9 Cara Mengelola Gaji 2 Juta Agar Kebutuhan Terpenuhi

cara mengelola gaji 2 juta

Ada sebanyak sembilan cara mengelola gaji 2 juta yang akan dibahas pada kesempatan ini. masing-masing cara sebenarnya mudah untuk dilakukan, apalagi jika antara satu cara dengan lainnya sudah dibiasakan oleh Anda sendiri. Diperlukan kekonsistenan saja untuk mengaplikasikan cara-cara ini supaya didapatkan sebuah tujuan.

Tujuan apa yang dibutuhkan dengan mengelola gaji? Tentu tujuan untuk mencapai keadaan finansial yang lebih baik, mensejahterakan diri di masa yang akan datang, dan hal lainnya yang pastinya menguntungkan. Boleh-boleh saja mau menganggap gaji 2 juta itu sedikit, cukup, atau sudah banyak, namun pastikan Anda bisa mengelolanya.

Cara Mengelola Gaji 2 Juta

Untungnya Anda sudah menemukan cara mengelola gaji 2 juta yang efektif dan dijelaskan sesingkat mungkin. Usahakan untuk belajar mengaplikasikannya, karena mungkin ada cara yang sulit diaplikasikan di awal-awal.

1. Menyisihkan Uang di Awal Bulan

Menyisihkan uang di awal bulan adalah cara pembuka dari cara mengelola gaji 2 bulan yang akan disebutkan ini. penyisihan seawal mungkin setelah gaji diterima akan membantu Anda yang saat ini merasa sering boros atau tidak tahan untuk terus berbelanja.

Pastikan Anda tidak mengutak-atik uang yang disisihkan ini pada sesuatu yang bukan tujuan. Misalnya, uang yang disisihkan adalah untuk biaya hidup. Tentunya, Anda tidak boleh mengalokasikannya untuk hobi, sekedar keinginan, atau barang promo yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

2. Mempertimbangkan Dana Darurat

Gaji sebanyak 2 juta memang bisa dianggap kecil juga bisa besar. Dan mungkin menurut Anda adalah nominal yang kecil. Jangan terus berlarut dalam pemikiran ini, karena Anda harus mempertimbangkan dana darurat.

Memiliki dana darurat sangat disarankan untuk setiap individu yang sudah berpenghasilan. Lakukan pertimbangan untuk memastikan apakah Anda siap menyisihkan uang untuk dana yang bisa dipakai atau dijagakan saat keadaan genting nanti.

3. Menimbang Hidup Sederhana

Hidup sederhana selalu menjadi kunci untuk bisa hidup lebih sejahtera di masa yang akan datang. Dengan hidup sederhana, tak ada lagi sikap boros, tak ada lagi keinginan menggebu-gebu untuk memiliki semua benda atau koleksi. Karenanya, penting untuk menimabng hidup yang sederhana demi bisa mengelola gaji sebesar 2 juta setiap bulanya.

4. Mengetahui Persentase Alokasi Gaji yang Tepat

Ketahui nominal-nominal persentase yang tepat dalam mengalokasikan gaji. Persentase yang paling disarankan adalah untuk menjadikan sebanyak 40% sebagai biaya hidup, 30% untuk tagihan, 20% untuk berinvestasi, dan 10% untuk beramal atau kebutuhan lain.

Anda juga bisa mengubah persentase investasi dan cicilan. Seperti misalnya menjadikan 30% untuk investasi dan 20% saja untuk membayar cicilan. Bisa juga dengan menambah persentase investasi atau menabung karena ternyata dalam satu bulan Anda bisa lebih hemat.

5. Mencari Tambahan Pemasukan Jika Dibutuhkan

Jika gaji sebanyak 2 juta benar-benar kurang menurut Anda, maka solusinya adalah untuk mencari sumber penghasilan tambahan. Bisa dengan menjadi seorang freelancer atau bekerja part time. Tambahan penghasilan ini akan lumayan memudahkan mengaplikasikan cara-cara di atas.

Berlaku untuk Anda yang memang mengira nominal gaji ini kurang. Jika menurut Anda sudah cukup, cara ini bisa dilewati.

ilustrasi cara mengelola gaji 2 juta dengan belanja barang promo

6. Mempertimbangkan Untuk Belanja Barang Promo

Ada sebuah barang yang di diskon atau diberi promo, namun pastikan Anda ingat bahwa belum tentu itu merupakan benda yang Anda butuhkan. menanamkan pemikiran ini akan membuat Anda bisa lebih bebas dengan promo atau diskon yang diberikan toko yang bisa membuat Anda boros.

7. Berinvestasi

Tentu saja berinvestasi adalah cara selanjutnya. Dari tabungan yang sudah ada, alokasikan menjadi investasi. Pilihan produk investasi yang tepat sesuai dengan dana yang telah ditabung sebelumnya. Karena dengan investasi pula, Anda bisa mendapatkan passive income.

8. Mengetahui Apa yang Dibutuhkan dan yang Diinginkan

Sadari betul apa yang dibutuhkan dan apa yang hanya keinginan saja. Hal ini akan membuat Anda lebih mudah dalam memfilter apa yang mau dibeli. Menanamkan pikiran ini akan membuat Anda yang sejauh ini gampang beli-beli dan menyadari bahwa ternyata barang tersebut tidak terlalu dibutuhkan.

9. Merubah Kebiasaan yang Membuat Boros

Delapan cara di atas akan semakin efektif jika Anda bisa mengubah kebiasaan boros. Bukti kebiasaan boros bisa ditemukan dalam banyak hal, misalnya kebiasaan makan di luar, terlalu sering nongkrong di kafe, terlalu sering beli barang diskon meski tak dibutuhkan, dan masih banyak lagi.

Bagaimana menurut Anda tentang cara mengelola gaji 2 juta di atas? Boleh-boleh saja jika menurut Anda sulit dilakukan atau terlalu mudah. Hal yang terpenting adalah semakin cepat Anda bisa mengelola gaji dengan baik, maka akan semakin cepat pula kesejahteraan mendatangi Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.