menemui terapis, atau bergabung dengan kelompok pendukung. Tetapi opsi ini tidak selalu tersedia untuk semua orang.

Itulah mengapa artikel ini akan mencoba membantu Anda dalam memahami cara meningkatkan kesehatan mental. Dimulai dengan apa itu mental yang kuat/sehat, ciri-ciri orang yang sehat mental, lalu ditutup dengan cara meningkatkan mental diri sendiri.

Baca juga: 12 Cara Menghadapi Atasan Sombong dan Arogan di Tempat Kerja

Apa Itu Mental yang Kuat?

Mental yang kuat dan sehat didefinisikan sebagai keadaan sejahtera dari pikiran, emosi, dan perilaku seseorang.

Mental sering dianggap sebagai salah satu aspek yang paling penting dari kehidupan. Kesehatan jiwa erat kaitannya dengan kesehatan fisik.

Kesehatan mental seseorang dipengaruhi oleh banyak faktor seperti genetik, lingkungan, budaya, dan pengalaman pribadi.

Kesehatan mental yang kuat berarti perasaan bahagia, puas, dan percaya diri. Kesehatan mental yang kuat adalah sesuatu yang setiap orang harus perjuangkan.

Kesehatan mental mempengaruhi setiap aspek kehidupan kita. Pikiran kita mempengaruhi emosi kita, yang mempengaruhi tindakan kita. Dan tindakan kita memengaruhi hubungan, keuangan, dan kualitas hidup kita secara keseluruhan.

Jadi, apa yang dimaksud dengan mental yang kuat?

Mental yang kuat dapat berarti merasa positif dan optimis tentang diri Anda dan masa depan Anda. Itu berarti merasa nyaman dan bangga dengan siapa Anda. Kesehatan mental yang kuat berarti menjalani kehidupan yang memuaskan.

Baca juga: 8 Hal Penting yang Berkaitan Dengan Apa Pengertian Kritik Secara Umum

Ciri-ciri Orang yang Memiliki Mental Kuat

Kesehatan mental yang baik ditandai dengan kemampuan seseorang untuk memenuhi sejumlah fungsi dan aktivitas utama dalam hidup, termasuk:

1. Kemampuan untuk belajar

Orang yang sehat mentalnya memiliki kemampuan belajar karena dapat menggunakan pikirannya untuk memecahkan masalah dan mengambil keputusan. Orang yang menderita penyakit mental seringkali tidak memiliki kemampuan ini. Mereka mungkin menjadi kewalahan oleh pikiran dan emosi negatif, yang dapat membuat mereka bertindak impulsif.

2. Kemampuan untuk mengenali, mengaspirasi, dan mengatur berbagai emosi, baik yang negatif atau positif.

Orang yang sehat secara mental memiliki kemampuan untuk merasakan, mengekspresikan, dan mengelola berbagai emosi positif dan negatif. Orang yang berjuang dengan regulasi emosional sering mengalami masalah dengan perubahan suasana hati, kemarahan, stres, kecemasan, dan masalah lainnya. Ini dapat menyebabkan pengambilan keputusan yang buruk, peningkatan pengambilan risiko, dan bahkan kekerasan.

3. Kemampuan untuk berteman dan memelihara koneksi yang baik dengan orang lain

Orang yang sehat mental memiliki kemampuan untuk berteman dan memelihara koneksi yang baik dengan orang lain. Orang yang menderita penyakit mental sering bermasalah dengan kemampuan ini. Sering kali mereka merasa tidak bisa mempercayai siapa pun, yang menyebabkan mereka mengasingkan diri. Selain itu, mereka mungkin mengalami paranoia, delusi, halusinasi, dan gejala lain yang menyulitkan mereka untuk berinteraksi dengan orang lain.

4. Kemampuan untuk menyelesaikan serta mengatur ketidakpastian dan perubahan dalam hidup.

Orang yang sehat secara mental memiliki kemampuan untuk mengatasi dan mengelola perubahan dan ketidakpastian, karena mereka dapat memikirkan berbagai hal secara rasional. Orang yang sakit mentalnya kadang tidak bisa melakukan hal ini. Sebaliknya, mereka mengalami emosi ekstrem seperti ketakutan, kemarahan, kesedihan, dan kegembiraan. Emosi tersebut membuat mereka merasa cemas dan tidak mampu menghadapi tantangan hidup.

Baca juga: 9 Cara Meningkatkan Percaya Diri Dalam Bergaul, Patut Dicoba

31 Cara Meningkatkan Kesehatan Mental Diri Sendiri

Ada banyak cara untuk memperkuat kesehatan mental Anda, mulai dari olahraga, meditasi, hingga terapi. Anda tidak harus menjalani hidup dengan perasaan cemas, depresi, atau stres. Faktanya, ada beberapa metode yang terbukti dapat meningkatkan kesehatan mental Anda. Berikut adalah 31 langkah sederhana yang harus diambil untuk mulai meningkatkan kesehatan mental Anda hari ini.

1. Lakukan tugas yang Anda sukai terlebih dahulu, kemudian kerjakan tugas yang lebih sulit nanti. Sebuah pekerjaan yang tidak dinikmati akan memberikan hasil yang tidak maksimal.

2. Minum kopi sebelum mulai beraktivitas. Kafein dalam kopi dapat meningkatkan tingkat energi, meningkatkan fokus, dan mengurangi stres. Kopi telah terbukti memiliki efek positif pada suasana hati dan fungsi kognitif. 

3. Ketika berhadapan dengan suatu masalah besar, jangan langsung merasa tertekan. Caritahu solusinya dan mulai ambil langkah pertama dalam menyelesaikannya. Hal ini akan membantu Anda menghindari stres dan kecemasan, serta sebagai cara meningkatkan mental diri sendiri. Jika Anda tidak tahu harus mulai dari mana, coba tanyakan kepada seseorang yang pernah memecahkan masalah tersebut.

4. Tunjukkan balik rasa cinta kepada seseorang yang mencintai Anda, karena akan membantu dalam merasa lebih baik tentang diri sendiri. Anda akan memiliki hari yang lebih bahagia jika Anda menghabiskan waktu bersama seseorang yang mencintai Anda.

5. Jangan ragu berbagi cerita tentang sesuatu yang mengganggu dalam pikiran Anda. Ini bagus untuk kesehatan mental karena membantu kita mengekspresikan diri dan menyingkirkan perasaan negatif. Berbagi juga dapat membantu kita belajar dari pengalaman.

6. Sedang mengalami kecemasan? cobalah lakukan aktivitas yang bersifat menenangkan diri Anda. 

7. Tinggalkan ponsel Anda di rumah selama sehari dan putuskan sambungan dari email, notifikasi, dan sosial media. Lakukan kegiatan yang menyenangkan dengan seseorang secara langsung. 

8. Studi menunjukkan bahwa menguap membantu mengistirahatkan otak serta meningkatkan kewaspadaan dan efisiensi mental.

9. Menulis di atas kertas tentang pengalaman yang mengecewakan dapat mengurangi gejala depresi.

10. Berlatih mindfullness, fokus tentang saat ini, apa yang ada sekarang, bukan kemarin atau besok.

11. Cobalah jadwalkan apa yang ingin Anda makan dan pakaian yang ingin dipakai selama seminggu ke depan. Anda akan menghemat waktu untuk menentukan mau makan dimana dan Anda akan memiliki rasa kontrol terhadap diri Anda selama seminggu ke depan.

12. Berlatihlah memaafkan bila memungkinkan. Memaafkan diri sendiri dan orang lain akan membuat Anda lebih bahagia dan lebih sehat.

13. Merasa stres? Senyum. Ini mungkin bukan hal yang paling mudah untuk dilakukan, tetapi tersenyum dapat membantu menurunkan detak jantung dan menenangkan Anda.

14. Lakukan kegiatan bersama teman dan keluarga. Menghabiskan seharian dengan orang terdekat berefek positif sebagai cara meningkatkan mental diri sendiri

15. Berjemur di bawah sinar matahari selama kurang lebih 15 menit itu baik karena membantu kita rileks dan mengurangi tingkat stres. Sinar matahari telah terbukti memiliki efek positif pada suasana hati dan perilaku. 

Baca juga: Workaholic Adalah : Pengertian, Ciri, Penyebab dan Cara Mengatasi

16. Bersyukur itu baik untuk kesehatan mental, karena membantu Anda merasa lebih positif terhadap kehidupan. Ketika Anda fokus pada hal-hal positif dalam hidup, Anda dapat mengatasi perasaan negatif seperti stres dan kecemasan. Anda juga bisa belajar menghargai hal-hal kecil dalam hidup.

17. Rencanakan liburan. Berlibur untuk menjauh dari segala yang membuat kekhawatiran dan bersantai. Anda dapat fokus pada diri sendiri dan melakukan hal-hal yang Anda sukai. 

18. Tidur nyenyak di malam hari dengan suhu sejuk akan membantu Anda tidur lebih lelap. Ketika Anda memiliki istirahat yang cukup, Anda merasa lebih baik secara mental. Kurang tidur dapat menyebabkan stres, yang berefek pada munculnya depresi.

19. Bereksperimen dengan hobi baru atau proyek baru akan membuat Anda mempelajari sesuatu yang baru tentang diri Anda. Anda mungkin menyadari Anda menikmati sesuatu yang tidak pernah Anda pikirkan. 

20. Flavanoid, kafein, dan theobromine dalam beberapa potong cokelat hitam dianggap mampu untuk meningkatkan kewaspadaan dan keterampilan mental.

21. Mempelajari olahraga baru dan menyenangkan itu baik bagi orang dewasa karena akan menjadikan Anda merasa lebih bahagia dan lebih sehat.

22. Nongkrong dengan teman yang suka melucu, menonton stand up comedi, atau menonton video lucu secara online. Tertawa akan membantu mengurangi kecemasan.

23. Membersihkan rumah sambil mendengarkan musik akan membantu Anda rileks dan punya tempat tinggal yang bersih. Mendengarkan musik yang menenangkan dapat mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kualitas tidur.

24. Berendam dalam air hangat seminggu sekali dapat membuat otot rileks dan meredakan ketegangan. Selain itu, akan mengurangi level stres dan memberikan tidur yang lebih lelap.

25. Bermain dengan hewan peliharaan bisa membantu menurunkan hormon stres – kortisol, dan meningkatkan oksitosin – yang merangsang perasaan bahagia dalam tubuh.

26. Mengunjungi spot dengan pemandangan indah atau tempat wisata baru yang dekat dari kota. Anda dapat menemukan kembali diri Anda di tempat di mana segala sesuatu di sekitar Anda indah dan damai.

27. Konsumsi suplemen minyak ikan atau omega-3 dalam makanan seperti ikan salmon atau kenari. Selain membantu bakteri usus yang sehat, kandungan asam lemak di dalamnya mampu membantu menurunkan tingkat depresi ringan.

28. Selalu ada dua sisi dalam setiap musibah. Cobalah mencari sisi positif dari kejadian yang menimpa diri Anda. 

29. Kirimkan ucapan terima kasih, tidak melulu dengan barang, ucapan lisan yang tulus juga sudah mampu untuk memberi tahu seseorang mengapa Anda menghargainya. Ungkapan terima kasih berkaitan dengan peningkatan kebahagiaan.

30. Berada di alam dapat meningkatkan tingkat energi, mengurangi depresi dan meningkatkan rasa damai dalam diri. Sempatkan berjalan-jalan di alam terbuka hijau, seminggu sekali selama setengah jam.

31. Cobalah lakukan sesuati di luar zona nyaman Anda untuk memberi ruang bagi petualangan dan kegembiraan dalam hidup Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.