10 Strategi Beradaptasi di Tempat Kerja Baru

adaptasi di tempat kerja baru

Memulai pekerjaan baru adalah hal yang sangat menyenangkan. Apalagi kalau itu pekerjaan impian Anda, Anda pasti sudah tidak sabar ingin segera masuk kerja. Tapi, adakah cara jitu adaptasi di tempat kerja baru?

Lebih dari kemampuan Anda di suatu bidang pekerjaan, Anda harus punya kemampuan adaptasi yang baik dengan lingkungan kerja baru. Peran orang-orang di sekeliling Anda saat bekerja sangatlah penting, bahkan berpengaruh pada kinerja dan performa Anda.

Salah satu keniscayaan dalam hidup adalah perubahan. Termasuk ketika Anda harus berubah tempat kerja. Ketika pertama kali masuk ke tempat kerja baru, Anda akan merasa asing dan hal itu sangatlah wajar. Proses adaptasi bisa memunculkan tekanan tersendiri, namun seiring berjalannya waktu Anda pasti akan menemukan kenyamanan.

Yuk, simak apa saja strategi jitu beradaptasi di tempat kerja baru!

1. Jangan mudah merasa tertekan

Minggu-minggu pertama bekerja di tempat baru adalah saat-saat tersulit bagi siapa saja. Ada begitu banyak hal yang dipelajari hingga rasanya Anda tidak sanggup mencerna semua informasi yang masuk. Tetaplah tenang dan tidak perlu menyalahkan diri sendiri jika Anda tidak mampu menampungnya.

Hindari perasaan tertekan di awal-awal bekerja dengan mengukur ekspektasi Anda sendiri. Jangan menetapkan standar yang terlalu tinggi, karena setidaknya Anda akan butuh 3 sampai 6 bulan sampai benar-benar “klik” dengan kantor baru. Tidak perlu panik jika performa Anda ternyata berada di bawah kemampuan Anda. Pada waktunya nanti Anda akan kembali ke level semula.

2. Perkaya diri dengan pengetahuan

Sebelum mulai masuk kerja hari pertama, cari tahu sebanyak mungkin tentang perusahaan Anda. Cari informasi di internet atau kenalan yang pernah dan masih bekerja di sana. Semakin Anda banyak tahu, maka Anda akan semakin percaya diri.

beradaptasi dengan memperkaya pengetahuan

Kemudian, datanglah lebih awal dari siapapun untuk membiasakan diri dengan tempat kerja yang baru. Pelajari tentang sejarah perusahaan dan bagaimana sistem operasional mereka dari hari ke hari. Biasakan diri untuk selalu mendengarkan dan mengamati apapun yang terjadi di sekeliling Anda.

3. Terbuka dengan rekan kerja baru

Lingkungan kerja yang baik adalah kunci sukses dari pekerjaan apa saja yang dilakukan. Itulah mengapa menemukan teman adalah cara adaptasi di tempat kerja baru yang harus dilakukan. Bukalah diri Anda terhadap mereka dan jadilah seseorang yang ramah.

Perkenalkan diri Anda pada rekan yang bersebelahan dengan Anda. Tawarkan bantuan jika mereka sedang kewalahan dengan pekerjaan, dan akrabkan diri dengan menanyakan atau meminta saran yang berkaitan dengan perusahaan Anda.

4. Temukan mentor di tempat kerja

Tidak semua perusahaan memberikan mentor bagi karyawan baru. Jika ada, maka Anda sangat beruntung. Namun jika tidak, temukan mentor Anda sendiri. Yaitu seseorang yang sudah lebih lama bekerja di bidang yang sama dan punya segudang pengalaman.

mentor di tempat kerja

Jangan malu untuk bertanya dan meminta saran pada mereka. Anda juga bisa bertanya tentang perjalanan karir mereka dan mengambil pelajaran berharga dari sana. Memiliki mentor di tempat kerja sangat bagus untuk perkembangan karir Anda.

5. Bersosialisasi dengan teman sekantor

Sebagai orang yang baru, Anda harus punya jiwa sosial yang tinggi. Cobalah untuk mengakrabkan diri dengan beberapa rekan kerja, dimulai dari rekan yang bersebelahan meja dengan Anda.

Jangan pernah menolak ajakan rekan kerja untuk bersosialisasi. Misalnya saat mereka mengajak Anda makan siang di luar, bergabunglah dengan mereka. Ingat bahwa tidak ada seorangpun yang mengenal Anda di tempat kerja baru, jadi Anda harus memperkenalkan diri kepada mereka dan membiarkan mereka mengenal Anda secara pribadi.

Sering mengobrol dengan teman sekantor tentang hal-hal yang sifatnya personal juga bisa menambah kedekatan dengan mereka.

6. Jangan malu bertanya

Sangat wajar jika Anda tidak tahu banyak tentang kantor baru Anda. Oleh karena itu, saat Anda tidak mengerti atau memahami sesuatu, jangan mencoba untuk mencari solusinya sendiri. Itu artinya Anda mengisolasi diri dari lingkungan kerja.

jangan malu bertanya agar mudah beradaptasi

Sebaliknya, jangan malu bertanya pada rekan kerja yang lebih senior. Ini juga bisa jadi salah satu cara untuk mengenal mereka lebih dalam. Tanyakan apa yang tidak Anda mengerti, sehingga Anda tidak perlu membuang-buang waktu memikirkan hal-hal tersebut.

7. Jaga kesehatan diri

Kebanyakan karyawan baru melewatkan waktu makan siang karena banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan. Ini adalah langkah yang salah karena membuat produktivitas kerja menurun. Salah satu cara adaptasi di tempat kerja baru agar Anda merasa nyaman adalah dengan menjaga asupan nutrisi untuk tubuh.

Jika Anda tidak bisa beranjak dari meja kerja untuk makan siang, bawalah bekal makanan sehat dari rumah untuk disatap di kantor. Saat perut terisi, pekerjaan seberat apapun pasti bisa diselesaikan.

Yang tidak kalah pentingnya adalah berolahraga secara rutin. Gunakan akhir pekan untuk melemaskan otot-otot tubuh sekaligus bertemu dengan teman-teman lama. Kegiatan semacam ini bisa mengisi kembali energi yang sudah terkuras sepanjang minggu untuk melakukan pekerjaan.

8. Pelajari budaya tempat kerja

Setiap tempat kerja pasti punya budaya tersendiri. Mulai dari bagaimana cara berinteraksi satu sama lain. Perhatikan bagaimana cara setiap orang berbicara, bagaimana mereka saling berkomunikasi, baik itu di dalam kantor maupun di luar kantor.

pelajari budaya tempat kerja agar mudah beradaptasi

Anda boleh ramah pada siapa saja, tapi sebaiknya jangan cepat mengambil kesimpulan. Amati secara obyektif orang-orang yang ada di kantor Anda. Tetaplah netral dan jangan memihak siapa saja sampai akhirnya Anda menemukan orang yang bisa dipercaya. Tentu saja proses ini akan memakan cukup banyak waktu.

9. Jangan membandingkan dengan pekerjaan lama

Pekerjaan Anda yang lama mungkin sangat bagus dan membekas di hati. Namun menceritakan bagaimana hebatnya bekas kantor Anda, terutama pada rekan-rekan kerja baru, bukanlah langkah yang bijaksana. Tidak perlu menunggulkan pekerjaan lama Anda karena itu membuat Anda secara tidak sengaja menutup diri dengan lingkungan baru.

Jadilah orang yang rendah hati. Misalnya saat rekan kerja Anda melakukan suatu pekerjaan yang merupakan keahlian Anda di kantor lama. Bantulah mereka menyelesaikannya dengan niat tulus tanpa menyombongkan apapun. Jangan selalu menerapkan cara-cara lama, karena setiap tempat kerja punya teknik tersendiri yang tidak ditemukan di tempat lain.

10. Tersenyumlah

Positivitas adalah sesuatu yang menular. Banyaklah tersenyum di tempat kerja agar rekan-rekan Anda yang baru senang melihat Anda. Tersenyum akan membuat diri Anda lebih baik dan akan meningkatkan suasana di sekeliling Anda.

banyaklah tersenyum di tempat kerja

Itulah beberapa cara adaptasi di tempat kerja baru yang bisa diterapkan. Proses adaptasi membutuhkan waktu, dan tidak sama bagi setiap orang. Teruslah memperbaiki diri dan temukan cara-cara baru untuk membuat diri Anda merasa lebih nyaman di tempat kerja. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

2 komentar untuk “10 Strategi Beradaptasi di Tempat Kerja Baru”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.