Apa Itu Perencanaan Usaha: Komponen, Tujuan, Manfaat dan Tips Membuat

apa itu perencanaan usaha

Di dunia sekarang ini, memahami apa itu perencanaan usaha adalah suatu keharusan bagi semua model bisnis. Konsep ini membantu Anda untuk melihat bisnis Anda dari sudut yang berbeda dan memutuskan apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Artikel ini akan membahas pengertian, komponen, tujuan, manfaat dan tips membuat perencanaan usaha atau perencanaan bisnis bagi perusahaan Anda.

Apa Itu Perencanaan Usaha

Sebuah rencana usaha atau bisnis pada dasarnya menjelaskan dengan sangat rinci bagaimana sebuah bisnis (biasanya bisnis baru yang belum mapan) dalam menetapkan tujuannya serta bagaimana rencana untuk mencapainya.

Rencana bisnis adalah peta tertulis untuk perusahaan dari sudut pandang pemasaran, keuangan, dan operasional, dan bersifat vital untuk dimiliki. Rencana bisnis adalah deskripsi usaha/deskripsi bisnis yang digunakan oleh dunia luar dan dalam perusahaan.

Rencana bisnis, misalnya, dapat digunakan untuk mendapatkan uang sebelum perusahaan memiliki rekam jejak yang baik atau untuk mendapatkan pinjaman. Mereka juga merupakan cara yang baik bagi eksekutif puncak perusahaan untuk tetap berada di jalur yang selaras dengan arah strategis bisnis tersebut.

Setiap perusahaan harus memiliki rencana bisnis, bahkan jika mereka baru memulai. Sangat ideal jika rencana tersebut sering diperiksa dan diperbarui untuk melihat apakah tujuan telah tercapai atau jika tujuan awal mereka telah berubah dan berkembang.

Baca juga: 9 Tujuan Perencanaan SDM Yang Sangat Penting Dalam Perusahaan

Komponen Perencanaan Usaha

Rencana bisnis tidak semuanya sama. Tetapi mereka semua memiliki hal yang sama di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa bagian paling umum dan penting dari rencana bisnis yang harus Anda miliki.

Ringkasan eksekutif

deskripsi ringkas tentang perusahaan, termasuk pernyataan misinya, struktur komandonya, karyawan, kegiatan, dan di mana ia berbasis.

Produk dan layanan

Di sinilah perusahaan dapat membuat daftar produk, harga dan layanan yang akan dijualnya, serta berapa lama mereka bertahan, dan seberapa besar manfaatnya bagi pelanggan.

Jika perusahaan memiliki hak paten atau memiliki teknologi hak milik, hal-hal ini juga dapat dimasukkan dalam bagian ini. Informasi penelitian dan pengembangan inovatif, proses produksi, serta modal untuk bahan baku juga dapat ditambahkan ke daftar ini.

Analisis Pasar

Jika sebuah bisnis ingin terjun ke sebuah pasar, ia perlu mengetahui seperti apa industrinya dan siapa pelanggannya. Analisis pasar akan menunjukkan siapa saja pesaing usaha Anda, dan bagaimana cara kerjanya usaha yang akan dijalankan di industri, serta menentukan target dan strategi mana yang bisa berjalan.

Analisi pasar juga akan mengatakan berapa banyak permintaan yang ada untuk bisnis yang dijual dan seberapa mudah atau sulit bagi bisnis untuk mengambil alih pasar dari bisnis lain.

Pemasaran

Di bagian rencana pemasaran ini, perusahaan merinci bagaimana ia bermaksud untuk memperoleh dan mempertahankan pelanggan, serta bagaimana ia bermaksud untuk menjangkau konsumen. Artinya, harus ada cara yang jelas untuk menampilkan informasi.

Komponen pemasaran juga akan mengatakan bagaimana kampanye periklanan dan pemasaran akan dijalankan dan jenis media apa yang akan mereka gunakan, sehingga orang tahu apa yang diharapkan.

Perencanaan Keuangan

Orang yang membaca rencana bisnis harus tahu tentang keuangan perusahaan dan proyeksi masa depan agar tertarik. Untuk bisnis yang telah ada selama beberapa waktu, catatan akuntansi, neraca, dan informasi keuangan lainnya dapat disertakan.

Anggaran

Anggaran adalah salah satu komponen terpenting dalam menjalankan bisnis yang sukses. Biaya yang terkait dengan modal usaha, staf, pengembangan, manufaktur, pemasaran, dan aspek lain dalam menjalankan bisnis termasuk dalam perhitungan.

Tujuan Perencanaan Usaha

Rencana bisnis/usaha digunakan untuk menemukan, mendeskripsikan, dan menganalisis peluang bisnis serta bisnis yang sudah berjalan. Mereka melihat kelayakan teknis, ekonomi, dan finansialnya.

Selain itu, sebuah business plan dapat digunakan sebagai kartu nama ketika tiba saatnya untuk meminta bantuan atau uang dalam bentuk apa pun dari bank, investor, lembaga, badan publik, atau orang atau kelompok lain.

Sebuah rencana bisnis digunakan untuk dua hal:

Alat manajemen

  • Ini memberikan perkiraan ekonomi dan keuangan.
  • Ini memudahkan pemilik bisnis untuk mengawasi dan mengendalikan perusahaan mereka dengan menindaklanjuti hasil dan melihat indikator manajemen.
  • Memperkenalkan melihat bagaimana penawaran dan permintaan bekerja sama.
  • Mewakili rencana bisnis perusahaan dan strategi pemasarannya.
  • Menemukan aturan tentang bagaimana mengelola sumber daya manusia.
  • Dalam rencana bisnis, faktor kunci untuk keberhasilan dan risiko bisnis dilihat.

Alat perencanaan

Perusahaan memiliki dan bertanggung jawab untuk menetapkan tujuannya:

  • Dengan tindakan yang mendapatkan hasil.
  • Komitmen ekonomi yang ditepati dalam surat.
  • Proses pengambilan keputusan berorientasi pada data kualitatif dan kuantitatif dapat ditemukan di sini.
  • Perencanaan dilakukan secara konsisten.

Manfaat Perencanaan Usaha

Kejelasan yang lebih besar

Rencana bisnis dapat membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik tentang bagian-bagian penting dari bisnis Anda, seperti berapa banyak uang yang Anda investasikan, berapa banyak karyawan yang Anda pekerjakan, dan bagaimana Anda membayar mereka. Anda tidak bisa melakukan semuanya sekaligus. Memiliki rencana bisnis yang baik akan membantu Anda mengetahui prioritas dan tonggak penting bisnis mana yang harus dikerjakan.

Membuat rencana pemasaran.

Bagian penting dari rencana bisnis adalah bagaimana memasarkan perusahaan Anda. Anda harus memikirkan target pasar Anda, target pelanggan Anda, dan bagaimana Anda akan menampilkan produk atau layanan Anda di depan orang-orang ini.

Dukungan keuangan

Jika Anda menginginkan uang dari bank atau dari investor, rencana bisnis yang menjelaskan bagaimana perusahaan Anda akan menghasilkan uang seringkali diperlukan.

Membantu dalam retensi bakat

Agar bisnis menjadi sukses, perlu menemukan pekerja dan mitra yang baik dalam pekerjaan mereka. Tujuan dari rencana bisnis adalah untuk membantu mendatangkan orang yang tepat di saat yang tepat. Staf ingin tahu bagaimana bisnis akan mencapai tujuannya dan bagaimana mereka dapat membantu.

Membangun rasa ketertiban.

Sebuah rencana bisnis memberikan struktur dan menjabarkan tujuan untuk menjalankan bisnis. Ini digunakan sebagai panduan untuk menjaga bisnis tetap pada jalurnya dengan tujuan penjualan dan pencapaian operasional. Ketika digunakan dengan benar dan sering diperiksa, ini dapat membantu Anda mengukur dan mengelola hal-hal yang paling penting bagi Anda.

Baca juga: 7 Pengertian Soft Skill Menurut Para Ahli, Manfaat Serta Komponennya

Tips Cara Membuat Rencana Usaha

Terdapat 12 hal yang perlu dipikirkan saat menulis rencana bisnis. Aturan umum ini akan membantu Anda menulis rencana bisnis yang sesuai dengan tujuannya (apa pun itu) dan mudah digunakan di tahun-tahun mendatang.

Jangan terlalu bertele-tele.

Gunakan bahasa yang sederhana, jelas dan tidak menggunakan jargon. Orang cenderung tidak menggunakan rencana bisnis jika terlalu panjang. Mereka juga cenderung melupakannya atau melihatnya dengan cepat.

Jelaskan mengapa Anda khawatir.

Penting bagi Anda untuk menunjukkan kepada karyawan dan investor mengapa Anda peduli dengan bisnis Anda (dan mengapa mereka juga harus peduli).

Berikan dokumen untuk mendukung klaim Anda.

Lampiran tidak harus terbatas pada CV anggota tim, persona pelanggan, demonstrasi produk, dan contoh pesan internal atau eksternal. Mereka bisa panjang atau pendek seperti yang Anda inginkan.

Lihat datanya.

Semua informasi tentang pasar, pesaing Anda, dan pelanggan Anda harus berasal dari sumber yang kredibel.

Terus-menerus melakukan penelitian.

Jika Anda melakukan banyak riset untuk rencana bisnis Anda, itu akan memakan waktu lebih lama daripada menulisnya. Pertimbangkan untuk menyimpan catatan penelitian Anda sebagai bukti.

Buat poin pembedaan Anda menjadi jelas.

Untuk memastikan produk atau layanan Anda menonjol dari persaingan dan memecahkan masalah bagi orang-orang yang ingin Anda jangkau, Anda harus memperjelasnya di setiap kesempatan. Jangan takut untuk menyebutkan hal-hal ini lagi dan lagi dalam rencana.

Saat melakukan penelitian, cobalah bersikap objektif tentang apa yang Anda temukan.

Meskipun penting bagi Anda untuk memamerkan bisnis dan manfaat yang Anda berikan kepada pelanggan, penting juga untuk bersikap objektif saat Anda menggunakan data dan penelitian untuk mendukung klaim Anda. Ketika datang ke riset pasar dan keuangan Anda, pamerkan yang baik dan yang buruk. Anda ingin pemegang saham Anda tahu bahwa Anda telah memikirkan setiap kemungkinan hasil.

Tentukan tujuan dari rencana Anda.

Penting untuk mengetahui apa rencana Anda sebelum Anda mulai meneliti dan menulis tentangnya. Pastikan Anda tahu mengapa Anda menulis rencana ini: untuk mendapatkan uang, menyelaraskan tim, atau memberi Anda arah.

Tentukan audiens target Anda.

Dengan cara yang sama rencana bisnis Anda harus memiliki tujuan yang jelas, Anda juga harus memiliki audiens yang jelas.

Kepada siapa Anda menulis? Investor datang dari mana-mana. Karyawan yang bekerja sekarang? Orang-orang yang mungkin bekerja sama Mereka sudah memiliki bisnis.

Hindari penggunaan jargon.

Hindari menggunakan jargon khusus industri kecuali benar-benar diperlukan, dan cobalah untuk membuat rencana bisnis Anda semudah mungkin dipahami oleh semua orang yang mungkin tertarik dengannya.

Baca juga: 9 Manfaat Analisis Jabatan Dalam Memaksimalkan Kinerja

Jangan takut untuk mengubahnya.

Dengan pertumbuhan bisnis Anda, rencana bisnis Anda juga harus berubah. Ini berarti bahwa dokumen rencana bisnis Anda juga harus berubah. Ingatlah bahwa yang paling penting adalah memiliki rencana bisnis, bahkan jika itu berubah.

Gunakan.

Di masa depan, Anda harus mencarinya dan menggunakannya sebagaimana mestinya. Di tahun-tahun mendatang, pertahankan rencana bisnis Anda dan gunakan untuk membuat keputusan dan memandu tim Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Exit mobile version