Apa Saja Pekerjaan CPNS: 5 Hal yang Harus Anda Ketahui

pns

CPNS merupakan para individu beruntung yang lulus ujian masuk penerimaan calon pegawai negeri sipil yang diadakan di seluruh Indonesia. Tapi, pertanyaan yang kerap timbul di benak para individu ini ketika menuju ke kantor baru mereka adalah apa saja pekerjaan CPNS? Jangan khawatir, artikel berikut akan mencoba menjawab.

Apa saja pekerjaan CPNS? Jawabannya tergantung dari instansi dimana Anda bertugas.

ilustrasi korpri

Seperti kata pepatah, lain padang lain ilalang. Tiap-tiap instansi pemerintahan berbeda tugas pokok dan fungsinya. Kerja Anda sebagai CPNS adalah menyesuaikan dengan tupoksi instansi Anda.

Konstitusi dan Peraturan negara kita mempunyai 28 Kementerian yang dibawahi 4 Kementerian Koordinator dan 7 Unit Setingkat Kementerian. Belum termasuk berbagai komisi dan badan independen pemerintah. Ditambah dengan kantor wilayah/pemerintahan di berbagai propinsi dan kota.

Bahkan untuk jabatan/formasi yang sama tapi beda kementerian belum tentu akan memiliki rincian kerja yang serupa. Sehingga untuk mendapatkan jawaban seragam tentang pekerjaan CPNS adalah hal yang relatif sulit.

Sebagai contoh, Anda yang diterima sebagai tenaga teknisi pada sebuah perguruan tinggi pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentu akan memiliki rincian kerja yang berbeda dengan jabatan teknisi pada Kantor Walikota Makassar. Meskipun jabatannya sama.

Melapor kepada Pimpinan adalah hal pertama

foto pns

Jika Anda tidak sendirian lulus, Anda beruntung karena memiliki teman senasib yang bisa diajak janjian sebelum menghadap dengan pimpinan kantor.

Jika Anda sendirian, jangan khawatir. Menghadaplah kepada pimpinan dengan tenang dan percaya diri.

Jangan lupa membawa semua tanda bukti kelulusan dan berbagai berkas yang diharuskan untuk membawa. Biasanya, segala informasi berkas yang harus dibawa dicantumkan pada pengumuman kelulusan atau website penerimaan milik instansi. Disertai dengan alamat, waktu dan tempat untuk melaporkan diri di instansi Anda.

Saat menghadap pimpinan, biasanya akan diberikan pengarahan dan instruksi tertentu. Berusahalah untuk mengingat poin-poin penting dalam pengarahan tersebut.

Apabila saat pengarahan tidak diinformasikan, jangan lupa tanyakan dimana ruangan kerja Anda, siapa Kepala Bidang atau Pimpinan pada Sub Bagian, sehingga Anda bisa melapor lebih lanjut.

Absensi adalah hal utama

jam kerja pns

Calon pegawai negeri sipil ibaratnya “anak bawang” pada tahun pertama bekerja di kantor baru. Mereka memiliki beban dan tanggung jawab tertentu. Seperti hadir tepat waktu dan mengisi absensi.

Oleh karena itu, setelah mengetahui ruangan Anda, tanyakan dimana Anda akan melakukan absensi harian, entah dengan cara manual (tanda tangan) atau elektronik (fingerprint).

Memperkenalkan diri dan basa basi

Menurut pengalaman saya, biasanya para CPNS akan ditempatkan di bagian Umum dan Perlengkapan saat pertama bekerja, sambil menunggu instruksi penempatan selanjutnya.

Tipikal bagian ini adalah selalu ramai dengan pegawai. Perkenalkan diri Anda dengan sopan jika ditanya oleh Pimpinan Ruangan atau PNS yang lebih senior. Ingat! cukup menjawab seperlunya.

Karena pada hari pertama yang paling penting adalah Anda telah melapor ke pimpinan, tahu ruang kerja Anda dan dimana mengisi absensi. Jangan terlalu terbuka tentang hal-hal pribadi.

Percayalah, perjalanan ke depan masih panjang. Akan ada waktunya untuk mengakrabkan diri, serta mengenal satu persatu rekan kerja Anda dengan baik.

Ikut perintah pimpinan

Peraturan dan keputusan pimpinan adalah nomor 1 di instansi pemerintahan. Sehingga, apapun hasil instruksi penempatan Anda, berlapang dada-lah.

Untuk CPNS yang beruntung, mungkin bisa langsung menempati formasi jabatan dengan rincian kerja, wewenang dan tanggung jawab yang jelas.

Jika belum beruntung, setidaknya Anda akan duduk manis sambil menunggu instruksi kerja dari pimpinan.

persyaratan berkas

Sederet pekerjaan administratif seperti menomor surat dan mengarsip berkas mungkin akan jadi makanan sehari-hari. Bahkan hingga pekerjaan padat karya yang menuntut tenaga dan keringat.

Jawaban apa saja pekerjaan CPNS telah Anda ketahui. Mulai dari melapor ke pimpinan kantor dan sub bagian, mengetahui ruangan kerja dan mengisi absensi, hingga menunggu perintah pimpinan. Jangan lupa, untuk berlapang dada bila harapan Anda tidak sesuai dengan kenyataan awal.

Pergunakan saat pertama kerja Anda untuk belajar sebanyak-banyaknya, menyerap budaya kerja, serta menyesuaikan diri dengan kantor baru Anda.

Ingat, hanya ada kurang lebih setahun masa kerja sebelum Anda diperintahkan mengikuti prajabatan dan tes kesehatan sebagai persyaratan menjadi PNS 100%.

Bersabarlah.

Jika Anda memiliki pengalaman lain tentang pengalaman Anda pada hari-hari pertama sebagai CPNS, saya ingin mendengarnya di kolom komentar.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.