9 Cara Ampuh Manajemen Waktu Untuk PNS

cara manajemen waktu pns

Sudah bekerja dan menjadi seorang PNS memang dianggap membanggakan, namun juga memiliki tantangan tersendiri. Apalagi jika telah diterima menjadi PNS, seseorang harus mengabdikan hidupnya terhadap tugas negara yang diberikan hingga masa pensiun tiba.

Hal ini tentu tidak mudah, apalagi jika Anda telah memiliki keluarga kecil, tentu harus pintar-pintar membagi waktu bagi keluarga atau bekerja.

Dengan mengatur waktu dengan baik, Anda dapat melakukan kegiatan dalam waktu dekat. Cara ampuh manajemen waktu bisa dilakukan dengan membuat daftar kegiatan terdekat.

Sehingga Anda bisa mengetahui jadwal kosong atau waktu luang. Waktu luang ini bisa dimanfaatkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Namun selain itu, apa tips-tips yang bisa dilakukan oleh Pegawai Negeri Sipil untuk me-manage waktunya?

Pentingnya Manajemen Waktu Dengan Baik

pentingnya manajemen waktu

Kemampuan manajemen waktu perlu dimiliki oleh pekerja, termasuk para Pegawai Negeri Sipil. Kemampuan tersebut akan membuat agenda atau jadwal menjadi lebih efektif dilakukan.

Apalagi jika Anda sering melakukan kegiatan multitasking dan sangat sibuk, mengatur waktu akan membuat setiap kegiatan dapat diikuti dengan baik.

Selain untuk membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan efektif, manajemen waktu juga berdampak pada hal lainnya, antara lain adalah keluarga dan hobi.

Apabila Anda telah memiliki keluarga, tentu harus membagi waktu antara keduanya. Apalagi jika Anda juga telah dikaruniai buah hati.

Waktu untuk bermain dengan si kecil harus tetap Anda luangkan meski sibuk di dunia pekerjaan. Jadi manajemen waktu tidak hanya berdampak pada pekerjaan Anda, namun juga merupakan untuk menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan hal lain.

Jika Anda tidak mampu memanajemen waktu dengan baik, maka akan sangat berpengaruh pada kehidupan Anda. manajemen waktu adalah salah satu konsep dari work smarter yang dapat dilakukan oleh siapapun, termasuk para Pegawai Negeri Sipil.

Cara Manajemen Waktu Bagi PNS

Mengatur waktu dengan baik memang susah-susah gampang. Pasalnya, Anda harus memiliki niat yang kuat untuk tidak menyia-nyiakan waktu Anda.

Selain itu, selalu ada godaan untuk berleha-leha atau menunda pekerjaan yang berujung dengan keterlambatan. Jika hal ini terus berulang tentu akan membuat pekerjaan Anda sebagai PNS terancam.

Belum lagi, pekerja PNS harus datang dan pulang sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Maka dari itu, beberapa tips berikut ini bisa Anda terapkan sebagai cara manajemen waktu untuk PNS.

1. Membuat Daftar Kegiatan

daftar kegiatan

Membuat daftar kegiatan adalah cara ampuh manajemen waktu yang bisa dilakukan oleh PNS. dengan membuat daftar kegiatan ini, Anda dapat mengetahui kegiatan jangka pendek dan jangka panjang.

Sehingga dapat memutuskan mana yang akan menjadi prioritas. Selain itu, membuat daftar kegiatan juga bisa dilakukan pada kegiatan harian. Seperti kegiatan di pagi hari, siang hingga malam. Buat daftar kegiatan dan lihat progress Anda setiap harinya.

2. Membuat Daftar Prioritas

daftar prioritas

Manajemen waktu tidak cukup hanya dengan membuat kegiatan, karena Anda harus membuat daftar prioritas dari kegiatan-kegiatan tersebut. belajar membuat daftar prioritas dilakukan dengan menyusun kegiatan dari yang terpenting.

Selain itu, selalu menyelesaikan kegiatan yang membutuhkan banyak tenaga di awal hari. Lalu, melanjutkan kegiatan dengan menyelesaikan pekerjaan yang lebih mudah.

3. Memulai Lebih Awal

memulai lebih awal

Menunda-nunda pekerjaan adalah salah satu sumber masalah. Pasalnya, pekerjaan yang dimulai lebih dulu tentu akan cepat selesai dibanding dengan menunda-nundanya. Selain itu, menunda pekerjaan akan membuat waktu menyelesaikan kerja menjadi lebih sedikit, sehingga berpengaruh pada hasil yang akan didapatkan.

Maka dari itu, Anda bisa memulai pekerjaan lebih awal agar pekerjaan tersebut bisa dilakukan dengan baik serta mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan.

4. Mengabaikan Hal yang Tidak Penting

mengabaikan hal yang tidak penting

Untuk memanajemen waktu yang baik, Anda harus mampu menyingkirkan hal-hal yang tidak penting yang ingin dilakukan. Misalnya setelah pulang bekerja, Anda diajak oleh teman untuk nongkrong di café atau tempat makan di kota.

Namun sebenarnya jika Anda tidak ikut serta pun tidak masalah. Maka Anda harus pilah-pilih dalam melakukan sesuatu, jika hal tersebut tidak perlu untuk dilakukan maka jangan dilakukan. Karena hal  tidak penting yang dilakukan tetap menyita waktu Anda.

5. Fokus

fokus

Kegiatan multitasking mungkin terlihat sebagai solusi dalam menghemat waktu. Namun ternyata multitasking atau melakukan beberapa hal sekaligus bukan hal yang dianjurkan. Saat melakukan multitasking, fokus seseorang akan terbagi dalam melakukan ini dan itu.

Hal ini malah akan membuat dampak buruk yaitu terpecahnya konsentrasi yang berpengaruh pada hasil kerja nantinya. Misalnya saat harus menuliskan sesuatu, dibanding dengan menulis sambil browsing mencari data, Anda dapat melakukan browsing terlebih dahulu lalu menuangkannya ke dalam tulisan. Sehingga fokus Anda tidak terbagi dan akan mendapatkan hasil yang lebih baik.

6. Estimasi Waktu Penyelesaian Pekerjaan

estimasi dalam manajemen waktu

Cara ampuh mengatur waktu dengan baik selanjutnya adalah dengan menghitung estimasi waktu yang dihabiskan untuk menyelesaikan pekerjaan. Selain menghitung estimasi, Anda juga harus menentukan berapa lama Anda akan menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Dengan demikian, waktu yang Anda miliki sebagai PNS akan tetap produktif. Penentuan waktu ini akan membantu Anda dalam mengelola setiap waktu yang Anda punya. Meskipun dalam prakteknya, Anda harus menambah waktu untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

7. Ambil Jeda dan Melakukan Sesuatu Lebih Sedikit

rehat sejenak

Pekerjaan yang dilakukan dengan cepat memang terlihat baik. Namun, jika hal tersebut memberikan tekanan tentu akan berdampak buruk bagi Anda. maka, Anda bisa mengambil jeda untuk pekerjaan yang dilakukan. Karena, sesuatu yang dilakukan dengan buru-buru tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Selain itu, Anda dapat mengambil pekerjaan lebih sedikit dibanding dengan mengambil semua pekerjaan dan membuatnya lebih menumpuk namun tidak tahu kapan akan diselesaikan. Mengambil pekerjaan lebih sedikit bisa menjadi cara untuk memanajemen waktu dengan baik, namun hal ini bukan berarti Anda diperbolehkan lalai dalam bekerja ya.

8. Berkomitmen Menyelesaikan Pekerjaan

manajemen waktu meningkatkan komitmen kerja

Bekerja sebagai PNS yang harus mengisi rutinitas setiap hari terkadang membuat jenuh. Sehingga diperlukan komitmen agar dapat menyelesaikan setiap pekerjaan yang diberikan. Berkomitmen melakukan pekerjaan adalah strategi agar pekerjaan dapat selesai sesuai dengan rencana.

Selain itu, Anda juga bisa belajar dari ritual menurut ajaran islam, yaitu salat yang harus dilakukan lima waktu dalam satu hari.

9. Olahraga dan Konsumsi Makanan Sehat

berolahraga

Olahraga dan konsumsi makanan sehat akan memberikan energi pada tubuh dan membuat tubuh menjadi lebih bugar. Memiliki tubuh yang bugar tentu berdampak pada konsentrasi dalam menyelesaikan pekerjaan. Anda bisa memilih akhir pekan untuk berolahraga  atau melakukan stretching di sela-sela bekerja.

Itulah beberapa cara ampuh manajemen waktu yang bisa dilakukan oleh PNS untuk menyelesaikan pekerjaan baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Selain itu, tips-tips di atas juga bisa diterapkan bagi pelajar, karyawan, wirausaha dan lain-lain. Sehingga waktu yang dimiliki menjadi lebih manfaat dan pekerjaan dapat diselesaikan sebagaimana mestinya. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.