Buka Usaha Setelah Pensiun dari PNS: 13 Usaha yang Prospektif

ilustrasi rencana bisnis

Sudah siap menyambut masa pensiun di depan mata? Atau Anda masih bingung mempersiapkan hari tua yang menyenangkan? Sebagian orang mungkin menanti-nanti masa pensiun, terutama PNS.

Tak sedikit pula PNS yang enggan memasuki masa pensiun. Pasalnya, mereka tak punya ide untuk buka usaha setelah pensiun dari PNS.

Ingin buka usaha sendiri, tentu butuh modal yang tak sedikit. Di samping itu, pengawasan serta operasional usaha tetap harus diawasi secara rutin. Sementara Anda sendiri ingin menikmati masa tua dengan santai dan nyaman.

Sayangnya, kebutuhan sehari-hari tetap harus dipenuhi selayaknya bekerja sebagai PNS. Biar Anda tetap bisa mencukupi kebutuhan hidup keluarga, membuka usaha jadi pilihan tepat.

Buka Usaha Setelah Pensiun dari PNS? Ini Pilihannya

Setidaknya, ada 13 jenis usaha yang cocok dilakukan untuk pensiunan, seperti:

1. Toko Kelontong

foto toko kelontong

Membuka toko kelontong bisa jadi alternatif usaha menjanjikan bagi para pensiunan swasta maupun PNS. Selain tak butuh ruang yang terlalu besar, toko kelontong bisa diawasi secara mandiri.

Anda bisa menggunakan ruangan kecil di rumah untuk menjual kebutuhan sehari-hari. Untuk memulai toko kelontong, Anda harus menemukan supplier dengan harga yang terjangkau.

2. Kos-Kosan

Punya modal cukup besar untuk memulai usaha? Contoh usaha selanjutnya adalah kos-kosan untuk mahasiswa atau karyawan. Usaha ini terbilang menjanjikan, sebab semua orang butuh tempat tinggal yang nyaman.

Tak cuma dibutuhkan banyak orang, operasional kos-kosan terbilang sangat mudah. Anda bisa mendelegasikan tugas pengawasan kosan kepada orang lain atau melakukannya sendiri.

Di samping itu, usaha kos-kosan bisa pula diikuti dengan bisnis lain, seperti toko kelontong.

3. Properti

gambar bisnis properti

Buat Anda yang tinggal di kota besar, usaha properti masih sangat menjanjikan dalam beberapa tahun ke depan. Penghasilan utama pensiunan yang tak seberapa tentu harus disikapi dengan bijak.

Mengalokasikan dana ke bidang properti menjadi langkah awal yang sangat bagus. Anda bisa jual-beli properti dan menikmati keuntungan dari selisih harga.

Kalau Anda mau mempertahankan propertinya, Anda bisa jadikan penginapan atau kontrakan.

4. Counter Pulsa

Siapa bilang hanya pensiunan di daerah perkotaan saja yang bisa memulai usaha? Bagi para pensiunan yang memilih tinggal di desa, Anda pun bisa membuka usaha baru.

Satu diantaranya membuka konter pulsa serta handphone yang dibutuhkan semua orang. Di zaman modern seperti sekarang, pulsa menjadi kebutuhan pokok yang paling dicari oleh siapapun.

5. Kolam Pemancingan

ilustrasi kolam pemancingan

Hobi mancing? Anda bisa jadikan hobi sekaligus usaha di masa tua. Sediakan lahan yang cukup besar untuk memulai usaha satu ini. Rekrut pula pekerja yang bertugas mengawasi setiap aktivitas di kolam pemancingan.

6. Penyewaan

Punya barang yang tak digunakan dan bisa disewakan secara berjangka? Mengapa tak membuka usaha di bidang penyewaan saja?

Anda bisa menyewakan berbagai peralatan rumah tangga maupun kendaraan bermotor. Penghasilan yang didapat juga cukup menjanjikan loh.

7. Waralaba

Tak ingin mengurusi usaha sendiri? Anda bisa memilih usaha waralaba yang mulai menjamur di Indonesia.

Pilih brand waralaba yang prospeknya menggiurkan dalam beberapa tahun ke depan. Untuk pengelolaannya, Anda bisa menyerahkan pada anggota keluarga lain, seperti anak atau saudara.

8. Budidaya Tanaman

ilustrasi tanaman hias

Selain hobi memancing, orang tua rata-rata hobi berkebun atau bercocok tanam. Biar hobi tersebut menghasilkan, Anda bisa mencoba budidaya tanaman hias. Sederhananya, Anda memanfaatkan lahan terbatas yang ada di rumah.

9. Beternak

Kebutuhan pokok terhadap daging dan telur memang terbilang tinggi. Dengan permintaan pasar setinggi itu, Anda bisa memutar otak untuk mencoba bidang peternakan. Mulailah dari beternak kecil-kecilan, kalau Anda memiliki keterbatasan modal.

10. Investasi Saham

Sebelum memulai investasi saham, pastikan Anda melek literasi finansial. Sehingga Anda tahu pilihan saham serta strategi yang digunakan. Jangan sampai modal Anda habis begitu saja di pasar modal.

11. Jasa Konsultasi

Beberapa PNS dari bidang kesehatan, ekonomi, dan psikologi sebenarnya masih bisa berkarir di usia pensiun.

Anda bisa memanfaatkan ilmu yang dimiliki untuk membuka konsultasi mandiri. Tarifnya tentu menyesuaikan dengan kebutuhan dan jam terbang Anda.

12. Laundry

foto usaha laundry

Jasa cuci kiloan atau laundry masih diminati oleh masyarakat luas. Umumnya, usaha ini laris di kawasan padat mahasiswa atau pekerja kantoran.

Keterbatasan waktu membuat banyak orang memilih jasa laundry untuk mencuci pakaian sehari-hari.

13. Rumah Makan

Punya kemampuan memasak yang mumpuni? Coba saja buka rumah makan yang dikelola secara pribadi. Jika Anda bingung dengan persoalan tempat, Anda bisa buka usaha setelah pensiun dari PNS berupa jasa catering.

Itu tadi, 13 jenis usaha yang bisa dilakukan oleh para pensiunan PNS. Masa tua bukan berarti Anda tak bisa melakukan aktivitas produktif.

buka usaha setelah pensiun dari pns

Justru, Anda bisa mengembangkan kemampuan yang selama ini terpendam. Anda pun bisa menyalurkan bakat bisnis yang mungkin tertunda. Siapa tahu penghasilan yang didapat dari usaha bisa berkali-kali lipat dari dana pensiun?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.