11 Cara Terbaik Mengatur Gaji Bulanan untuk PNS

cara mengatur gaji bulanan

Kini menjadi Pegawai Negeri Sipil atau PNS menjadi salah satu pekerjaan yang diidamkan semua orang. Iming-iming gaji tetap setiap bulan dan jaminan pensiun menjadi faktor utamanya. Barang kali Anda juga termasuk? Buat Anda yang sudah jadi PNS, Anda harus bisa mengatur keuangan dengan baik. Di artikel ini kami akan memberikan berbagai tips dan cara mengatur gaji bulanan bagi PNS.

Selain memenuhi kebutuhan hidup, gaji yang diterima sebagai PNS harus dikelola dengan baik agar tidak menjadi besar pasak daripada tiang. Meskipun sudah ada jaminan hari tua, manajemen keuangan yang baik akan membantu Anda mencapai tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang.

Buat Anda para PNS, yuk simak tips berikut ini!

1. Menyusun Anggaran Bulanan Secara Terperinci

Agar bisa mencapai kestabilan dalam hal finansial, menyusun anggaran setiap bulan adalah langkah yang sangat penting. Tuliskan semua pos-pos pengeluaran, baik itu pengeluaran wajib, sekunder, atau kebutuhan-kebutuhan sampingan lainnya. Sebelum memasuki bulan yang baru, putuskan berapa dana yang dianggarkan untuk masing-masing pos.

menyusun anggaran bulanan

Buatlah anggaran yang ketat dan sehemat mungkin. Meski nominal gaji Anda besar, bukan berarti Anda bisa menghamburkan uang untuk hal-hal yang tidak penting. Pangkas kebutuhan yang tidak mendesak agar pengeluaran bisa ditekan. Saat menyusun anggaran, jangan lupa menyisihkan minimal 10 persen dari gaji untuk ditabung.

2. Hidup di Bawah Standar Kemampuan

Bicara soal gaya hidup memang agak rumit. Pasalnya, banyak orang yang gaya hidupnya jauh melebihi standar kemampuan hanya untuk memenuhi tuntutan lingkungan dan orang-orang di sekitar. Inilah kesalahan besar yang sering dilakukan, apalagi PNS yang usianya masih relatif muda.

Namun justru di sinilah tantangannya. Hiduplah di bawah standar kemampuan, bukan sesuai apalagi jauh di atas standar. Tujuannya agar Anda selalu berhati-hati saat akan membuat keputusan finansial dan menghindarkan diri dari jeratan utang.

3. Sisihkan Gaji untuk Menabung

Biaya hidup memang tidak bisa dihindari. Kadang ada saat-saat tertentu di mana pengeluaran membengkak hingga hanya sedikit saja uang yang tersisa dari gaji. Namun dengan cara mengatur gaji bulanan yang satu ini, Anda tidak akan bingung bagaimana cara menyisihkan uang.

mengatur gaji bulanan dengan menabung

Sebelum membiayai berbagai kebutuhan, sisihkan dulu sejumlah uang untuk ditabung. Jadikan ini sebagai tabungan wajib yang mau tidak mau dan bisa tidak bisa harus terpenuhi setiap bulannya. Berapa jumlah tentu harus menyesuaikan dengan kemampuan finansial masing-masing.

4. Buat Rekening Terpisah untuk Tabungan dan Kebutuhan

Jika Anda benar-benar ingin menabung dan berhemat, Anda harus punya rekening terpisah. Satu untuk menabung, satu untuk membiayai kebutuhan hidup. Bila perlu, tidak usah membuat kartu ATM untuk rekening tabungan agar Anda tidak tergoda untuk menggunakannya.

Memisahkan rekening tabungan dan pengeluarana bisa menjadi trik yang tepat untuk mecengah diri sendiri menjadi boros dan suka menghamburkan uang.

5. Pangkas Belanja Bulanan

Berbelanja kebutuhan rumah tangga setiap bulan adalah sesuatu yang tidak bisa dihilangkan, namun bisa ditekan seminimal mungkin untuk menghindari pemborosan. Misalnya dengan mengganti produk-produk yang lebih murah agar pengeluaran tidak terlalu banyak.

mengurangi belanja bulanan

Sebelum pergi berbelanja, pastikan Anda sudah mencatat secara rinci barang-barang apa yang akan dibeli dan berapa dana yang dianggarkan. Jangan membeli sesuatu yang tidak ada di dalam catatan karena pengeluaran jelas akan membengkak. Maksimalkan diskon dan penawaran yang ada di toko atau supermarket agar mendapatkan barang yang lebih murah.

6. Hindari Kartu Kredit

Salah satu cara mengatur gaji bulanan dengan tepat agar bisa berhemat adalah dengan menghindari penggunaan kartu kredit sebisa mungkin. Kartu kredit memang menawarkan banyak sekali kemudahan, namun karena itulah Anda jadi makin mudah tergoda untuk melakukan transaksi.

Apalagi saat membeli suatu barang, Anda seolah-olah tidak perlu mengeluarkan uang. Pasti rasanya seperti membeli barang gratis bukan?

Cukup buat anggaran yang sesuai dengan gaji, termasuk uang yang disisihkan untuk tabungan. Bila tidak benar-benar perlu, tidak usah menggunakan atau memiliki kartu kredit. Meski sangat nyaman, kartu kredit bisa mengantarkan Anda ke dalam jeratan hutang yang parah.

7. Hindari Cicilan yang Terlalu Besar

Buat seseorang yang gajinya masih pas-pasan, rasanya mustahil untuk tidak memiliki cicilan. Apalagi untuk barang-barang mewah seperti rumah dan mobil. Boleh saja membeli dengan cara mencicil, tetapi perhatikan besar nominalnya.

menghindari cicilan yang berlebihan

Idealnya, besar cicilan tidak boleh lebih dari 40% gaji. Jadi kalau Anda ingin mencicil sesuatu, perhitungkan dulu dengan matang. Apakah jumlah yang harus dibayarkan setiap bulan melebih batas kemampuan atau tidak. Ingat, Anda juga punya banyak kebutuhan lain yang harus dipenuhi.

8. Kurangi Jajan di Luar

Ini dia yang mungkin masih sulit bagi sebagian besar orang. Membeli makan di luar agaknya menjadi tuntutan tersendiri di tempat kerja. Karena malu dengan rekan-rekan, akhirnya ajakan makan selalu dituruti saja.

Padahal kalau Anda mau berhemat, hal pertama yang harus dilakukan akan mengurangi intensitas makan di luar rumah. Memasak sendiri memang jauh lebih hemat, sehingga anggaran untuk makan bisa ditekan seminimal mungkin. Selain itu, pastinya lebih sehat dan higienis.

Bawalah bekal makan siang sendiri untuk disantap di kantor. Tidak perlu malu dengan rekan kerja, karena hanya Anda sendirilah yang paham betul bagaimana kondisi keuangan Anda. Jangan sampai gaji Anda habis hanya untuk menuruti gaya hidup semata.

9. Mengurangi Langganan Bulanan

Kecanggihan tekonologi juga menjadi ancaman tersendiri bagi kesehatan dompet Anda. Internet seolah menjadi kebutuhan primer bagi setiap orang. Begitu juga dengan fitur-fitur tambahan yang menyenangkan seperti langganan streaming di berbagai platform yang menyediakan tontonan menghibur.

langganan streaming

Kebutuhan-kebutuhan semacam ini tanpa terasa akan menguras gaji Anda lho. Kalau bisa, nikmati saja layanan gratis tanpa harus membayar biaya langganan. Jika Anda menerapkan cara mengatur gaji bulanan seperti ini, finansial Anda dijamin akan stabil.

10. Bedakan Antara Keinginan dan Kebutuhan

Terkadang Anda hanya punya sedikit kebutuhan namun banyak keinginan. Pada akhirnya, semua keinginan tersebut Anda masukkan sebagai kebutuhan yang harus dipenuhi. Hal ini salah besar.

Memenuhi keinginan akan membuat Anda sulit berhemat. Keinginan biasanya berisi hal-hal yang tidak dibutuhkan dan bisa dipangkan untuk menekan pengeluaran. Itulah mengapa Anda harus jeli dalam membedakan yang mana keinginan dan yang mana kebutuhan.

Belajarlah untuk mengabaikan semua keinginan Anda jika itu tidak penting.

11. Taati Peraturan yang Sudah Dibuat

taati peraturan yang telah dibuat

Itulah beberapa cara mengatur gaji bulanan yang jitu bagi para PNS. Hal tersulit dalam mengatur keuangan adalah menaati semua peraturan yang sudah dibuat sendiri. Kadang Anda masih mudah tergoda mengeluarkan uang untuk kebutuhan yang tidak penting. Oleh karena itu, tetaplah berhati-hati agar keuangan Anda tetap aman ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.