Briefing Motivasi Kerja: 12 Contoh Materi Pemupuk Asa

briefing motivasi kerja

Dalam bekerja mungkin Anda akan merasakan masa dimana bekerja terasa membosankan dan jenuh bahkan tidak jarang membuat Anda merasa ingin berhenti dari kerja Anda. Akan tetapi, jika alasan resign hanya karena jenuh tentu hal tersebut bukan pilihan yang bijak.

Apalagi bagi Anda PNS yang sedang mengabdikan diri bagi masyarakat. Briefing motivasi kerja bagi PNS perlu dilakukan untuk meningkatkan dan mempertahankan kinerja baik PNS.

Motivasi sendiri merupakan dorongan dalam melakukan sesuatu. Motivasi menjadi daya atau kekuatan tersendiri bagi seseorang untuk bertahan dalam dunia kerjanya.

Termasuk juga bagi PNS, pasalnya PNS memiliki beban dan tanggung jawab sendiri. Apalagi sebagai PNS Anda harus mentaati kontrak kerja sesuai dengan peraturan undang-undang.

Materi Briefing Motivasi Kerja yang Relevan dengan PNS di Indonesia

materi briefing motivasi

Motivasi berasal dari bahasa latin movere yang berarti menggerakkan atau bergerak. Motivasi diartikan sebagai dorongan atau sumber daya yang mengendalikan dan menggerakkan tindakan manusia.

Sehingga dengan motivasi seseorang dapat melakukan sesuatu, karena perilaku manusia memang cenderung dipengaruhi oleh keinginan dan tujuan.

Agar bisa meningkatkan kinerja, maka berikut ini beberapa poin penting tentang materi yang dapat dipilih.

1. Briefing Pagi dengan Motivasi

Instansi pemerintah merupakan salah satu contoh organisasi yang memiliki tujuan. Setidaknya terdapat lebih dari 100 instansi pemerintahan yang mengatur dan melayani berbagai hal yang diperlukan masyarakat.

Layanan ini dijalankan oleh pegawai atau karyawan yang disebut dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN).

briefing pagi

Adakalanya, kebosanan karyawan baik kantoran maupun PNS cukup membuat kurangnya motivasi. Belum lagi masa pensiun yang cukup lama. Melakukan pekerjaan itu-itu saja setiap hari tentu membuat perasaan jenuh menghampiri.

Maka dari itu, briefing motivasi perlu dilakukan dalam waktu-waktu tertentu agar PNS dapat meningkatkan motivasi dalam mengemban tugasnya.

Cara yang dapat dilakukan adalah memberikan materi briefing dengan motivasi, seperti dari tokoh ternama Mario Teguh atau Oprah Winfrey.

Meskipun sudah mendapatkan pekerjaan yang sesuai impian rata-rata orang, tetapi motivasi pagi tetap dibutuhkan.

2.    Morning Small Talks

Dalam menilai kinerja dan kompetensi PNS, Kepegawaian Negara (BKN) melakukan penilaian kinerja PNS setiap tahunnya. Sehingga dapat dinilai kinerja PNS apakah maksimal atau tidak.

Jika pekerjaan yang dilakukan tidak maksimal maka, PNS akan ditindak sesuai dengan peraturan yang berlaku.

morning small talks

Salah satu alasan yang kinerja PNS yang tidak maksimal adalah minimnya motivasi kerja. Sehingga diperlukan briefing motivasi kerja bagi PNS.

Materi morning small talks seperti menceritakan hikmah yang dipelajari dari hari kemarin, keinginan berubah lebih baik di hari ini, atau kebahagiaan sederhana dalam kantor akan sangat bisa memaksimalkan pikiran positif pekerja.

3. Briefing Tentang Mewujudkan Mimpi

Semua orang melakukan kerja untuk memenuhi kebutuhannya. Jika kebutuhan sudah terpenuhi, tentu ada mimpi yang ingin diwujudkan.

Termasuk juga dunia kerja, tentu ada tujuan atau keinginan yang dicapai dalam bekerja, seperti biaya hidup yang terpenuhi, membeli barang tertentu atau lainnya.

Hal ini juga dialami oleh para PNS sebagai aparat negara yang berkewajiban dalam melayani masyarakat.

Oleh karena itu, apabila briefing dilakukan dengan membangkitkan semangat untuk mencapai mimpi dan cita-cita, tentu para pegawai akan menjadi lebih positif. Positifnya pikiran dan semangat akan membantu memaksimalkan kinerja.

4. Materi Tentang Reinforcement (Penguat) Berupa Tunjangan

Salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan motivasi kerja bagi PNS adalah dengan memberikan tunjangan-tunjangan seperti tunjangan beras, jabatan dan struktural.

Dengan tunjangan tersebut PNS dapat memenuhi kebutuhan dasar. Sehingga dalam bekerja tugas-tugas yang diemban tidak terganggu akan kebutuhan finansial.

5. Materi Pemenuhan Kebutuhan Manusia

briefing motivasi karyawan

Sebagai salah satu faktor penting kinerja pegawai, motivasi kerja harus terus dipertahankan. Namun, ada masa dimana motivasi kerja karyawan atau pegawai menurun, lalu apa faktor yang mempengaruhi motivasi kerja?

McShane dan Von Glinow (2010) menyebutkan bahwa munculnya motvasi ini dipicu oleh kebutuhan, semantara itu dalam teori Maslow kebutuhan manusia terdiri dari lima hal yaitu kebutuhan biologis, rasa aman, love and belongingness, penghargaan dan aktualisasi diri. 

Sehingga dari teori tersebut dapat disimpulkan bahwa yang mempengaruhi motivasi kerja PNS antara lain yaitu:

Kebutuhan biologis merupakan kebutuhan dasar setiap manusia seperti makan dan minum. Memenuhi kebutuhan biologis merupakan salah saat cara manusia mempertahankan hidupnya.

Salah satunya adalah dengan bekerja. Karena dengan bekerja Anda akan mendapatkan gaji yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

6. Sosialisasi Pentingnya Perasaan Aman dalam Lingkungan Kerja

Faktor yang mempengaruhi kinerja PNS selanjutnya adalah perasaan aman dalam bekerja. Menjadi PNS memang memberikan rasa aman dalam hal finansial di masa tua.

Pasalnya, PNS mendapatkan jaminan hari tua dan tunjangan masa pensiun. Namun, perasaan aman ini tidak hanya berdasarkan kondisi finansial saja.

sosialiasasi keamanan kerja

Perasaan aman ini bisa saja berupa penerimaan diri terhadap rekan kerja lainnya. karena tidak sedikit karyawan atau pegawai yang berhenti dengan alasan rekan kerja yang tidak menyenangkan.

Dengan adanya sosialisasi untuk tidak bersikap negatif terhadap teman sekantor, maka tentunya atmosfer yang dirasakan bisa semakin kondusif.

7. Motivasi untuk Memperoleh Penghargaan dan Aktualisasi Diri

Faktor lain yang mempengaruhi motivasi kerja seorang pegawai adalah penghargaan atas kinerja yang dilakukan. Mungkin Anda pernah mendengar tentang penghargaan karyawan teladan atau sejenisnya dalam sebuah perusahaan.

Hal tersebut juga tidak jauh berbeda dengan PNS, pasalnya Pegawai Negeri Sipil juga dinilai oleh Badan Kepegawaian Negara yang akan mempengaruhi promosi jabatan.

Selain itu kerja juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengaktualisasikan diri. Seperti jiwa kepemimpinan, kemampuan publik speaking dan lain sebagainya.

Jadi, jika briefing dilakukan dengan motivasi soal penghargaan atau aktualisasi diri, maka tentu ini sangat direkomendasikan.

8. Motivasi dari Orang lain

Siapa sangka, motivasi dari orang lain juga dapat mempengaruhi kinerja seseorang, termasuk dari atasan kerja. Motivasi kinerja PNS sering disampaikan saat apel atau briefing.

Briefing motivasi kerja bagi PNS penting dilakukan di sela-sela briefing. Atasan harus memahami motivasi terbesar. Menyampaikan motivasi kerja juga harus dilakukan dengan percaya diri.

Sehingga motivasi tersebut dapat mendorong PNS untuk meningkatkan motivasi kerjanya.

9. Menjadikan Briefing Sebagai Tempat Apresiasi Kinerja

Meningkatkan motivasi kerja PNS dapat dilakukan dengan cara memberikan apresiasi terhadap kinerja yang dilakukan. Memberikan apresiasi terhadap kerja bisa dilakukan memuji, reward hingga acara sosial.

Dengan apresiasi ini, PNS akan merasa dihargai atas kinerjanya.

briefing apresiasi kerja

10. Pemberian Reward

Pemberian reward merupakan hal yang umum dilakukan atasan dalam memotivasi kinerja pegawai. Reward ini bisa berupa kenaikan gaji, pemberian bonus hingga kenaikan pangkat.

Dengan reward ini Pegawai negeri sipil akan lebih semangat dalam bekerja. Mengingat kinerja dan performa baik yang dilakukan saat ini.Selain itu, pemberian reward berupa promosi jabatan atau bonus ini merupakan hal yang paling ampuh dalam peningkatan kinerja PNS.

Pasalnya, tidak semua pegawai Negeri Sipil mendapatkan reward tersebut, sehingga akan berlomba-lomba untuk memberikan kinerja terbaik.

11. Pemberian Motivasi Secara Rohani

Kata-kata sering kali memotivasi orang untuk melakukan sesuatu dengan baik, termasuk dalam bekerja. Pemberian motivasi ini bisa berupa pujian atau kritik dan saran yang membangun serta juga seminar motivasi.

Pemberian motivasi ini selain untuk menambah semangat kerja juga merupakan cara atasan untuk memberikan perhatian terhadap pegawai.

Misalnya saja, untuk PNS yang beragama Islam, maka bisa diceritakan cerita nabi atau sahabatnya dalam bekerja. Mereka tentunya mengalami banyak tantangan, tetapi tetap seimbang baik dalam bekerja secara jujur dan juga beribadah.

12. Menyisipkan Materi Briefing dalam Seminar

adaptasi di tempat kerja baru

Selain itu,  pemberian seminar motivasi ini juga merupakan cara meningkatkan kompetensi dan keahlian PNS. sehingga dalam kinerjanya tidak hanya motivasi yang meningkat namun juga kemampuan dari pegawai itu sendiri.

Setelah ditelaah lebih lanjut dari materi di atas, maka dapat disimpulkan bahwa briefing adalah kegiatan yang sering dilakukan sebelum bekerja. Motivasi kerja juga bisa diberikan saat briefing motivasi kerja saat apel rutin PNS.

Saat briefing ini bisa menjadi waktu yang tepat untuk memberikan motivasi. Baik motivasi kerja atau lainnya oleh atasan, sehingga pegawai merasa diperhatikan dan terpacu untuk meningkatkan kinerjanya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.