Inilah 10 Cara Manjur Mengatasi Stres di Tempat Kerja

cara mengatasi stres kerja

Manusia bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Setiap orang yang sudah masuk dunia kerja pasti tidak asing stres atau tekanan yang datang akibat pekerjaan.

Tugas-tugas kantor yang berat, persaingan dengan kolega, hingga atasan yang punya banyak tuntutan adalah beberapa faktor stres yang umum. Lalu, bagaimana cara mengatasi stres kerja?

Meski stres karena pekerjaan adalah hal yang umum, Anda harus bisa mengatasi dengan cepat dan tepat agar fokus tidak terganggu. Jangan biarkan stres yang melanda mempengaruhi performa hingga berakibat pada hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: 11 Cara Ampuh Meningkatkan Produktivitas Kerja

Selain itu, rasanya mustahil menemukan pekerjaan yang bebas dari stres. Oleh karena itu, yang terpenting adalah bagaimana mengelola dan mengatasi stres dengan baik. Yuk, simak tips berikut ini.

1. Mulai Hari dengan Rutinitas yang Baik

Agar terhindar dari stres di tempat, mulailah setiap hari dengan rutinitas yang sehat. Misalnya, sebelum pergi kerja santaplah sesuatu yang menyehatkan. Kemudian untuk menghindari stres di perjalanan karena macet panjang, usahakan naik kendaraan umum yang lebih cepat atau berangkat lebih awal di pagi hari.

Lakukan kebiasaan ini setiap pagi secara terus menerus sebagai manajemen stres yang baik, tidak hanya di tempat kerja saja tetapi juga di kehidupan Anda secara umum. Dengan pikiran yang tenang dan rileks, Anda tidak akan mudah bereaksi terhadap tekanan kerja.

2. Kendalikan Reaksi Anda

Anda akan mengalami stres jika situasi di tempat kerja menjadi tidak terkendali. Hormon stres Anda bisa meningkat, dan dalam kondisi yang sangat parah bisa menurunkan kepercayaan diri dan konsentrasi.

mengendalikan reaksi untuk mengatasi stres

Untuk mengurangi sikap reaktif seperti ini, identifikasi hal-hal yang mungkin menimbulkan stres dalam diri Anda. Saat kondisi tersebut muncul, sebisa mungkin kendalikan reaksi Anda, bila perlu tidak usah menanggapi agar Anda tidak terbawa emosi. Selesaikan dengan langkah yang nyata dan berusahalah mengikhlaskan hal-hal yang tidak bisa Anda kendalikan.

3. Hindari Konflik di Tempat Kerja

Konflik yang terjadi di tempat kerja akan menguras emosi dan fisik sekaligus, apalagi dengan sesama kolega. Rasanya tidak mungkin menghindari adanya konflik antar rekan kerja, namun bukan berarti Anda tidak bisa meminimalisir hal tersebut.

Cara mengatasi stres kerja dengan menghindari konflik adalah tidak menggunjing kolega sendiri, tidak terlalu terbuka dengan opini pribadi Anda mengenai topik-topik sensitif seperti agama dan politik, serta berhati-hati dengan candaan di kantor. Tetapi jika Anda masih saja berkonflik, atasi dengan cara yang bijaksana.

4. Buat Diri Anda Nyaman di Kantor

Kadang stres di tempat kerja datang bukan karena pekerjaan, namun karena faktor-faktor di luar itu. Misalnya, meja kerja dan kursi yang tidak nyaman sehingga menyebabkan punggung mudah sakit dan nyeri.

rasa nyaman di kantor bisa mengurangi stres

Untuk mencegahnya, buat diri Anda senyaman mungkin di meja kerja. Entah itu dengan menaruh bantal empuk di kursi atau menata meja dengan dekorasi yang Anda sukai.

5. Lupakan Multitasking

Jika banyak yang bilang multitasking adalah cara untuk memaksimalkan waktu secara efisien dan membuat pekerjaan selesai lebih cepat, sebaiknya Anda jangan mudah percaya.

Faktanya, cara mengatasi stres kerja adalah dengan menyelesaikan pekerjaan satu demi satu, bukan beberapa tugas sekaligus.

Baca juga: 10 Strategi Beradaptasi di Tempat Kerja Baru

Multitasking akan membuat otak merasa terbebani, hingga ia akan mengirimkan sinyal lelah pada tubuh. Akibatnya, pekerjaan akan semakin menumpuk dan menyebabkan stres bagi diri Anda.

Sebaiknya, bagilah satu pekerjaan besar menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan mudah. Ini juga cara lain untuk menghindari stres karena beban pekerjaan yang dirasa terlalu berat.

6. Aktivitas Fisik Ringan di Sela-Sela Pekerjaan

Anda yang sepanjang hari bekerja dengan duduk di belakang meja punya potensi stres yang lebih besar dibandingkan pekerja lapangan. Otot-otot tubuh yang kaku dan tegang membuat Anda menjadi lebih sensitif terhadap stres.

lakukan olahraga ringan saat luang di waktu kerja

Rilekskan diri dengan melakukan aktivitas fisik ringan. Tidak perlu jauh-jauh, lakukan pelemasan di kursi kerja Anda atau berjalanlah ke luar kantor saat jeda makan siang. Aktivitas fisik melepaskan banyak hormon positif dalam tubuh yang dapat meningkatkan suasana hati Anda sekaligus menjaga bentuk tubuh ideal.

7. Jaga Diri dari Sikap Perfeksionis

Satu lagi cara mengatasi stres kerja yang harus Anda perhatikan: hindari sikap perfeksionis. Memberikan yang terbaik dalam setiap pekerjaan bisa membuat diri sendiri merasa puas dan meningkatkan performa di tempat kerja.

Hal ini berbeda dengan sikap perfeksionis yang justru bisa membuat orang-orang di sekitar Anda menjadi tidak nyaman. Apalagi jika tugas sedang menumpuk dan Anda juga dikejar deadline, mungkin malah mustahil bisa menyelesaikan segala sesuatu dengan sempurna.

Alih-alih menjadi sempurna, berikan yang terbaik yang ada dalam diri Anda. Fokuskan diri pada usaha tanpa mengkhawatirkan hasilnya secara berlebihan.

8. Dengarkan Musik dalam Perjalanan

Mendengarkan musik punya banyak manfaat untuk meredakan stres. Apalagi setelah hari yang panjang dan melelahkan, musik adalah hiburan tersendiri yang bisa menjadi cara mengatasi stres kerja terbaik.

dengarkan musik selama dalam perjalanan dari dan ke kantor

Sepulang kerja di perjalanan, nyalakan musik yang Anda sukai dan biarkan diri Anda larut di dalamnya. Musik bisa membantu memperbaiki suasana hati, sehingga Anda bisa lebih berbahagia menyambut keluarga di rumah.

9. Tidur Cukup di Malam Hari

Salah satu kunci menghindari stres adalah dengan istirahat yang cukup. Pastikan setidaknya Anda tidur selama 7-8 jam di malam hari. Kurangnya istirahat menyebabkan diri Anda menjadi lebih sensitif dan berdampak buruk juga bagi kesehatan tubuh.

Namun dengan tidur lebih awal, Anda akan merasa segar di pagi dan siap untuk beraktivitas. Jika Anda belum terbiasa, maka lakukanlah mulai dari sekarang. Bangun lebih awal di pagi hari jauh lebih baik untuk kesehatan fisik dan mental daripada begadang hingga larut malam.

Oleh karena itu, usahakan semua pekerjaan selesai sebelum Anda pulang ke rumah sehingga Anda bisa istirahat dengan tenang tanpa gangguan tugas yang masih menumpuk.

10. Lepaskan Diri dari Pekerjaan di Akhir Pekan

Setelah mengalami hari-hari yang berat dan panjang di kantor, dedikasikan akhir pekan untuk meningkatkan kualitas hidup. Lakukan hal-hal yang ingin Anda lakukan, selama itu tidak berhubungan dengan pekerjaan. Bila perlu, matikan ponsel Anda agar tidak mengganggu.

berliburlah di akhir pekan untuk menghilangkan stres

Habiskan waktu bersama keluarga, bertemu dengan teman-teman, atau sekedar memanjakan diri sendiri. Manfaatkan dua hari yang berharga untuk mengisi kembali energi Anda supaya siap untuk kembali bekerja di awal pekan.

Itulah berbagai cara mengatasi stres kerja yang mudah dan sederhana. Tekanan ini akan selalu ada dari waktu ke waktu, sehingga yang terpenting adalah bagaimana mengelola dan mengatasi stres dengan baik. Ingatlah bahwa masih banyak orang yang belum bekerja dan mengharapkan ada di posisi Anda saat ini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.