Cara Menghadapi Bos Pelit : 10 Tips Ini Bisa Banget Dipraktekkan

Cara menghadapi bos pelit

Cara menghadapi bos pelit. Karakter atasan dalam bekerja sangatlah penting bagi anda karena akan sangat mempengaruhi kelangsungan pekerjaan Anda disana. Bagi orang baru yang masih awam dengan dunia kerja, mungkin Anda masih sedikit awam dengan ciri bos Anda yang ada. Perlu Anda ketahui bahwa setiap atasan memiliki kepribadiannya masing-masing.

Oleh karena itu, diperlukan cara menghadapi bos atau cara mengatasi sifatnya. Berterima kasih banyak lah anda kepada Tuhan, karena telah diterima bekerja di tempat dengan atasan yang pengertian dan baik. Namun, bagi yang kurang beruntung, Anda mungkin menemui beberapa kendala dalam bekerja.

Tentu sebagai bawahan, Anda harus ramah kepada atasan. Oleh karena itu, terlepas dari sikap atasan terhadap Anda, Anda harus memperlakukannya dengan baik agar Anda tidak terlihat seperti bawahan yang tidak sopan. Anda pun harus mengikuti semua aturan yang ditetapkan oleh atasan Anda.

Selain itu, meskipun dia otoriter, Anda harus baik dan tidak membangkang padanya. Selain sifat otoriter, atasan juga mungkin akan membuat kita merasa tidak nyaman dalam bekerja karena sifatnya tersebut. Lalu bagaimana bila bos pelit dan bagaimana Cara Menghadapi Bos Pelit?

Sekalipun dia kaya, bukan berarti seseorang itu murah hati, malah ada yang dekat dengan kata pelit. Terkadang, atasan akan menjadi lebih pelit dan mengambil keputusan untuk bawahannya. Jika Anda memiliki bos seperti itu, harap bersabar. Atasan ini terkadang meminta segala sesuatu menjadi baik dan sempurna, tetapi yang dilakukannya sebaliknya, seperti lembur. Bonus proyek selain gaji pokok masih dapat dihitung dan tergolong kecil.

Faktanya, selama kita tahu apa yang dia inginkan dan bagaimana memenangkan hatinya, kita dapat dengan mudah mengatasi bos seperti itu. Banyak orang yang merasa tidak nyaman dalam bekerja karena atasannya pelit, apalagi jika terlibat dalam bisnis perdagangan, bahkan kerugian kecil pun bisa menimbulkan masalah.

Selain itu, jika pekerja ditugaskan untuk mengangkut barang ke luar kota, mereka hanya mendapat dana operasional. Kalau begitu sobat, sama sekali tidak mungkin meminta kenaikan gaji, bukan?

Bagaimana Cara Menghadapi Bos Pelit? Coba Lakukan 10 Tips Berikut

Nah, buat anda yang bosnya pelit, berikut beberapa cara menghadapi bos pelit, dan bakal bikin anda betah lagi. Jika Anda menghadapi situasi ini, maka Anda harus mengetahui cara termudah untuk menghadapinya. Ini akan membuat Anda lebih nyaman dalam bekerja dan mengurangi rasa takut pada atasan Anda. Inilah Cara Menghadapi Bos Pelit:

1. Jadilah rendah hati

Cara menghadapi bos pelit dengan rendah hati

Anda harus selalu rendah hati dan tidak lebih pintar dari atasan Anda. Ingat, bos Anda pelit, jadilah rendah hati. Bicaralah dengan sopan dan jangan kesal dengan keputusan bos. Apapun yang dilakukannya karena pelit pada anda, balas lah dengan lemah lembut dan tuluslah dalam bekerja dengan dia.

Baca juga : 10 Strategi Beradaptasi di Tempat Kerja Baru

2. Berikan saran pada saat yang tepat

Jika Anda memiliki saran bagus untuk perubahan di perusahaan, sampaikan kepada atasan Anda pada waktunya. Pilih waktu terbaik untuk membangun hubungan yang baik dengan atasan Anda. Kuncinya bukanlah memberikan nasihat dalam kondisi kritis.

Mungkin Anda punya saran sebelum mulai bekerja, atau punya saran lain untuk perusahaan? Anda harus mengkomunikasikan saran Anda pada waktu yang tepat dan menghindari menggunakannya dalam situasi yang tidak stabil, karena ini sama dengan membuat bos kesal.

3. Tidak pernah takut

Banyak karyawan yang merasa takut berhadapan dengan atasan, bahkan rasa takut tersebut membuat Anda merasa tidak nyaman dalam bekerja. Hormati bos Anda dan jangan takut. Jangan takut! Meskipun atasan Anda pelit, yang terbaik adalah tidak takut. Ketakutan ini tidak ada hubungannya dengan itu, justru membuat Anda merasa tidak nyaman dalam bekerja. Anda hanya menghormati dan menghargai atasan tanpa merasa takut.

4. Saat Anda ingin menaikkan gaji, ciptakan prestasi terlebih dahulu

Bagi karyawan, kenaikan gaji sangat diinginkan. Untuk itu, ketika ingin mendapatkan gaji yang lebih tinggi, ciptakan prestasi kerja yang baik. Ketika Anda terlatih dengan baik dan mampu mencapai semua tujuan kerja Anda dengan baik, mohon minta kenaikan gaji dari atasan Anda.

Jika masih sulit, Anda harus membuktikan kualitas pekerjaan Anda. Untuk semua karyawan yang bekerja di perusahaan, sangat umum untuk memimpikan kenaikan gaji. Jadi, ketika atasan Anda dikenal pelit, mungkinkah gaji Anda meningkat? tentu saja bisa!

Sebelum meminta kenaikan gaji, Anda harus meraih kesuksesan di perusahaan dalam bentuk apa pun. Misalnya, mengontrol waktu Anda atau meningkatkan kualitas pekerjaan akan membuat atasan Anda melihat Anda dan menganggap Anda adalah karyawan terbaik, sehingga pengajuan promosi Anda tidak dapat ditolak olehnya.

5. Selalu ikuti aturan main “bos”

ikuti aturan main bos

Dulu anda sudah tahu kalau bos itu pelit. Biasanya orang yang pelit memiliki sikap yang keras. Kalau bilang A, maka A tidak boleh B. Karena itu, bersikaplah rendah hati dan jangan membuat diri Anda terkesan lebih pintar dari atasan. Terima saja keputusan bos dan jangan membantah. Jika Anda memiliki masalah, tolong beri tahu dia segera, dan kemudian dia akan membuat rencana baru, dan bahkan meminta Anda untuk membantunya mempertimbangkan solusi.

6. Lakukan yang terbaik untuk Perusahaan

Jika Anda memiliki bos tipe pelit, maka lakukan sesuatu untuk perusahaan. Bila Anda mengurangi anggaran kerja Anda ke tingkat serendah mungkin, Anda hanya perlu menggunakan uang tersebut secara wajar. Namun, apabila atasan Anda tidak menerima hasil dengan persyaratan minimum, jelaskan dengan lembut dan sopan alasan tidak ada.

7. Sindir dengan Halus

Mungkin anda sudah mencoba berbagai hal seperti diatas, namun masih belum ada perubahan yang berarti. Cobalah untuk menyindir bos anda saat mungkin anda dan bos bisa bercerita berdua, contohnya kehidupan teman anda yang serba pas-pasan karena atasannya yang pelit atau minta bonus sambil bercanda. Siapa tau dengan cara ini bisa mempan.

8. Cari tau masalah Bos

Mungkin keadaan pelit yang dihadapi bos saat ini adalah akibat trauma masa lalu bos yang ditipu bawahannya, sehingga dia jadi orang yang tidak mudah percayaan lagi terhadap masalah keuangan. Anda pun harus berhati-hati. Anda harus bisa menjadi bawahan yang dipercaya olehnya sehingga harapannya dia bisa tidak pelit kepada Anda.

9. Perjelas Posisi Anda kepada Bos

Seringkali bos memberi perintah sesuka hatinya dan kita diwajibkan melakukan tugas yang tidak ada sama sekali take profitnya bagi kita. Coba anda sedikit lebih tegas. Bila anda tidak mendapat uang lembur dengan pekerjaan yang lumayan banyak hingga larut, pertegas saja bahwa anda masih punya pekerjaan lain.

Misalnya ada anak isteri yang sudah menunggu di rumah, dan memang butuh ketegasan dari anda supaya bos anda tidak jadi pelit dalam memberi upah lembur buat anda.

Baca juga : Pengertian Jabatan Struktural PNS dan 9 Contoh Posisinya

10. Resign dengan Alasan Kurang Uang

Mungkin ini yang sangat extrime untuk dilakukan. Karena anda juga sudah sangat bersabar dan berusaha untuk merubah perilaku pelit bos anda, ada baiknya anda berhenti dan mencari pekerjaan lain. Sebenarnya hal ini juga baik, mengapa? Paling tidak anda sudah berusaha dan memperlihatkan ketegasan dalam hidup anda untuk membantu karyawan lainnya yang masih merana melihat perilaku bos pelit.

Karena mau tidak mau, Bos akan berpikir kehilangan karyawan terbaiknya akan memicu kepala bos untuk berpikir keras dengan sikap pelitnya tersebut. Ya, yang namanya Perusahaan ingin maju, butuh karyawan yang loyal dan bersikap sangat baik buat karyawannya demi berkembangnya perusahaan.

Demikian beberapa tips Cara Menghadapi Bos Pelit. Karena itu, intinya jangan pernah takut pada bos, jangan takut. Setelah itu, jika Anda ingin dilirik oleh atasan Anda, apalagi jika Anda ingin menaikkan gaji, kemungkinan besar Anda akan menyetujui permintaan kenaikan gaji Anda sebelum perusahaan membuat prestasi. Ini adalah beberapa cara sederhana untuk menghadapi bos kecil Anda. Intinya adalah, Anda tidak perlu takut atau kasar kepada atasan Anda!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.