7 Cara Meningkatkan Likuiditas Perusahaan

cara meningkatkan likuiditas perusahaan

Sebelum membahas cara meningkatkan likuiditas perusahaan, Anda sebaiknya lebih dulu memahami tentang apa itu likuiditas.

Likuiditas adalah ukuran seberapa mudah suatu aset dapat diubah menjadi uang tunai. Likuiditas aset mengacu pada kemudahan yang dapat dikonversi menjadi uang tunai atau dijual di pasar.

Misalnya, perusahaan yang memiliki likuiditas rendah akan menjadi perusahaan yang orang tidak mau menjual pada harga pasar saat ini karena mereka yakin harga akan turun di masa depan.

Likuiditas adalah kemampuan perusahaan untuk menghasilkan uang tunai yang dapat digunakan untuk operasinya. Ini termasuk kemampuan untuk melunasi hutang, melakukan investasi baru, atau menutupi kewajiban jangka pendek.

Likuiditas juga dapat merujuk pada betapa mudahnya aset berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Penting bagi investor dan trader yang ingin asetnya bisa trading dengan bebas tanpa batasan apapun.

Likuiditas mengacu terutama pada seberapa mudah suatu aset dapat dijual atau ditukar dengan uang tunai atau barang lain tanpa menimbulkan kerugian substansial karena harga.

Baca juga: 7 Fungsi Laporan Arus Kas Bagi Keuangan Perusahaan

Mengapa Meningkatkan Likuiditas Perusahaan Anda?

Selama beberapa tahun terakhir, perusahaan telah dapat mengakses modal dari sumber di luar perusahaan mereka dengan lebih mudah. Ini telah menyebabkan peningkatan likuiditas perusahaan dan ini adalah strategi yang dapat membantu bisnis tumbuh.

Ada banyak alasan mengapa perusahaan perlu menambah likuiditas mereka, tetapi yang paling penting adalah bahwa hal itu akan memungkinkan mereka untuk mengambil peluang baru. Selain itu, ketika perusahaan meningkatkan likuiditasnya, ia juga dapat menaikkan harga sahamnya dan menarik lebih banyak investor.

Ketika ekonomi global menjadi lebih mengglobal, perusahaan internasional membutuhkan peningkatan likuiditas. Salah satu cara agar perusahaan dapat meningkatkan likuiditasnya adalah dengan menerbitkan hutang atau ekuitas. Namun, ini mungkin bukan pilihan terbaik karena dapat berdampak negatif terhadap peringkat kredit perusahaan dan mempersulit mereka untuk mengakses modal di masa depan.

Baca juga: 11 Cara Bermain Saham Online Gratis Mudah Dan Menguntungkan

Mengapa Peningkatan Likuiditas Perusahaan Penting untuk Pertumbuhan?

Semakin likuid suatu perusahaan, semakin mudah bagi mereka untuk beroperasi dan mengembangkan bisnis mereka. Likuiditas perusahaan diukur dengan arus kasnya, yang dihitung dengan mengambil laba bersih dan mengurangkan total biaya darinya.

Peningkatan keuntungan likuiditas tidak hanya terbatas pada kesehatan keuangan perusahaan. Hal ini juga berdampak signifikan pada kemampuan perusahaan untuk tampil dan bersaing di pasar.

Manfaat likuiditas yang meningkat dapat membantu perusahaan mendapatkan akses yang lebih baik ke modal, yang sangat penting untuk pertumbuhan, serta membantu mereka mencapai tujuan mereka untuk memperbesar margin dan mengelola risiko.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Anda harus memperhatikan likuiditas perusahaan:

– Likuiditas memastikan bahwa perusahaan dapat melanjutkan operasi mereka dengan cara yang efisien

– Likuiditas memungkinkan perusahaan untuk mengembangkan bisnis mereka secara tepat waktu

– Likuiditas membantu bisnis mengelola risiko dan menghindari kerugian

Baca juga: 9 Langkah Cara Melihat Tagihan Listrik Di Rumah Secara Online

7 Langkah Meningkatkan Likuiditas Perusahaan

Beberapa cara yang biasa dilakukan untuk meningkatkan likuiditas suatu perusahaan dijelaskan sebagai berikut:

Langkah 1: Identifikasi tantangan likuiditas perusahaan Anda

Untuk mengidentifikasi tantangan likuiditas perusahaan Anda, Anda perlu bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan ini:

Apa kebutuhan likuiditas perusahaan Anda yang paling mendesak?

Bagaimana Anda berencana untuk memenuhi kebutuhan ini?

Kapan pembayaran dividen berikutnya diharapkan?

Apakah Anda yakin bahwa pembayaran ini akan tepat waktu dan dalam jumlah penuh yang diperlukan untuk menjawab tantangan ini?

Langkah 2: Ukur arus kas perusahaan

Arus kas adalah ukuran likuiditas perusahaan – atau kemampuan untuk membayar tagihannya. Ini adalah metrik penting untuk perusahaan mana pun dan harus dipantau secara teratur.

Rasio arus kas mengukur berapa banyak uang tunai yang dimiliki perusahaan di rekening banknya, dibagi dengan jumlah uang yang harus dibayarkan kepada kreditur. Pembilangnya adalah uang tunai, dan penyebutnya adalah total kewajiban.

Mengukur Rasio Arus Kas membantu perusahaan mengelola bisnis mereka dengan lebih baik dan memperkirakan pendapatan masa depan dengan lebih akurat.

Langkah 3: Prioritaskan masalah likuiditas teratas untuk bisnis Anda

Masalah likuiditas adalah masalah paling umum yang muncul dalam bisnis. Mereka dapat diurutkan berdasarkan seberapa mendesaknya dan dengan prioritas apa.

Langkah pertama untuk memilah masalah likuiditas adalah mengidentifikasi jenis masalah likuiditas yang Anda hadapi. Ada tiga jenis masalah likuiditas:

1) Masalah likuiditas jangka pendek – ini adalah masalah sementara, yang dapat diselesaikan dengan suntikan dana sebelum memburuk.

2) Masalah likuiditas jangka panjang – ini adalah masalah yang berulang, yang perlu ditangani untuk mencegah situasi memburuk. Ini dapat mencakup mengerjakan arus kas perusahaan Anda atau mencoba mencari sumber pendanaan baru untuk perusahaan Anda.

3) Krisis likuiditas – ini adalah situasi darurat yang membutuhkan perhatian dan uang segera untuk mencegahnya menjadi lebih buruk

Langkah 4: Terapkan solusi yang sesuai untuk bisnis Anda

Krisis likuiditas adalah masalah yang dihadapi banyak perusahaan. Dengan munculnya teknologi, telah terjadi peningkatan dalam jumlah cara untuk menghasilkan modal.

Salah satu cara untuk mencari solusi atas masalah likuiditas perusahaan Anda adalah dengan menggunakan sumber modal alternatif seperti hutang atau ekuitas. Utang biasanya memiliki persyaratan yang lebih fleksibel daripada ekuitas, yang berarti lebih mudah untuk mendapatkan pembiayaan dari pemberi pinjaman yang memiliki toleransi risiko lebih kecil daripada mereka yang berinvestasi dalam investasi ekuitas.

Langkah 5: Memantau progress rencana peningkatan likuiditas

Meningkatkan likuiditas sulit diukur, tetapi Anda dapat menggunakan indikator seperti rasio pasar naik hingga pasar tidak terpengaruh dan pasar turun, rasio kapitalisasi pasar, rasio leverage investor dan perusahaan.

Memantau kemajuan peningkatan likuiditas penting bagi pemilik bisnis untuk memastikan bahwa mereka tetap di jalur dengan tujuan mereka. Ini biasanya melibatkan melihat metrik seperti tingkat kas, rasio utang terhadap ekuitas, dan rasio lancar.

Langkah 6: Terapkan rencana jangka panjang untuk likuiditas

Dalam hal likuiditas, langkah pertama adalah memahami apa yang dimiliki perusahaan Anda dan apa nilainya. Ini akan membantu Anda memutuskan berapa banyak uang tunai yang ingin Anda simpan sebagai cadangan dan berapa banyak utang yang ingin Anda ambil.

Salah satu hal terpenting yang harus dilakukan pemilik bisnis adalah membuat rencana jangka panjang untuk meningkatkan likuiditas. Rencana ini akan membantu mereka memahami kebutuhan mereka dan risiko yang terkait dengan mengambil utang tambahan.

Langkah 7: Bertindak atas peluang baru

Yang terpenting adalah memanfaatkan setiap kesempatan untuk meningkatkan likuiditas. Ini berarti bahwa Anda harus dapat menghasilkan pendapatan dari semua sumber yang memungkinkan.

Salah satu cara untuk meningkatkan likuiditas adalah dengan menghasilkan pendapatan pasif. Penghasilan pasif adalah semua jenis penghasilan yang Anda terima tanpa harus berusaha keras. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan berinvestasi di real estat atau saham dan obligasi.

Kesimpulan

Seperti yang bisa kita lihat, cara untuk meningkatkan likuiditas perusahaan adalah dengan mulai membangun pondasi bisnis yang lebih kuat. Membangun fondasi bisnis yang kuat bisa jadi sulit dan memakan waktu, tetapi hasilnya sepadan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.