8 Cara Mengelola Gaji 1 Juta Untuk Tetap Survive

cara mengelola gaji 1 juta

Cara mengelola gaji 1 juta akan dibutuhkan banyak orang dengan gaji tersebut. Agaknya memang sulit menjadikan gaji sebesar 1 jutaan saja untuk bisa menghidupi dan menyejahterakan. Namun setelah Anda menemukan cara yang paling tepat, maka dua hal itu bukan tidak mungkin lagi untuk didapat.

Gaji sebesar 1 juta boleh jadi dianggap gaji yang sangat kecil untuk banyak orang. Padahal, gaji sebesar 1 juta ini tak melulu soal gaji bulanan, bisa juga gaji tersebut adalah gaji mingguan. Terlepas dari itu, mau 1 juta ini didapat secara bulanan atau mingguan tetap saja dibutuhkan cara untuk bisa mengelolanya dengan baik.

Cara Mengelola Gaji 1 Juta yang Bisa Dilakukan

Berikut ini ada cara mengelola gaji 1 juta yang akan efektif. Apalagi jika Anda menambahkan consistency dalam mengaplikasikannya, pasti akan cepat Anda menyadari bahwa gaji tersebut memang sudah cukup.

1. Bergabung Sebagai Peserta Asuransi Kesehatan di Kelas Menengah

Penting untuk selamanya memastikan Anda dalam kondisi sehat dan sudah punya asuransi yang akan membantu Anda dalam tujuan ini. adanya asuransi kesehatan justru membantu Anda menghindarkan dibutuhkannya biaya yang besar saat sakit.

Karena eksistensinya penting, meskipun gaji Anda 1 jutaan, tetap disarankan untuk memiliki asuransi ini. Tidak apa-apa menyisihkan sedikit nominal setiap bulannya supaya kesehatan Anda terjamin. Sarannya adalah untuk memilih kelas yang menengah saja supaya tagihan perbulannya ringan.

2. Menetapkan Target Pribadi

Harus punya target pribadi adalah cara selanjutnya. Anda harus punya target seperti misalnya gaji tersebut harus cukup untuk memenuhi biaya hidup sebulan, target untuk menabung, atau target lainnya. Dengan sebuah target, akan lebih mudah ketika anda diberi pilihan untuk mengeluarkan uang atau tidak.

Baca juga: 9 Cara Mengelola Gaji 2 Juta Agar Kebutuhan Terpenuhi

3. Memilih Investasi yang Tepat

Gaji Anda memang 1 jutaan rupiah dan mungkin Anda sendiri menilainya kurang, namun tak bisa dihindari bahwa cara yang selanjutnya adalah untuk memilih investasi yang tepat. Seperti misalnya investasi emas dengan cara kredit.
Anda bisa memiliki emas namun bisa membayarnya setiap bulannya dengan nominal yang kecil. Semakin sering intensitas Anda melakukannya maka akan semakin banyak pula investasi yang Anda miliki.

4. Berpikir Ulang Untuk Memenuhi Keinginan dan Hobi

Coba pikir ulang ketika Anda punya keinginan atau hobi. Apakah hobi Anda ini membutuhkan banyak uang? Apakah Anda punya keinginan yang sebenarnya tidak dibutuhkan?

Memang terkesan sedikit menyiksa, namun Anda sendiri lah yang harus bisa mengelola gaji Anda. Memastikan bisa memenuhi biaya hidup dalam satu bulan juga kewajiban Anda.

5. Memenuhi Kebutuhan dan Keinginan Saat Ada Diskon

Mungkin memang Anda tak bisa menghindari belanja benda yang diinginkan. Siasati saja hal ini supaya Anda tetap bisa mengelola gaji dengan baik. Caranya adalah dengan memanfaatkan diskon.

Baik untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan, akan lebih ringan jika dilakukan saat ada diskon atau promo.

ilustrasi cara mengelola gaji 1 juta dengan 2 tabungan berbeda

6. Memiliki 2 Tabungan Berbeda

Dua tabungan yang berbeda juga bisa memberikan manfaat untuk Ada yang punya gaji sebesar 1 jutaan rupiah. Untuk kebutuhan menabung dan investasi, gunakan saja tabungan yang tak memiliki kartu ATM. Sedangkan rekening satunya lagi adalah tabungan yang memiliki kartu ATM yang diisi dengan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Pastikan untuk memilih tabungan yang biaya administrasinya tak banyak. Diperlukan riset kecil-kecilan untuk memilih mana yang bisa berikan keuntungan ini. Namun percayalah, perbedaan antara tabungan dengan biaya besar dengan yang biaya kecil akan sangat terasa.  

7. Tidak Memiliki Kartu Kredit

Pertimbangkan ulang ketika Anda ditawari kartu kredit atau sekedar punya keinginan untuk memilikinya. Sebab, apa yang disarankan adalah untuk tidak memiliki kartu kredit. Akan ada bunga yang harus Anda bayarkan jika punya kartu ini, serta akan ada potensi impulsif yang datang tiba-tiba.

8. Melakukan Pekerjaan Sampingan

Gaji sebanyak 1 juta bisa dianggap kecil dan bisa juga dianggap cukup. Jika Anda bukan golongan yang merasa cukup, maka Anda bisa mencari pekerjaan sampingan supaya pemasukan Anda bertambah.

Dengan pekerjaan sampingan ini, Anda akan memiliki beberapa atau dua saja sumber penghasilan. Dengan demikian, mengaplikasikan cara di atas akan semakin mudah saja. Bonusnya adalah, satu saat Anda bisa memberikan Anda sendiri hadiah karena berhasil dalam mengelola gaji yang hanya 1 jutaan rupiah.

Baca juga: 12 Cara Mengelola Gaji 3 Juta Agar Kondisi Finansial Aman

Gaji 1 juta bukanlah gaji yang kurang-kurang jika anda tahu bagaimana cara mengelola gaji 1 juta. Caranya kini sudah Anda ketahui, hanya tinggal mengaplikasikannya saja untuk gajian bulan depan atau kedepannya bila anda sudah siap. Mengaplikasikan cara-cara di atas belum cukup bisa membuat Anda lebih sejahtera jika tidak dilakukan dengan konsisten.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.