Cara Agar Betah di Tempat Kerja Baru: Terapkan 13 Taktik Ini

cara agar betah di tempat kerja baru

Cara agar betah di tempat kerja baru dimaksudkan untuk membantu Anda saat mungkin sedang menghadapi lingkungan kerja yang baru. Yang mana Anda harus beradaptasi supaya dapat memaksimalkan kinerja. Rekan kerja baru juga sistem kerja yang berbeda dari biasanya harus dihadapi.

Akan tetapi, jangan sampai Anda tidak bertahan. Dengan kata lain, mudah menyerah. Sebab, seorang pekerja memang harus fleksibel dan adaptif. Bagaimanapun situasinya, maka sudah menjadi kewajiban untuk dapat menyesuaikan dengan kondisi sekitar.

Tidak berjalannya adaptasi di lingkungan kerja dapat membuat orang tidak betah kerja. Akibatnya, bukan tidak mungkin produktivitas mereka menurun. Jangan sampai hal ini terjadi pada Anda. Apalagi saat Anda menjadi PNS yang mengemban tanggung jawab untuk memberikan pelayanan terbaik kepada publik.

Tips Agar Betah di Tempat Kerja Baru

Tempat kerja baru akan mengantarkan Anda pada nuansa yang baru pula. Artinya, bisa saja Anda disambut dengan dunia kerja yang bersifat berbeda. Orang-orang di sekitar Anda atau rekan kerja Anda pun berubah. Karenanya, Anda akan sangat tertekan manakal tidak bisa menyesuaikan diri.

Melihat kondisi tersebut, di bawah ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai solusi yang paling tepat supaya Anda selalu betah di tempat kerja yang baru. Dengan begitu, pasti kegiatan mengundurkan diri tidak akan pernah terlintas dalam pikiran sedikitpun.

1. Menjalin Hubungan Baik dengan Rekan di Kantor

ilustrasi menjalin hubungan dengan rekan kerja sebagai cara agar betah di tempat kerja baru

Saat Anda bekerja di daerah perantauan, boleh jadi Anda akan dikelilingi oleh rekan kerja yang sama sekali belum Anda kenal sebelumnya. Padahal, rekan kerja merupakan salah satu alasan yang cukup kuat agar Anda selalu nyaman di lingkungan kerja.

Karena itu, Anda harus berkenalan dan membaur dengan teman kerja yang baru. Setelahnya, Anda pun harus menjalin hubungan baik dengan mereka. Melalui hal yang demikian ini, iklim kerja menjadi semakin efektif. Terutama jika Anda sangat akrab dengan rekan yang berada dalam satu divisi.

Baca juga: 10 Strategi Beradaptasi di Tempat Kerja Baru

2. Terus Belajar untuk Menambah Skill

Setelah menerima pekerjaan, Anda sebaiknya tidak pernah berhenti untuk belajar. Sebab, dengan belajar Anda bisa mengetahui banyak hal. Namun, pengalaman juga tidak kalah pentingnya.

Bahkan, Anda pepatah bijak yang menyebutkan apabila pengalaman merupakan guru terbaik. Karenanya, saat bekerja pun Anda harus semaksimal mungkin agar bisa menjadi orang berpengalaman. Ketika Anda telah fokus dengan hal yang demikian ini, maka Anda tidak akan pernah terpikir untuk pindah kerja.

3. Berkonsultasi Kepada Teman

Teman dapat menjadi tempat ternyaman untuk berkeluh kesah. Maka dari itu, jika Anda menemui masalah dalam dunia pekerjaan yang menyebabkan Anda kurang nyaman, maka bisa sekali untuk berkonsultasi dengan rekan kerja.

Akan tetapi, hal ini kembali pada Anda sendiri. Jika memang telah mempercayai rekan kerja dan mereka memang bisa dipercaya, maka tidak ada salahnya untuk menyampaikan keluh kesah.

4. Menghias Meja Kerja Sesuai yang Diinginkan

ilustrasi menghias meja kerja sebagai cara agar betah di tempat kerja baru

Selanjutnya, Anda bisa menghias meja kerja sesuai dengan yang dikehendaki agar selalu nyaman saat bekerja. Misalnya, dengan memberi bunga di sudut meja yang menjadikan suasana semakin damai. Hal yang demikian boleh saja dilakukan manakala lingkungan kerja Anda mengizinkan.

Dengan menghias meja kerja menjadi seperti yang diinginkan, maka kemungkinan untuk tidak betah sangat kecil. Anda pun menjadi semakin nyaman ketika bekerja.

Baca juga: Inilah 10 Cara Manjur Mengatasi Stres di Tempat Kerja

5. Berbicara Kepada Atasan

Jika ternyata Anda menjumpai masalah yang sangat sulit terkait dengan pekerjaan, sehingga menjadikan Anda tertekan, berbicara kepada atasan merupakan langkah yang tepat. Pasalnya, atasan Anda bisa memberikan opsi alternatif solusi yang paling tepat.

Anda dapat mempertimbangkannnya. Kemudian, mengambil pilihan yang paling tepat. Namun, pastikan Anda memutuskan dengan matang ya. Jangan sampai menimbulkan penyesalan di kemudian hari.

6. Bekerja Dengan Disertai Hobi

Cara agar betah di tempat kerja baru berikutnya adalah dengan bekerja sambil menjalankan hobi. Sebagai contoh, Anda yang hobi mendengarkan musik, bisa mencoba untuk bekerja sambil mendengarkan musik dengan earphone.

Hal tersebut akan menjadikan akan bisa bekerja dengan maksimal. Selain itu, juga tidak mengganggu rekan kerja yang lain. Dengan catatan, apabila tempat kerja Anda mengizinkan. Apabila ternyata tidak diizinkan, maka Anda jangan sampai melakukannya.

7. Bersyukur Terhadap Pekerjaan yang Dimiliki

ilustrasi ucapan terimakasih atau bersyukur sebagai cara agar betah di tempat kerja baru

Yang tidak kalah pentingnya supaya tetap betah dalam lingkungan kerja yang dihadapi, yaitu dengan senantiasa bersyukur. Anda harus bersyukur karena telah memiliki pekerjaan yang layak.

Karenanya, Anda harus mengubah pola pikir. Sebaiknya, hindari mengeluh dan mulai untuk bersyukur.

Baca juga: 10 Penyebab Rezeki Suami Seret

8. Ramah di Lingkungan Kerja

Toxic coworker pasti tidak diinginkan keberadaannya. Anda pun tentu demikian bukan? Maka dari itu, Anda pun tidak boleh menjadi toxic people yang memberikan pengaruh buruk kepada orang lain.

Ramah menjadi sikap yang tepat agar Anda disukai oleh rekan kerja. Karena itu, sebaiknya Anda menyingkirkan ego dan berlatih untuk selalu bersikap ramah.

9. Kurangi Mengeluh, Segera Selesaikan Pekerjaan

Seringkali karena merasa kurang nyaman, Anda menjadi berkali-kali mengeluh. Padahal, hal ini bukan jalan yang tepat. Sebab, mengeluh hanya akan menghabiskan waktu. Padahal, hasilnya nihil. Dengan kata lain, mengeluh tidak akan menyelesaikan masalah.

Maka dari itu, mari kurangi mengeluh. Lebih baik waktu yang Anda miliki digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan secara maksimal.

10. Tidak Berhenti Untuk Adaptasi

Adaptasi adalah kegiatan yang sangat krusial. Anda harus selalu melakukan adaptasi dengan lingkungan kerja. Bermula dari membaur dengan teman kerja, hingga mengetahui kebiasaan yang ada di kantor Anda. Dengan demikian, lama kelamaan Anda akan terbiasa, sehingga betah di tempat kerja.

11. Mengedepankan Profesionalitas

Dalam pekerjaan, baik itu dalam pabrik, perusahaan, dan lainnya, pasti terikat dengan perjanjian kerja. Yang mana perjanjian kerja ini telah disepakati oleh pemberi dan penerima kerja. Karenanya, masing-masing pihak tidak boleh melanggarnya. Termasuk Anda sebagai penerima kerja.

Karena itu, Anda harus bersikap profesional saat bekerja. Hal ini menjadi kewajiban Anda sebagai penerima kerja. Jangan sampai bekerja seenaknya saja.

12. Ingat Keluarga

Keluarga pasti selalu memanjatkan doa untuk Anda. Tidak terkecuali mendoakan agar Anda mendapatkan pekerjaan yang layak. Karenanya, Anda tidak boleh mengecewakan mereka. Usahakan untuk betah di tempat kerja.

Bukan hanya itu, bagi Anda yang telah menikah, tentu memiliki tanggungan. Apalagi jika Anda adalah kepala keluarga. Maka dari itu, Anda harus mengingat keluarga saat bekerja, sehingga akan selalu betah di tempat kerja.

13. Berhenti Membandingkan

Salah satu pemicu tidak betahnya seseorang di tempat kerja, yakni karena ia membandingkan tempat kerjanya dengan milik orang lain. Yang mana hal ini bisa menimbulkan sikap kurang puas terhadap pekerjaan, sehingga bisa jadi membuat Anda tidak betah.

Maka dari itu, yuk berhenti untuk membandingkan. Mulai untuk bersyukur atas pekerjaan Anda dan lakukan pekerjaan untuk hasil yang maksimal.
itulah 13 cara agar betah di tempat kerja baru. Paparan di atas juga dapat dijadikan sebagai motivasi supaya Anda awet kerja. Sebab, banyak sekali pertimbangan yang harus diperhatikan saat Anda ingin mengundurkan diri.

Yang mana hal tersebut bisa mengganggu kestabilan perekonomian Anda sendiri. Pasalnya, yang semula bekerja menjadi tidak bekerja. Akibatnya, Anda tentu tidak lagi memperoleh pendapatan tetap. Karenanya, jika Anda tidak segera memperoleh pekerjaan, bisa sangat berdampak pada ekonomi keluarga.

Maka dari itu, cara paling efektif adalah dengan membuat diri sendiri nyaman berada di tempat kerja. Dengan demikian, tidak akan terbesit sedikitpun rencana untuk resign. Pastinya hal ini akan berdampak positif bagi finansial Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.