13 Cara Memperkuat Daya Ingatan dan Kecerdasan Seseorang

cara memperkuat daya ingatan

Terus-terusan lupa padahal sudah berusaha mengingat tentu jadi masalah, sehingga tentu Anda membutuhkan tips dan cara memperkuat daya ingatan. Lebih banyak lupa daripada ingat tak melulu karena kecerdasan yang menurun, meskipun sebagian orang menilai demikian. Sebab terkadang, sikap pelupa ini disertai dengan daya tangkap yang kurang.

Menurut Islam wajar bila kita sering lupa akan suatu hal, mungkin itu hanya Anda saja yang kurang fokus atau sedang banyak pikiran. Daripada hanya memakluminya saja atau merasa terganggu, temukan bagaimana cara menyembuhkannya secara alami. Ya, cara menyembuhkannya tak melulu harus dengan obat, ada beberapa jenis makanan yang siap membantu Anda.

Cara Memperkuat Daya Ingatan

Mulai dari cara memperkuat daya ingatan yang wujudnya adalah mengkonsumsi makanan tertentu, mengurangi asupan makanan dan minuman tertentu, hingga melakukan usaha-usaha untuk mempertajam pikiran. Berikut ada tiga belas cara yang bisa dilakukan supaya daya ingat Anda semakin kuat.

1. Mengkonsumsi Coklat Hitam

Ada kandungan di dalam coklat hitam yang bila dikonsumsi akan memberikan dampak baik untuk otak. Dampaknya adalah menjadikan aliran darah neuron di bagian otak semakin baik, adapun aliran darah yang semakin baik ini adalah aliran darah yang berkaitan langsung dengan memori.

Nama kandungan yang ada di coklat hitam ini adalah flavonoid. Dengan rutin mengkonsumsi coklat hitam, Anda bisa mendapatkan kandungan yang super bermanfaat ini.

2. Mengkonsumsi Makanan Anti-Inflamasi

ilustrasi makanan sehat sebagai cara memperkuat daya ingatan

Bisa disebut sebagai saran untuk rain mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan. Seperti yang kita tahu, antioksidan merupakan senyawa yang tugasnya adalah untuk memperbaiki sel dalam tubuh yang terpapar radikal bebas.

Apabila radikal bebas terus menumpuk di dalam tubuh, maka akan terjadi stres oksidatif yang menyebabkan peradangan. Alhasil, daya ingatan bisa menurun karena peradangan ini.

Baca juga: 13 Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Kerja Diri Sendiri

3. Mengkonsumsi Vitamin D

Selain coklat hitam dan makanan anti-inflamasi atau yang kaya akan antioksidan, Anda juga dianjurkan untuk rajin mengkonsumsi vitamin D. Telah diteliti bahwa kekurangan vitamin D ternyata bisa meningkatkan risiko terkena demensia, sebuah penyakit yang membuat daya ingat turun. Jangan sampai Anda terkena penyakit ini, caranya dengan menambah asupan vitamin D.

4. Aktif Bersosial

Ternyata pasif bersosial adalah salah satu penyebab daya ingat menurun. Mungkin saja selama ini Anda terlalu sibuk dengan gadget sehingga kurang peduli dengan sosial sehingga jarang melakukan komunikasi atau interaksi. Sepertinya kebiasaan ini harus segera dikurangi.

Aktif bersosial tak hanya sebagai usaha memperkuat daya ingat saja. Akan ada manfaat-manfaat lain yang bisa didapat setelahnya. Misalnya Anda mendapatkan relasi baru, bisa menambah wawasan, belajar dari pengalaman orang, dan hal lainnya yang bermanfaat.

5. Memperhatikan Waktu Beristirahat

ilustrasi tidur sebagai cara memperkuat daya ingatan

Jika selama ini Anda kurang tidur, bisa jadi hal inilah yang membuat daya ingat Anda menurun. Kurang tidur atau waktu untuk beristirahat yang kurang sangat bisa membuat daya ingat menurun. Karenanya, apa yang harus Anda lakukan adalah mengupayakan tidur dan istirahat yang cukup.

Boleh-boleh saja workaholic atau selalu menambah pekerjaan, namun jangan lupakan kondisi fisik Anda. Malahan, kurang tidur tak hanya membuat daya ingat menurun saja. Ada beberapa penyakit yang sedang menunggu untuk datang dan proses metabolisme tubuh akan berjalan kurang sempurna.

Baca juga: 10 Tips Posisi Sikap Duduk Yang Benar Dan Sehat

6. Rajin Olahraga

Sejauh ini Ada kurang suka olahraga? Atau malahan tidak suka olahraga? sebaiknya segera agendakan rutinitas berolahraga demi mendapatkan daya ingat yang lebih kuat. Apalagi jika ditambah dengan asupan-asupan yang telah disebutkan sebelumnya, pasti akan semakin maksimal saja kinerja otak dalam memperbaiki daya ingat yang sempat menurun.

7. Mengatur Aktivitas Harian

Mungkin apa yang membuat Ada menjadi sosok pelupa adalah lupa dalam melakukan suatu hal. Seharusnya dalam satu hari ada beberapa aktivitas atau kegiatan sekaligus yang harus dilakukan, namun Anda tidak melakukan semuanya dikarenakan lupa.

Kalau begitu, resolusinya adalah untuk mengatur aktivitas harian Anda. ini bisa dilakukan dengan cara membuat catatan di pagi hari atau malam sebelumnya terkait aktivitas apa saja yang harus dilakukan di hari itu.

8. Mengurus Diri Sendiri

ilustrasi tidak mengurus diri sendiri berakibat menjadi orang yang malas

Bermalas-malasan dan selalu menyuruh orang lain untuk membantu serta melakukan tugas Anda ternyata berpotensi untuk menurunkan daya ingat. Imbasnya memang secara tidak langsung, namun ada alasan logis mengapa bisa demikian.

Anda cenderung memiliki sifat malas sehingga enggan mengurus diri sendiri. Jika fisik sudah malas, maka psikis pun akan mengikutinya. Karenanya, untuk mengingat saja akan terasa sulit.

Baca juga: 10 Cara Menjaga Semangat Kerja Agar Tetap Membara

9. Mengurangi Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan yang dikonsumsi ternyata bisa membuat tubuh mencerna karbohidrat dengan cepat. sebab di dalam karbohidrat olahan terkandung glikemik yang tinggi. Jika tubuh mencerna karbohidrat secara cepat, maka akan terjadi lonjakan kadar gula darah.

Jika kadar gula darah sudah meningkat, maka akan terjadi penurunan fungsi kognitif yang berkaitan langsung dengan daya ingat. Adapun makanan-makanan yang tergolong karbohidrat olahan antara lain sereal, biskuit, roti, dan kue.

10. Mengurangi Alkohol

Alkohol jangan sampai berlebihan dikonsumsinya jika Anda menginginkan otak yang sehat yang memiliki memori bagus. Jika benar saat ini Anda aktif minum alkohol, sebaiknya kurangi intensitas dan jumlahnya supaya daya ingat tak semakin menurun.

11. Melatih Otak

ilustrasi bermain rubik kubus untuk menstimulasi otak sebagai cara memperkuat daya ingatan

Banyak game-game baik secara online maupun offline yang didesain khusus untuk melatih otak. Mungkin sejauh ini Anda kurang suka memainkannya. Entah itu karena membosankan, tidak tahu cara memainkannya, atau kendala lainnya. Jika benar saat ini keluhan Anda adalah daya ingat menurun, cobalah memainkan game yang melatih otak. Lihat hasilnya setelah berhari-hari menjadikan hal ini sebagai rutinitas. Apakah ada perbedaan? Pasti ada.

Baca juga: Inilah 10 Cara Manjur Mengatasi Stres di Tempat Kerja

12. Melakukan Meditasi yang Tepat

Luangkan waktu untuk melakukan meditasi, sebuah meditasi di mana Anda bisa benar-benar rileks. Sebaiknya lakukan meditasi ini di pagi hari, beberapa jam sebelum berangkat kerja. Karena meditasi pula, manfaat lain bisa dirasakan. Seperti misalnya rasa lelah yang hilang dan tekanan darah yang menurun.

13. Mengurangi Konsumsi Gula

Sedikit tentang poin ini sudah dijelaskan sebelumnya. Bahwasannya, kadar gula darah yang tinggi bisa menurunkan fungsi kognitif yang mempengaruhi daya ingatan. Segera saja kurangi konsumsi gula supaya hal ini tidak terjadi.

Bisa dicoba satu per satu cara memperkuat daya ingatan di atas atau langsung memilih yang sekiranya adalah problem Anda saat ini. seperti misalnya, Anda merasa bahwa sejauh ini Anda kurang latihan otak, maka segera saja lakukan apa resolusinya di atas. Atau mungkin selama ini Anda terlalu banyak mengkonsumsi gula, Anda tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Di awal mungkin Anda kurang merasakan perubahannya. Namun jika Anda sendiri terus berusaha untuk mendapatkan daya ingatan yang kuat, maka pasti ada hasilnya. Jika yang Anda lakukan adalah mengkonsumsi makanan tertentu atau justru menghindari asupan tertentu, maka lakukan serutin mungkin.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.