10 Cara Menghilangkan Galau dan Stres yang Sudah Pasti Ampuh

10 Cara Menghilangkan Galau dan Stres yang Sudah Pasti Ampuh

Semakin bertambah usia seseorang semakin banyak pula yang mencari tahu bagaimana cara menghilangkan galau dan stres yang ampuh. Karena, beban seseorang akan semakin bertambah termasuk dalam urusan pekerjaan.

Menurut Islam, stress dan galau sendiri merupakan cobaan yang diberikan oleh Allah SWT yang dapat menyebabkan penyakit hati sehingga harus segera diatasi. Terdapat banyak strategi yang dapat dilakukan untuk mengelola stress itu sendiri agar bisa diatasi dengan baik.

Salah satu cara yang paling ampuh agar Anda tidak larut dalam rasa galau dan bahkan sampai stres sebaiknya lepaskan saja beban pikiran Anda. Selain pekerjaan, terdapat banyak penyebab lain dari terganggunya pikiran sehingga mengakibatkan stres.

Cara Menghilangkan Galau dan Stres yang Ampuh

Perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya mengobati galau dan stres bukanlah hal yang sulit. Asalkan Anda bisa dan mau mengikuti apa saja masukan yang ada agar semua masalah yang terjadi tidak hanya berhenti di otak saja sehingga mengakibatkan kegelisahan. Berikut beberapa cara mengatasi depresi yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan sudah pasti sangat membantu.

1. Jangan Lakukan Aktivitas Apapun Minimal 2 Menit

ilustrasi menenangkan diri sebagai cara menghilangkan galau dan stres

Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah menenangkan diri sementara waktu untuk bisa menjernihkan pikiran. Minimal waktu yang dibutuhkan selama 2 menit dimana memang harus total dan jangan gunakan untuk bermain gadget dan bila perlu hindari untuk berkomunikasi dengan siapapun.

Hal ini dipercaya efektif agar Anda mulai bisa menyeimbangkan pikiran dengan sebaik-baiknya sehingga bisa berpikir dengan baik. Anda bisa mulai dengan memejamkan mata agar bisa fokus pada pernafasan saja. Pastikan tidak ada pikiran berat atau beban yang terlintas pada otak Anda.

Baca juga: Kalau Kerja Sudah Tidak Nyaman Lakukan 10 Tips Berikut

2. Syukuri Apa Saja Kepunyaan dan Pencapaian Anda

Anda bisa tetap melakukan aktivitas normal dengan penuh semangat jika mau untuk selalu bersyukur. Dalam hal apa saja? Semua hal, seperti apa yang sudah Anda miliki dan berhasil dicapai sehingga semua kegagalan yang dialami hanyalah tambahan pengalaman yang memang harus dihadapi.

Namun, ketika Anda tidak pernah bersyukur justru akan selalu merasa kekurangan walaupun sebenarnya ada banyak hal yang bisa Anda dapatkan dan capai. Jadi, bersyukur merupakan hal utama untuk menghilangkan stres dan galau.

3. Berusaha Tenang Dalam Menghadapi Apapun

Memang tidak semua orang bisa mengatasi masalah dengan baik. Tapi, akan lebih baik jika Anda selalu berusaha untuk tenang dalam menghadapi masalah apapun.

Karena, ketika Anda panik dalam menghadapi suatu masalah maka akibatnya adalah masalahnya semakin besar sehingga Anda merasa stres. Padahal, ketika berusaha untuk tenang semua hal yang terjadi bisa diatasi dengan baik dan tidak menimbulkan masalah yang baru.

4. Alihkan Fokus Untuk Sementara Waktu

ilustrasi anak kucing untuk mengalihkan fokus sebagai cara menghilangkan galau dan stres

Apabila Anda sedang menghadapi kemacetan ketika pulang kerja, tentu cukup membuat Anda stres karena kondisi tubuh juga sedang lelah. Lalu, bagaimana solusi yang tepat dan mudah dilakukan?

Anda bisa mengatasi dengan baik melalui pengalihan fokus untuk sesaat. Misalnya, ketika pikiran negatif mulai merasuki otak sebaiknya ingat-ingat hal baik dan lucu untuk menghibur diri.

Intinya, dalam situasi yang menjenuhkan dan cukup membuat Anda kesal sebaiknya segera alihkan fokus pada hal baik yang berbau menyenangkan. Dengan begitu, Anda tidak lagi memikirkan hal yang menyedihkan dan menjengkelkan.

Baca juga: 10 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri Dalam Bekerja

5. Berusaha Menemukan Hal Baru

Salah satu penyebab orang mengalami stres adalah masalah cinta, dimana terkadang orang bingung untuk meluapkan rasa galaunya sehingga stres. Padahal, dengan hal-hal positif saja Anda bisa mengalihkan rasa kesal tersebut dengan menemukan hal baru. Misalnya dengan jalan-jalan alias traveling, berkarya atau menemukan hal baru di luar sana.

Tapi, perlu Anda ingat untuk menghindari hal negatif yang dapat merugikan diri sendiri, orang terdekat dan orang lain. Dengan begitu, Anda bisa menyelesaikan masalah percintaan dengan baik.

6. Tulislah Semua Kekurangan dan Kelebihan Diri yang Anda Sadari

Tahukah Anda bahwa intropeksi diri juga merupakan cara yang efektif untuk bisa mengatasi stres. Ingatlah apa saja kekurangan yang dimiliki beserta kelebihannya untuk bahan bersyukur dan terus mengembangkan potensi yang dimiliki.

Mengapa kekurangan juga harus ditulis? Karena, dengan mengetahui apa saja yang tidak dimiliki atau tidak bisa dilakukan akan membuat Anda semangat untuk terus berusaha. Dengan begitu, tidak ada alasan bagi Anda untuk galau dan stres karena merasa terpuruk dan merasa tidak bisa melakukan apapun.

7. Bayangkan dan Ingat-Ingat Sesuatu yang Menyenangkan

ilustrasi kejadian konyol dan menyenangkan sebagai cara menghilangkan galau dan stres

Mengingat sesuatu yang menyenangkan merupakan cara paling efektif untuk bisa mengatasi rasa galau yang tengah Anda rasakan. Misalnya mengingat momen seru bersama keluarga atau dengan orang-orang yang Anda sayangi. Tujuannya untuk mengingat bahwa ternyata masih banyak cinta di sekitar Anda.

Baca juga: Apa Saja Pekerjaan CPNS: 5 Hal yang Harus Anda Ketahui

8. Pikirkan Target Untuk Dikejar dan Bangun Semangat Untuk Mencapainya

Terpuruk dengan kekurangan yang dimiliki bukanlah cara yang tepat untuk mengatasi stres yang sedang Anda rasakan. Tapi, hal yang sebaiknya Anda lakukan adalah memikirkan apa saja target yang hendak dikejar.

Jangan lupa, bangun semangat agar tetap bangkit dan melawan stres dengan cara yang positif. Jadi, jangan biarkan kekalahan menguasai diri Anda sehingga membuat masa depan menjadi lebih kacau dari sebelumnya.

9. Curhat Kepada Orang yang Tepat dan Bisa Dipercaya

Ketika Anda sedang mengalami masalah, sebaiknya jangan biarkan untuk dipendam sendiri. Tapi, sebaiknya carilah orang yang dirasa dapat dipercaya untuk menyimpan masalah Anda dan mampu memberikan saran terbaiknya untuk turut membantu Anda. Dengan begitu, beban yang dirasakan akan jauh lebih ringan dibandingkan sebelumnya.

10. Perbanyak Kalimat Motivasi

Apabila Anda merasa kalah dan tidak bisa berbuat apa-apa, pastikan untuk memperbanyak kalimat motivasi untuk mengobarkan semangat. Jika harus menghadapi kekalahan maka Anda bisa mengatasinya dengan baik tanpa khawatir dan takut dengan tantangan yang ada di depan. Jadi, tingkat stres masih bisa diatasi dengan baik dan pastinya tetap berusaha untuk lebih baik.

Selain persoalan dalam bekerja, stres juga dapat dipicu dari masalah keluarga yang seringkali membuat seseorang harus berpikir keras. Karena, keluarga ini bisa menjadi persoalan yang vital dalam kehidupan dan bahkan menjadi tempat untuk mengistirahatkan berbagai pikiran.

Tapi ketika ada masalah pada lingkup ini, sudah pasti akan membuat siapapun merasa bingung untuk menyelesaikannya. Itulah mengapa, sebaiknya Anda menenangkan diri ketika ada masalah yang harus dihadapi agar tidak menjadi lebih rumit. Dengan beberapa cara menghilangkan galau dan stres yang sudah disebutkan diatas, Anda bisa menghadapi masalah apapun dengan mudah. Meskipun harus merasakan galau beberapa waktu setidaknya masalah tersebut tidak sampai berlarut-larut. Karena, galau sendiri merupakan hal yang lumrah dirasakan oleh semua orang ketika harus menghadapi suatu persoalan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.