Cara Mengelola Emosi Saat Deadline: 5 Cara Agar Tetap Tenang dan Menyelesaikan Banyak Hal

cara mengelola emosi saat deadline

Saat pekerjaan sedang bertumpuk, emosi bisa menjadi liar. Tetapi ada cara untuk mengelola emosi saat deadline dan tetap tenang.

Bekerja pada tenggat waktu dapat menyebabkan kecemasan, stres, dan frustrasi. Perasaan ini dapat menyebabkan kemarahan, depresi, dan bahkan serangan panik.

Ada cara untuk mengelola emosi yang Anda rasakan sambil tetap tenang. Berikut 5 tipsnya:

1. Ambil napas dalam-dalam

Akan sangat membantu jika Anda menarik napas dalam-dalam saat Anda merasa cemas atau tertekan. Bernapas dalam adalah cara yang efektif untuk mengurangi stres.

Tarik napas selama empat detik, tahan selama dua detik, dan hembuskan selama empat detik. Ini bisa dilakukan 10 kali berturut-turut atau tujuh kali sebelum menghembuskan napas sepenuhnya.

Ambil napas lambat dan dalam melalui hidung dan keluarkan melalui mulut. Fokus pada setiap napas dan perhatikan bagaimana rasanya rileks.

Teknik ini bekerja dengan baik untuk kebanyakan orang.

Baca juga: Inilah 10 Cara Manjur Mengatasi Stres di Tempat Kerja

2. Pikirkan Tentang Apa yang Perlu Anda Lakukan

Pikirkan tentang apa yang perlu Anda lakukan untuk menyelesaikan proyek Anda.

Memikirkan berarti Anda mengetahui bagaimana strategi untuk menyelesaikan proyek Anda. Serta untuk menyadari waktu dan sumber daya yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya.

Jika Anda tidak memikirkan apa yang perlu Anda capai, Anda mungkin menjadi kewalahan dan frustrasi.

Hal ini dapat menyebabkan emosi negatif seperti marah, frustrasi, dan kecemasan. Sebaliknya, fokuslah pada apa yang perlu Anda lakukan selanjutnya.

3. Praktek Perawatan Diri

Merawat diri sendiri itu penting, khususnya ketika Anda merasa stres disebabkan oleh deadline yang mendekat.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk diri sendiri untuk mengurangi stres dan bahkan berpotensi menghindari masalah, antara lain:

Berjalan-jalan di alam. Ini adalah cara yang efektif untuk menjernihkan pikiran dan menenangkan saraf Anda. Dan, itu baik untuk kesehatan jantung Anda. Ditambah akan mendapatkan Anda udara segar.

Jangan kelamaan duduk, bangunlah dari meja Anda sesekali.

Pastikan bahwa Anda cukup waktu untuk beristirahat dan memulihkan tenaga.

Ingatlah untuk makan teratur dan rutin minum air putih agar memiliki energi yang cukup dan tetap terhidrasi sepanjang hari.

Baca juga: 10 Cara Mengendalikan Emosi Seseorang Melalui Sikap Diri yang Positif

4. Jangan Menunda-nunda

Penundaan adalah salah satu penyebab stres terbesar.

Menunda-nunda adalah kebiasaan yang menyebabkan stres dan kecemasan pada banyak orang. Hal ini cenderung menghabiskan waktu dan mencegah Anda mencapai tujuan Anda.

Ada banyak orang yang telah menemukan cara untuk mengalahkan penundaan. Beberapa di antaranya termasuk bangun pagi, latihan mental agar tetap fokus, dan meminimalkan gangguan.

Memang sangat menggoda untuk menunda melakukan sesuatu sampai nanti, tetapi ini dapat menyebabkan lebih banyak stres dan frustrasi.

Sebaliknya, cobalah untuk menyelesaikan tugas sesegera mungkin.

5. Bicaralah dengan Seseorang yang Mengerti

Berbicara dengan seseorang yang memahami situasi Anda dapat membantu.

Seorang teman atau kolega dapat menawarkan dukungan dan saran. Mereka juga dapat mengingatkan Anda mengapa Anda harus tetap tenang.

Berkolaborasi dengan rekan kerja seringkali dapat membuat pencarian solusi untuk masalah menjadi lebih mudah. Mereka dapat bekerja sama untuk bertukar pikiran tentang solusi, dan terkadang mereka bahkan memiliki perspektif orang dalam tentang cara mendekati masalah tertentu.

Jadi, bicaralah dengan seseorang yang mengenal Anda dan memahami situasi Anda saat merasa stres karena tenggat waktu. Tapi, pastikan bahwa mereka memiliki waktu untuk Anda dan mereka dapat memahami apa yang Anda rasakan.

Ingatlah bahwa mengelola emosi ada deadline tidak selalu mudah. Tapi selalu ada cara agar Anda tetap tenang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.