8 Cara Menghadapi Orang Perfeksionis Sebagai Partner Kerja

cara menghadapi orang perfeksionis

Dibutuhkan cara menghadapi orang perfeksionis ketika dalam suatu kondisi Anda harus berhadapan dengan tipikal orang ini. Sebenarnya, tidak melulu mereka yang bersifat perfeksionis adalah mereka yang memiliki kekurangan besar sehingga membuat Anda merasa dirugikan. Hanya saja, dibutuhkan perlakuan khusus pada mereka supaya Anda dan siapapun it yang perfeksionis bisa sama-sama senang.

Lagipula, perfeksionis memang bukan lah sesuatu kekurangan. Karna watak yang dimiliki ini, seseorang bisa melakukan manajemen dengan baik, bisa memberikan manfaat pada tim, dan bisa didapatkan keuntungan-keuntungan lain yang dirasakan orang di sekitarnya. Ada pada diri orang perfeksionis yang tak ditemukan di orang yang tidak perfeksionis.

Cara Menghadapi Orang Perfeksionis

Jika benar saat ini Anda harus menghadapinya, simak beberapa cara menghadapi orang perfeksionis berikut. Entah itu bos perfeksionis, orang tua perfeksionis, atau siapa saja. Sedikit bagian dari pembahasan berikut akan membuat Anda paham apa penyebab sifat perfeksionis.

1. Menambah Intensitas Komunikasi

Cara menghadapi yang pertama adalah untuk menambah intensitas komunikasi. Dengan cara ini, Anda akan beberapa langkah lebih paham dengan orang yang memiliki sifat perfeksionis. Tidak menutup kemungkinan Anda akan melihat sisi baik dari orang ini.

Rasa nyaman bisa mulai tumbuh jika sudah ada komunikasi antara Anda dengannya. Jika komunikasi sudah ada, maka Anda akan bisa saling mengerti.

2. Mengetahui Penyebabnya

Setelah komunikasi terjalin, juga ada kemungkinan Anda akan menyadari alasan mengapa seseorang bisa jadi perfeksionis. Perfeksionis bukan lah watak yang hanya bisa dari lahir saja, seseorang yang tadinya tidak perfeksionis bisa menjadi perfeksionis karena ada faktornya.

Mungkin saja orang tersebut menyadari sesuatu dalam hidupnya, kurang liburan, atau faktor pemicu lainnya. Apa yang didapat dari cara ini adalah Anda sebagai sosok yang harus punya hubungan dengan mereka menjadi lebih dekat.

3. Menjalin Hubungan Lebih Dekat

Menjalin hubungan lebih dekat adalah cara yang selanjutnya. Meski begitu, sebenarnya jika dua cara di atas sudah dilakukan bisa saja hal ini bisa didapat secara otomatis. Ketika ada dua orang dengan watak yang sama sekali berbeda, namun keduanya memiliki hubungan yang baik, maka keduanya akan saling melengkapi.

Ini akan membantu jika seseorang yang perfeksionis ini adalah pasangan Anda, bos, atau keluarga. Orang yang perfeksionis ini bisa mengurangi watak perfeksionisnya karena sudah terjalin hubungan yang ;lebih dekat dari sebelumnya.

cara mengatasi orang perfeksionis dengan menguasai emosi diri

4. Menguasai Emosi Diri Sendiri

Mungkin di awal anda akan emosi atau sering dibuat emosi oleh orang perfeksionis ini. Cara selanjutnya adalah untuk mengalah dan menguasai emosi Anda sendiri. Belajar lah untuk menyikapi orang perfeksionis dengan kepala dingin dan Anda akan terbiasa melakukannya.

Kedepannya jika orang yang perfeksionis ini Anda rasa menyebalkan atau membuat emosi, maka Anda sudah terbiasa.

5. Memahami Cara Pandang yang Unik Tersebut

Anda sudah bisa menguasai emosi Anda sendiri dan sudah lebih dekat hubungannya dengan mereka. Kali ini cobalah untuk memahami mereka. Pasti ada alasan mengapa mereka bisa menjadi sosok yang perfeksionis.

6. Belajar Dari Mereka

Kini Anda sudah lebih paham dengan sosok yang perfeksionis. Saatnya untuk mengambil pelajaran dari momen-momen Anda bersama mereka atau dari watak mereka sendiri. Sikap perfeksionis rupanya benar bukan selalu sebuah kekurangan.

Terkadang perfeksionis adalah suatu kelebihan yang imbasnya langsung pada orang-orang di sekitarnya. Mungkin saja, Anda yang tadinya agak abai dengan peraturan bisa belajar menjadi lebih peduli. Anda mungkin akan menjadi sosok yang lebih peduli terhadap lingkungan juga, dan tentu saja hal ini adalah sebuah kabar baik.

7. Mengambil Sisi Positif

Ambil sisi positif dari orang yang perfeksionis sebagai salah satu cara menghadapi orang yang perfeksionis. Dengan cara ini, Anda mulai paham apa value dari orang yang punya sifat ini. Karena Anda sudah paham value nya, pasti lah Anda akan menganggap mereka sebagai sosok pelengkap.

Pelengkap yang bisa mengubah Anda menjadi sosok lebih baik, atau seseorang yang bisa menjadi kontrol untuk Anda maupun tim.

8. Menyadari Setiap Orang Tidak Sama

Jika benar tujuh cara di atas tidak mempan, Anda bisa melakukan cara nomor delapan ini. caranya adalah untuk menyadari bahwa semua orang tidaklah sama. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan jika Anda menganggap perfeksionis adalah kekurangan. Kekurangan dari seseorang terkadang harus menjadi pemakluman untuk orang-orang di sekitarnya, termasuk Anda.

Bersahabat dengan orang perfeksionis tidak harus merubah Anda menjadi sosok yang perfeksionis juga. Ada cara menghadapi orang perfeksionis di atas yang menyarankan Anda untuk belajar dari mereka. Jangan hanya berfokus pada kelemahan orang perfeksionis jika mengambil kelebihannya pun bisa. Sudah siap berhadapan langsung dengan orang perfeksionis? Tentu, kini Anda akan lebih siap bukan?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.