13 Cara Mengendalikan Emosi Menurut Psikologi yang Bisa Dicoba

cara mengendalikan emosi menurut psikologi

Penting untuk mengetahui bagaimana cara mengendalikan emosi menurut psikologi supaya tidak ada dampak buruk yang datang kedepannya. Emosi seseorang benar-benar bisa dikendalikan jika Anda menggunakan mode yang tepat. Meskipun ada banyak teori yang mengatakan bahwa kondisi emosional wanita dan remaja atau anak-anak cukup labil, pria dan orang dewasapun bisa-bisa saja mengalami gangguan jika kurang dapat mengendalikan kondisi psikologis tersebut.

Dalam agama Islam, menahan atau mengendalikan emosi tidak stabil sangat dianjurkan. Bersikap sabar jauh lebih baik, kemudian dilanjutkan dengan sikap empati dan altruisme yang tidak berlebihan supaya bisa semakin mengenal diri sendiri. Pada artikel ini akan dibahas bagaimana caranya untuk bisa mengendalikan emosi, lebih tepatnya emosi marah.

Cara Mengendalikan Emosi Menurut Psikologi

Emosi sebenarnya bukan hanya marah saja, gembira dan sedih pun juga merupakan emosi. Hanya saja, yang sering jadi masalah karena sulit dikontrol adalah emosi marah. Simak apa saja yang bisa dilakukan berikut.

1. Fokus Pada Hal yang Bisa Dikontrol

Pertama yang bisa dilakukan adalah untuk mencoba fokus pada apa saja yang di bawah kontrol Anda. Misalnya saja jika apa yang membuat emosi Anda saat ini adalah kesalahan bersama, maka Anda bisa memperbaiki dulu apa kesalahan yang telah Anda perbuat sendiri. Intinya, coba kontrol semuanya yang memang bisa dikontrol.

Baca juga: 8 Cara Menghadapi Orang Perfeksionis Sebagai Partner Kerja

2. Membiarkan Sampai Berlalu

Bisa dibiarkan dulu sampai emosi ini benar-benar hilang. Cara melakukannya bisa dengan pergi dari kerumunan orang yang telah membuat Anda emosi atau meninggalkan ruang yang menjadi latar tempat emosi Anda muncul.

3. Mencoba Diam

ilustrasi mencoba diam sebagai cara mengendalikan emosi menurut psikologi

Mungkin Anda adalah seseorang yang tak bisa tidak berkata kasar jika sedang marah. Solusinya adalah mencoba diam saja saat Anda menyadari Anda sedang emosi. Kelak akan ada banyak hati yang tetap terjaga.

4. Melakukan Olahraga Ringan

Melakukan gerak sederhana atau olahraga ringan ternyata bisa mengalihkan fokus Anda. otak dan bagian tubuh yang tadinya berkontraksi menjadi lebih rileks karena melakukan olahraga.

5. Memaafkan dan Melupakan

Bagaimana jika memilih untuk memaafkan dan melupakannya saja? Hidup Anda terlalu indah dan kesibukkan Anda terlalu penting untuk ditinggal jika terus menyimpan dendam. Sangat bisa dijadikan solusi.

6. Melakukan Penyampaian Asertif

Asertif adalah penyampaian maksud dan tujuan yang di pikiran seseorang ke orang lain tanpa perlu menyakiti hati. Ini bisa dilakukan jika Anda punya rekan kerja dan telah membuat kesalahan sehingga membuat Anda emosi.

Coba katakan padanya tentang kesalahannya, karena mungkin saja ia pun tak sadar dengan apa yang dilakukannya. Tanpa perlu menyakiti hatinya atau berkata kasar, ini bisa digunakan untuk kendalikan emosi.

7. Mencari Solusi Singkat

Emosi boleh meledak dan ingin keluar, namun untuk mengendalikannya Anda bisa berusaha lebih keras untuk mencari solusi. Solusi singkat atas masalah atau hal yang bisa menyulut emosi Anda ini harus dicari solusinya, atau Anda yang akan terus merasa emosi ini melupakannya ke orang sekitar.

8. Mempelajari Emosi Marah

ilustrasi emosi marah sebagai cara mengendalikan emosi menurut psikologi

Telah ada yang meneliti dan menyimpulkan bahwa emosi marah bisa semakin dikuasai jika seseorang mempelajarinya. Mungkin cara ini akan jadi cara paling efektif untuk Anda. Apa yang harus dipelajari adalah apa saja penyebab yang bisa membuat Anda emosi, kapan biasanya Anda emosi, dan temukan apa yang harus dilakukan.

9. Melakukan Meditasi

Ada rutinitas yang bisa dilakukan untuk bisa mengendalikan emosi dengan baik. Rutinitas tersebut adalah meditasi. Meditasi yang bisa dilakukan di setiap pagi sebelum Anda menuju ke kantor sebagai seorang PNS. Tidak melulu harus ada tutornya, sebab sekarang ini sudah banyak bermunculan cara-cara meditasi di internet.

10. Berpikir Secara Logis

Cobalah untuk berpikir secara logis supaya emosi yang datang segera sirna. Anda telah dikuasai dengan jiwa emosional ketika merasa marah dan ingin melupakannya. Kali ini, cobalah untuk menjadi jiwa yang sebaliknya, yaitu yang bisa berpikir secara logis. Coba praktekkan dulu, sebab berpikir secara logis dalam keadaan marah akan sedikit sulit.

Setelahnya, apa yang membuat Anda emosi bisa tidak lagi mempengaruhi Anda. atau mungkin apa yang membuat Anda emosi ini adalah karena suatu masalah. Dengan berpikir secara logis, Anda bisa menemukan solusinya dan beres sudah urusannya.

Baca juga: Inspiratif, 10 Kata-Kata Motivasi Kerja Karyawan Ini Wajib Dibaca

11. Mengalihkan Pikiran

Anda bisa segera mengalihkan pikiran supaya emosi ini kian berlalu. Bisa dialihkan ke apa yang paling Anda sukai atau apa saja yang ada di sekitar Anda sehingga memungkinkan untuk dilakukan. Jika misalnya ada smartphone di samping Anda dan Anda memang suka belanja, coba buka-buka marketplace dan cari barang kesukaan Anda.

Atau mungkin di sekitar Anda ada tanaman hidup, bisa coba memperhatikannya dan mungkin melakukan gardening sederhana. Bisa dengan menyiramnya, memungut kotoran di atas tanahnya, atau memetik daun yang layu. Sesederhana itu namun bisa sangat efektif untuk membendung emosi dan menghilangkannya.

12. Intropeksi Diri Sendiri

Apapun yang jadi penyebab Anda emosi, sebaiknya perhatikan dan ketahui sebenarnya apa yang membuatnya kian menjadi. Bisa saja, emosi yang datang pada Anda ini sebenarnya berasal dari masalah kecil, hanya saja diri Anda yang membuatnya semakin besar dan tak terbendung.

Cara yang selanjutnya adalah untuk mencoba intropeksi diri. Apa yang membuat Anda emosi tak melulu karena kesalahan orang lain, bisa juga karena Anda sendiri. Karenanya, Anda disarankan untuk melakukan introspeksi diri supaya tahu dari mana asal emosi tersebut. Lagipula, tidak sulit untuk melakukannya dan dibutuhkan penurunan ego yang besar.

13. Mencoba Untuk Tersenyum

Mungkin beberapa cara mengendalikan emosi menurut psikologi di atas akan efektif ketika dilakukan hanya sebagian kecil saja. Untuk memaksimalkannya, masih ada satu cara lagi untuk membuat Anda bisa segera lupa dengan emosi marah yang sudah berapi-api di suatu saat nanti. Cobalah untuk tersenyum meskipun kesannya sepele.

Jangan sepelekan meski cara ini cukup sederhana. Dijelaskan bahwa emosi psikis akan berubah menjadi energi positif bila tersenyum. Dengan tersenyum pula, akan ada ikatan baik antara Anda dengan siapa saja yang sedang bersama Anda yang mungkin sudah membuat Anda emosi.

Cara mengendalikan emosi menurut psikologi di atas bisa dipilih sesuai dengan mana yang relate dengan Anda. Jika melakukan olahraga ringan adalah hal yang memungkinkan, maka lakukan saja supaya emosi segera terbendung. Begitu juga dengan cara lain yang telah disebutkan, sebab antara satu orang dengan lainnya pastilah memiliki keadaan dan membutuhkan solusi yang berbeda-beda.

Impact dari menahan atau mengendalikan emosi marah cukup besar. Anda tetap akan memiliki hubungan yang baik dengan siapa saja yang seharusnya demikian, tidak akan ada yang terlepas dari Anda, dan setelahnya pun Anda bisa lebih lega karena tak melakukan hal-hal buruk. Ini akan jauh lebih baik daripada jika harus mengeluarkan emosi dan kemudian mencari maaf setelahnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.