Cara Memilih Bimbel CPNS: Pahami 11 Hal Ini Sebelum Memilih

cara memilih bimbel cpns

Salah satu harapan kebanyakan orang saat ini terutama orang tua adalah agar lulus CPNS. Banyak cara dilakukan agar bisa lulus CPNS seperti selektif dalam cara memilih bimbel CPNS.

Sayangnya, tidak semua tempat memiliki kualifikasi yang sebanding dengan apa yang dijanjikan. Seperti biayanya besar namun prestasi dari tempat tersebut kurang baik.

Sehingga membuat Anda percuma untuk mengeluarkan biaya yang besarnya sesuai dengan yang dipatok.

11 Tips dan Cara Memilih Bimbel CPNS agar Mudah Lolos

Setiap orang yang melamar menjadi CPNS berharap banyak untuk lolos dan kemudian menjadi abdi Negara. Untuk memilih bimbel CPNS yang tepat agar Anda mudah untuk lolos ke tahapan selanjutnya hingga menjadi ASN, ada bisa mencoba trik berikut.

1. Memberi Jaminan

kualitas kontrol yang memberikan jaminan

Salah satu yang paling dicari adalah jaminan. Anda harus cermat memilih mana saja yang menjamin lulus. Dengan begitu Anda bisa lebih leluasa dan lebih fokus dalam mengerjakan soal.

Ada banyak jaminan yang dapat Anda pertimbangkan, misalnya uang kembali 50% jika tidak lolos. Namun, pastikan jika janji atau jaminan yang diberikan tersebut masuk akal dengan programnya. Jika tidak, bisa jadi itu penipuan.

2. Bertanya ke Pihak Lain

Pertimbangkan masalah kenyamanan dan kebenaran dengan bimbel tersebut. Akan benar-benar bisa menjamin dan memberikan hasil yang maksimal atau tidak. Takutnya Anda terjebak dalam bahasa marketing yang dibuat oleh tempat tersebut.

Jika tidak ada yang dapat Anda tanyai, Anda bisa mencarinya di internet. Misalnya dengan memasukkan kata-kata penipuan di bimbel XXX. Jika muncul komentar atau konten negative yang terlalu banyak, Anda bisa menyingkirkan atau tidak memilih bimbel tersebut.

3. Pengalaman

bimbel cpns berpengalaman

Perhatikan pengalaman dari bimbel tersebut. Apakah ada pengalaman yang mengangkat nama dari bimbel tersebut. Misalnya sekitar 80% yang belajar di tempat tersebut sukses dan lolos tes CPNS.

4. Lokasi dan Kondisi Bimbel

Ketahui tempat dari bimbel tersebut. Ditakutkan lokasi bimbel yang terlalu jauh akan berpengaruh dengan kesehatan Anda. apalagi jika Anda mendapatkan informasi bimbel tersebut dari internet.

Cek lokasinya apakah fiktif atau tidak. selain itu, cek juga kondisi dari tempat tersebut. Sehingga selama belajar untuk tes CPNS, Anda akan lebih nyaman.

5. Fasilitas

Tanyakan ke pengurus apakah di tempat bimbel tersebut memiliki fasilitas atau tidak. misalnya saja untuk saat ini tes CPNS dengan sistem CAT. Sehingga mau tidak mau Anda harus menanyakan apakah tersedia komputer atau laptop yang dapat dipinjam atau tidak.

6. Biaya

biaya bimbel cpns

Masing-masing bimbel memiliki biaya yang berbeda satu dengan yang lainnya. Sehingga Anda harus selektif dan mempertimbangkan mana bimbel yang memiliki biaya yang terjangkau dan mana yang tidak.

Sebanding atau tidak biaya tersebut dapat Anda bandingkan dengan apa yang Anda dapat dan apa yang ditawarkan. Jangan sampai Anda harus membayar mahal namun tidak diimbangi dengan fasilitas yang mumpuni.

7. Lihat Pengajarnya

Umumnya orang yang menjadi pengajar di tempat tersebut memiliki pengalaman dalam mengambil ujian CPNS. Namun, selain itu, pilih bimbel yang kompetensi pengajarnya mumpuni.

Tidak hanya mengerti dengan apa yang diajarkan namun juga menjaga mental dan semangat dari orang yang belajar.

Ada bisa meminta tolong atau bertanya siapa saja yang mengajar dan bagaimana background dari orang tersebut.

Jika orang yang mengajar tersebut terbilang masih baru, Anda bisa menanyakan prosentase kelulusannya. Sehingga hal tersebut akan menjadi pertimbangan tersendiri untuk Anda memilih bimbel.

8. Suasana Belajar

suasana belajar bimbel

Bukan hal yang baru ketika masuk ke kelas, Anda akan merasakan suasana yang kompetitif. Hal tersebut tentunya akan membuat Anda minder jika Anda tidak percaya diri. Apalagi bila kemampuan akademik Anda kurang bagus.

Jika suasana belajar cukup menyenangkan, apalagi cara penyampaian materi yang mudah diterima. Maka Anda akan lebih semangat belajar dan siap untuk ujian CPNS.

9. Kemudahan Mendaftar

Salah satu penghambat mengapa tidak menjadi mendaftar adalah karena cara mendaftar yang susah. Misalnya harus 100% dibayar di awal. Sedangkan Anda termasuk orang yang memiliki kondisi keuangan yang kurang baik saat itu.

Karena hal tersebut pilih yang memudahkan Anda untuk mendaftar. Tidak hanya sekedar mendaftar namun juga administrasinya.

10. Program

Pilih bimbel yang menawarkan program yang jelas. Walaupun itu membuat Anda harus menginap atau lebih eksklusif, namun Anda harus menjadi bimbel yang terbuka membagi informasi program tersebut. Misalnya apa saja yang akan dilakukan di tempat tersebut.

11. Persiapan

persiapan menuju tes cpns

Persiapan ini berkaitan dengan program yang diberikan. Cari dan pilih bimbel yang memiliki persiapan yang cukup. Minimal persiapannya adalah 3 bulan.

Sehingga jika ada yang menawarkan program kurang dari 3 bulan dan jaminannya terlalu tinggi seperti lolos. Maka Anda harus khawatir. Apakah bimbel tersebut fiktif atau tidak.

Jadi, dengan 11 cara memilih bimbel PNS tersebut, Anda bisa mendapatkan bimbel yang memberikan hasil yang efektif. Sehingga Anda bisa nyaman dalam belajar dan hasilnya sesuai dengan yang diharapkan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.