10 Cara Menata Ruang Kantor yang Sempit Agar Nyaman dan Produktif

cara menata ruang kantor yang sempit

Salah satu yang menjadi permasalahan tempat kerja adalah luas ruang yang tersedia, sehingga informasi mengenai cara menata ruang kantor yang sempit menjadi penting. Karena, sebagian kantor yang ada saat ini banyak yang berada di wilayah komplek atau ruko.

Tentu, sebagian tempat kerja memang tempatnya terbatas, berbeda dengan bangunan yang sengaja dibuat untuk perkantoran. Tapi Anda tidak perlu khawatir, tidak menjadi masalah jika Anda harus membuat kantor yang minimalis.

Jika Anda tidak memiliki gambaran atau inspirasi harus membuat kantor yang seperti apa, maka bisa mencari contoh desain sebanyak-banyaknya di internet. Bisa juga Anda berkomunikasi dengan ahli tata ruang untuk membicarakan soal penataan ruang kerja yang terbatas agar tetap membuat semua pegawai nyaman.

Cara Menata Ruang Kantor yang Sempit Tapi Tetap Efektif

Meskipun ruang yang tersedia cukup kecil, bukan menjadi alasan bagi Anda untuk mengurungkan niat dalam mendirikan kantor. Karena, Anda tetap bisa menjadikan bangunan tersebut sebagai tempat kerja asalkan pandai dalam menata ruang. Anda bisa menyeimbangkan dengan barang-barang yang mini juga, seperti meja kerja. Mungkin sebagai inspirasi beberapa cara penataan ruang kantor berikut akan sedikit membantu.

1. Memilih Warna yang Cerah

Perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya warna juga mempengaruhi ruangan yang sedang Anda tempati. Ketika memilih warna gelap, maka kesan yang akan timbul adalah ruangan kerja yang sempit dan mengakibatkan rasa jenuh. Namun sebaliknya, ketika Anda memilih warna terang maka kesan yang keluar adalah ruangan luas dan tampak lebih lega.

Bahkan, tidak hanya warna cat atau dinding saja yang harus dipilih dengan sangat selektif. Tapi, untuk perabotannya juga pastikan memilih yang warnanya cerah. Dengan begitu, ruangan dengan perabotan akan seimbang dan tampak bagus.

Baca juga: 10 Cara Menjaga Semangat Kerja Agar Tetap Membara

2. Jangan Menaruh Banyak Hiasan Bermotif

Selain warna, motif juga sangat penting untuk diperhatikan. Ketika ruang kantor Anda sempit, pastikan tidak memilih hiasan yang mengandung terlalu banyak motif atau warna. Pilihlah yang polos dan sederhana sehingga membuat ruangan Anda tidak tampak semakin penuh dan sesak. Bila perlu, gunakan hiasan yang sekiranya memiliki nilai fungsi saja agar tidak terlalu banyak perabotan di dalamnya.

3. Menggunakan Kaca Untuk Pembatas Ruangan dan Dinding

Hal yang mungkin sudah diketahui oleh banyak orang adalah penggunaan kaca untuk dinding dan juga sekat ruangan. Ketika Anda menggunakan full kaca, maka kesan luas pada ruangan akan sangat terlihat.

Tidak heran, jika sebagian besar kantor minimalis selalu memilih material kaca untuk bangunannya. Selain mampu memberikan kesan luas, dengan material kaca kantor Anda akan tampak lebih unik dan memiliki nilai seni.

4. Berhati-Hati dalam Memilih Furniture

Setelah mempertimbangkan material yang akan digunakan untuk bangunan kantor, Anda juga harus berhati-hati dalam memilih furniture. Ketika ruangan kerja milik Anda tidak begitu luas alias sempit, maka pastikan Anda memilih furniture apapun yang ukuranya kecil.

Karena, ketika Anda memilih furniture berukuran besar, maka akan membuat ruangan menjadi sempit dengan jumlah barang yang sedikit. Nah, inilah kesalahan yang seringkali masih terjadi di sebagian kantor yang memiliki suasana membosankan.

Baca juga: Cara Memilih KPR yang Tepat: 8 Hal Yang Perlu Anda Tahu

5. Memanfaatkan Setiap Sudut Ruang Semaksimal Mungkin

Mungkin jika ruangan kantor luas, tidak masalah jika setiap sudut hanya digunakan untuk tempat hiasan saja. Tapi, berbeda jika ternyata tempat untuk kantor terbatas alias sempit, Anda harus bisa membagi dan memanfaatkan setiap sudut dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai Anda membuang sudut ruang dan hanya menggunakan bagian tengah saja.

Apabila hal seperti ini tidak Anda perhatikan, maka dampaknya adalah kekurangan tempat untuk beberapa kebutuhan. Dimana biasanya ruangan-ruangan tak terduga sangat dibutuhkan, misalnya untuk menyimpan dokumen penting.

6. Jangan Biarkan Ada Barang yang Tidak Penting di Ruang Kerja

Memperbanyak hiasan untuk tempat kerja yang sempit bukanlah pilihan tepat. Karena, efek yang akan ditimbulkan adalah terlihat penuh dan semakin sempit. Jadi, Anda harus bisa memastikan agar semua barang yang tidak memiliki nilai fungsi tidak berada di ruangan kantor. Karena, ketika terlalu banyak perabotan yang tidak dibutuhkan akan sangat mengganggu kinerja dan proses produksi.

7. Letakkan Meja Kerja di Dekat Jendela

Meletakan meja untuk kerja di dekat jendela artinya tepat di bagian pinggir kantor. Cara ini sangat recommended agar Anda bisa mengisi ruangan lebih banyak lagi. Selain berdampak baik pada kesan ruangan Anda, karyawan juga akan merasa lega dan bisa membuat rasa bosannya ketika lelah bekerja melalui jendela.

Karena, dengan jendela karyawan bisa melihat ke arah luar setiap saat terutama untuk mencari inspirasi ketika sedang jenuh.

Baca juga: Inilah 10 Cara Manjur Mengatasi Stres di Tempat Kerja

8. Pasang Pintu Berukuran Besar

Ruangan yang tergolong sempit akan terkesan luas ketika Anda memasang pintu dengan ukuran besar. Apalagi jika dinding-dinding sudah terlanjur terbuat dari material non kaca, pasti Anda akan merasa risih ketika menggunakan pintu dengan ukuran kecil atau normal.

Jadi, sebisa mungkin Anda mencari pintu yang besar tapi terbuat dari kaca sehingga akan membuat karyawan merasa enjoy dalam bekerja. Selain itu, karyawan bisa langsung melihat ke arah luar dan tidak jenuh karena hanya melihat ruangan yang sempit.

9. Hindari Penggunaan Sekat

Apabila ruangan terlalu sempit maka pastikan Anda tidak memberikan sekat satupun di kantor. Karena, dengan adanya sekat itu saja seolah membuat ruangan memakan terlalu banyak tempat untuk bagian-bagian yang tidak begitu penting. Mungkin jika memang Anda harus menggunakan sekat, maka bisa memanfaatkan rak sebagai pengganti. Dimana akan lebih bermanfaat dan memiliki nilai fungsi.

Inilah salah satu cara meminimalisir penggunaan perabot yang tidak berguna dengan barang yang lebih bermanfaat.

10. Gunakan Meja Panjang

Terakhir, Anda bisa menggunakan meja panjang untuk tempat kerja para karyawan agar lebih ringkas. Daripada Anda harus membeli meja dengan jumlah banyak sebaiknya menggunakan meja panjang saja.

Selain ringkas, Anda juga bisa berhemat dan sekaligus mendekor ruang kantor agar lebih santai. Dengan begitu, karyawan tidak akan merasa bosan ketika harus menyelesaikan pekerjaan yang cukup menguras pikiran.

Tempat kerja yang sederhana biasanya dimiliki oleh orang-orang yang baru memulai bisnis. Hal ini bahkan sudah menjadi lumrah karena modal awal yang digunakan memang masih kecil. Tapi, untuk bisa mengembangkan usaha dengan cepat tentu Anda harus bisa membuat kantor yang sempit tetap enak dilihat oleh pengunjung kantor.

Bisa jadi juga jika untuk kantor sekolah mungkin tidak selamanya memiliki ruang yang luas. Beberapa cara menata ruang kantor yang sempit di atas, mungkin bisa membantu Anda agar tetap memiliki ruangan yang bagus. Maka dari itu, soal penataan ruang bukanlah hal yang mudah dan membutuhkan banyak inspirasi agar tetap tampak elok dan tertata dengan baik sehingga tidak mengganggu kinerja.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Exit mobile version